Ukuran Dongdang Merpati Kolongan Yang Baik dan Benar

Ukuran Dongdang Merpati Kolongan

Merpati JuaraUkuran Dongdang Merpati Kolongan. Dongdang adalah sejenis kandang merpati yang digunakan untuk menggendong merpati bawah laut selama latihan atau saat kompetisi. Namun jika ukuran burung merpati bawah terlalu sempit tentunya akan membuat merpati bawah merasa tidak nyaman dan dapat merusak bulunya. Lalu berapa sih Ukuran Dongdang Merpati Kolongan yang benar ? Berikut informasinya untuk Anda.

Dongdang, sebagai alat untuk menggendong merpati kolongan, tentunya harus kuat dan bersih, serta nyaman saat digunakan untuk menggendong merpati kolong.
Jangan sampai merpati Anda memiliki bulu yang rusak hanya karena ukuran dongdang yang kecil dan sempit.
Bukan hanya ukuran saja yang jadi masalah, bahan yang digunakan juga harus menggunakan bahan yang lembut dan kuat seperti fiber.
Jika Anda menggunakan sesuatu yang tidak baik dan tidak cukup kuat, hal itu akan merusak bulu merpati bawah air Anda, yang dapat mengakibatkan penurunan kinerja merpati itu sendiri.

Ukuran Dongdang Merpati Kolongan Yang Standar

Berikut ini standar ukuran dongdang merpati kolongan yang baik:

1. Dongdang 4 pintu

Ukuran dongdang merpati kolongan empat pintu adalah Panjang 60 cm x Lebar 30 cm x Tinggi 35 cm.

Untuk bahan yang baik terbuat dari fiber yang halus, sehingga tidak merusak bulu-bulu merpati kolongan.

Ukuran Dongdang Merpati Kolongan

2. Dongdang 6 pintu

Ukuran dongdang merpati kolongan enam pintu adalah Panjang 90 cm x Lebar 35 cm x Tinggi 40 cm.

Untuk bahan yang baik terbuat dari fiber yang halus, sehingga tidak merusak bulu-bulu merpati kolongan.

3. Dongdang 8 pintu

Ukuran dongdang merpati kolongan delapan pintu adalah Panjang 125 cm x Lebar 35 cm x Tinggi 40 cm.

Untuk bahan yang baik terbuat dari fiber yang halus, sehingga tidak merusak bulu-bulu merpati kolongan.

Bagaimana Cara Menjemur Merpati Kolong Pada Dongdang ?

Baik, sebelum melakukan penjemuran pada dongdang lebih baik burung merpati dimandikan terlebih dahulu, itu berguna untuk menyeimbangkan suhu tubuh burung merpati.

Kemudian setelah kedua burung merpati dimandikan, letakkan burung merpati betina pada dongdang bagian bawah, sedangkan untuk burung merpati jantan diletakkan diatasnya.

Jemurlah burung merpati pada pukul 09.00 – 10.00 setiap pagi, agar fisik burung merpati tetap segar dan prima.

Ukuran Dongdang Merpati Kolongan

Saat melakukan penjemuran lebih baik burung merpati jangan dikasih pakan ataupun minuman. Pemberian pakan dan minuman sebaiknya dilakukan setelah penjemuran selesai.

Lakukan penjemuran burung merpati secara rutin setiap hari, agar mendapatkan hasil yang maksimal dan burung merpati tidak loyo ketika sedang mengikuti perlombaan.

Melatih Merpati Kolongan Dengan Cara Terbaik

Menjadikan merpati sebagai juara bukanlah pekerjaan mudah. Memang butuh kesabaran, kedisiplinan, kesabaran, dan juga ilmu yang cukup untuk melakukannya.

Banyak sekali keluhan dari rekan-rekan penghobi yang kesulitan dalam mencetak burung dara siap lomba dan yang paling sering disampaikan adalah burung dara sangat susah distabilkan di kolam. Padahal merpati sudah dilatih dengan menggunakan trainer atau pemandu.

