5 Jenis Sarang Burung Walet dan Khasiatnya

sarang burung walet

Merpati JuaraSarang Burung Walet -Sebagian orang mungkin mengira bahwa sarang burung walet hanya berwarna putih. Padahal, sebenarnya ada banyak jenis dan warna sarang burung walet. Berbagai jenis sarang burung walet dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan, seperti daerah asal, tingkat populasi, kebersihan udara, dan kebersihan tempat tinggal, serta standar air di rumah burung walet.

Umumnya jenis sarang burung walet yang paling baik dan harganya cukup mahal adalah sarang walet putih seperti mangkok. Namun, jangan salah warna putih yang dihasilkan benar-benar murni dari air liur burung walet, bukan karena diputihkan atau zat kimia lainnya.

Meski diberikan perlakuan khusus, perawatan ini hanya berupa pembersihan kotoran yang menempel pada sarang burung walet. Biarkan sisa sarang walet berbentuk seperti susu agar kualitasnya tetap terjaga.

Macam-Macam Sarang Burung Walet

Berikut ini adalah beberapa macam atau jenis dari sarang burung walet :

1. Sarang Burung Walet Merah

sarang burung walet

Seperti namanya, sarang burung walet merah berwarna merah. Mengapa merah? karena sarang ini terbuat dari air liur bercampur darah. Darah yang berasal dari pertempuran atau ditelan, tetapi jika tertelan, dikeluarkan atau dikeluarkan dari telur.

Selain harga sarang burung walet putih yang mahal, harga sarang burung walet merah juga cukup mahal. Mengapa demikian? Karena acara seperti ini cukup langka, harganya bisa mahal.

Namun masih ada sebagian orang yang berbuat curang dengan menambahkan pewarna atau kotoran burung ke dalam sarang burung walet sehingga warna sarang yang dihasilkan menjadi merah. Jika sarang burung walet tercampur dengan kotorannya, tentu hal ini akan sangat berbahaya jika sarang tersebut nantinya dikonsumsi oleh manusia dan masuk ke dalam tubuh kita.

2. Sarang Burung Walet Mangkok (Putih)

sarang burung walet

Secara umum keaslian sarang burung walet dapat dilihat dari perlakuan yang diberikan terhadap sarang burung walet. Jika disentuh sedikit atau kurang, semakin tinggi tingkat keasliannya, maka semakin mahal harganya. Tak heran, jika kita menemukan sarang burung walet dengan bentuk aslinya yang sempurna, dijual dengan harga puluhan juta.

Nilai perhitungan sarang burung walet tingkat tertinggi ditentukan oleh ukurannya, yaitu seperti bentuk mangkuk dengan ukuran 2 sampai 3 jari. Jika lebih dari 3 jari akan mempengaruhi nilai jual. Artinya harga juga akan naik. Jenis sarang walet atau mangkok asli ini memang yang paling mahal dan terbaik di antara yang lain, karena keaslian dan kemurniannya tanpa ada modifikasi awal.

Sarang ini terbuat dari bulu yang ringan. Penjual biasanya hanya menggunakan bulu-bulu ringan yang terdapat pada sarang burung walet melalui proses pengolahan yang kering dan menghilangkan kuman dengan menggunakan uap atau penguapan. Penjual sangat berhati-hati dalam melakukan proses ini agar tidak merusak tulang atau serat yang ada di sarang burung walet.

3. Sarang Burung Walet Jenis Strip

sarang burung walet

Bentuk sarang burung walet masih terlihat seperti mangkuk. Namun bentuk-bentuk tersebut tidak beraturan (hampir mirip dengan bentuk sesar). Bersarang ini tanpa henti bahkan setelah selesai. Harga sarang burung walet belang tidak jauh berbeda dengan harga sarang burung walet pecah.

Biasanya sarang walet strip sengaja tidak dicetak seperti yang lain untuk menjadi mangkok, karena selain murah juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat sop walet. Meski murah, nutrisi dan nutrisi di dalamnya tetap ada dan tidak hilang.

4. Sarang Burung Walet Jenis Segitiga

sarang burung walet

Disebut sarang burung walet segitiga atau burung layang-layang sudut karena burung walet jenis ini memiliki bentuk tubuh yang sudut-sudutnya runcing seperti segitiga. Sarang ini dapat ditemukan di berbagai sudut bangunan rumah burung walet.

5. Sarang Burung Walet Patahan

sarang burung walet

Disebut sarang burung walet patahan karena bentuknya yang berbeda dengan jenis sarang walet lainnya. Hal ini terlihat dari bentuk bentuknya yang tidak sempurna. Penggunaan alat untuk memanen sarang juga dapat menyebabkan kesalahan, bahkan kerusakan ini terjadi pada saat proses pengiriman atau sengaja dibuat dari sisa-sisa sarang yang telah jatuh ke tanah. Untuk harga, jenis sarang ini paling murah di antara yang lainnya.

Sarang Burung Walet Banyak Memiliki Manfaat

Sarang yang dihasilkan oleh burung walet populer untuk diolah sebagai sup. Meski begitu, banyak juga yang menuai keuntungan dengan mengolah sarang burung walet menjadi makanan penutup. Pengobatan tradisional Tiongkok percaya bahwa memakan sarang burung walet dapat menangkal penuaan, melawan kanker, dan meningkatkan konsentrasi.

Selain itu, masih banyak potensi manfaat sarang burung walet lainnya yang sayang untuk dilewatkan, yaitu:

1. Dapat Menyehatkan Kulit

Sarang burung walet juga sering digunakan sebagai bahan dasar kosmetik. Hal ini tidak terlepas dari manfaat sarang burung walet untuk kesehatan kulit. Nutrisi dalam sarang burung walet memiliki komponen anti aging yang mendukung regenerasi sel-sel di epidermis yang merupakan bagian terluar dari kulit.

Tembaga yang terkandung dalam sarang burung walet juga mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

2. Sebagai Sumber Asam Amino Esensial

Air liur untuk pembuatan sarang terbuat dari protein khusus yang mengandung berbagai macam asam amino, seperti:

  • Asam aspartat dan prolin berguna untuk regenerasi sel.
  • Sistein dan fenilalanin untuk meningkatkan memori kerja, kerja impuls saraf, dan kerja penyerapan vitamin D dari sinar matahari.
  • Tirosin untuk mempercepat pemulihan setelah sakit.
  • Glucosamine untuk membantu proses pemulihan tulang rawan.

Beberapa asam amino ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus diperoleh dari makanan. Karena itulah sarang burung walet menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan asam amino karena sederet manfaatnya bagi kesehatan.

3. Meredakan Peradangan

Gangguan autoimun seperti diabetes, rheumatoid arthritis (rematik), dan penyakit radang usus berhubungan dengan peningkatan kadar TNF- (tumor necrosis factor-alpha). TNF-α adalah protein khusus yang memicu peradangan sistemik dalam tubuh.

Sebuah studi dari Malaysia yang diterbitkan dalam jurnal International Food Research Journal pada tahun 2011 melaporkan bahwa konsumsi sarang burung walet secara teratur efektif dalam mengurangi produksi TNF-α. Kandungan mangan pada sarang burung walet juga berfungsi untuk mengaktifkan dan memastikan enzim yang berperan dalam membantu mengurangi peradangan bekerja dengan baik.

4. Menyehatkan Fungsi Organ Tubuh

Sarang burung walet juga diperkaya dengan berbagai mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, antara lain mangan, tembaga, seng, dan kalsium.

Mineral mangan bertanggung jawab untuk membantu pertumbuhan tulang, penyembuhan luka, serta memperlancar metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino dalam tubuh.

Sedangkan tembaga berperan dalam menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Tak lupa ada mineral chromium yang membantu penyerapan nutrisi di usus. Dari pemanfaatan mineral dalam nutrisi, sarang burung walet memiliki khasiat untuk mengoptimalkan berbagai fungsi organ dalam tubuh.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sarang burung walet telah lama dianggap sebagai makanan penambah kekebalan tubuh di negara asalnya, China (RRC). Nah, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Drug Design, Development and Therapy pada tahun 2016 menemukan bahwa sarang burung walet secara khusus membantu sistem kekebalan tubuh selama kemoterapi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sarang burung walet secara