Adaptasi Lapangan

Berhati-hatilah saat pertama kali membawa merpati material ke area lapangan. Bisa jadi saat berada di dalam kandang dribble-nya sangat bagus, namun akan berubah 180 derajat saat berada di lapangan.

Perhatikan baik-baik dan mulailah bermain begitu merpati mulai merasa nyaman dengan lingkungan barunya. Mulailah perlahan dengan mengajaknya bermain dengan betina di sekitar kandang atau dongdang. Kemudian lakukan berulang-ulang sampai merpati benar-benar tidak takut lagi dengan kondisi disekitarnya.

Selanjutnya, mulailah bermain naik turun dari tanah ke betina sampai dia benar-benar fokus sebelum Anda membawanya ke tengah lapangan. Jangan paksa. Anda bisa melanjutkannya lagi besok jika masih ada tahapan yang belum berhasil diselesaikan.

Fokus Pada Betinanya

Cara melatih merpati selanjutnya adalah dengan memulai lob-lobing dari jarak dekat. Biasanya merpati material yang baik tidak akan menemui kesulitan berarti pada tahap awal ini.

Mundur

Tetap pelan-pelan dengan selalu pantau kondisi burung merpati. Rambu yang bisa digunakan joki disini adalah kondisi giring dan pejantan.

Jika kondisi giring atau stunt menurun setelah terbang di suatu titik, jangan langsung terbang lagi. Apalagi jika jaraknya didorong mundur.

Lakukan berulang-ulang. Sebaiknya jangan dipaksakan jika kondisi tidak memungkinkan karena merpati akan mengunci diri atau hinggap/stres dan jatuh sakit.

Bahkan bisa mati karena over training atau proses latihan yang berlebihan. Masih ada hari depan dan juga giring berikutnya.

Harap dicatat, Anda sedang melatih merpati materi pilihan, jangan terburu-buru. Namun, juga jangan terlalu lambat karena Anda sedang dalam proses mencetak atlet, bukan hanya pemandu sorak.

Masuk Kolongan Merpati

Merpati pilihan yang baik umumnya akan mulai memenuhi syarat untuk belajar masuk di bawah setengah lot atau sekitar 600 meter titik terbang.

Jika trek dan energinya bagus, Anda harus mencoba bermitra dengan pelatih atau pemimpin saat ini. Indikatornya adalah penerbangan telah mampu mengikuti pelatih atau ekornya.

Tidak ketinggalan atau ditarik. Jika Anda telah tiba di ring dan merpati yang telah kami latih menunjukkan inisiatif turun yang sangat baik dan kemudian mendarat dengan sempurna, maka pertahankan seperti itu. Terbang dengan pelatih 3x, lalu solo 1x.

Begitu seterusnya sampai Anda merasakan energi dan jalannya mantap. Namun jika merpati yang sudah dilatih masih mengikuti pelatih atau mentor.

Kurang sempurna dalam descending atau landing maka lakukan sebaliknya. Terbang solo 3x lalu terbang dengan trainer 1x. Cara melatih merpati bawah ini bisa digunakan terus menerus hingga mencapai titik awal.

Memberi Ramuan Merpati Kolong

Berikan suplemen atau jamu untuk merpati yang sedang dilatih. Sebaiknya digunakan saat merpati mulai dilatih pada titik lepas 200-300 meter.

Suplementasi 2x selama giring, pemberian pertama pada sore hari setelah hari pertama pelatihan. Kemudian interval 2 hari berikutnya diberikan lagi pada sore hari.

Baca Juga : Merpati Kolong Garong , Merpati Yang Unik dan Istimewa

Itulah beberapa contoh Ukuran Dongdang Merpati Kolongan yang standar dan benar dan bagaimana cara penjemuran burung merpati kolong pada dongdang. Semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *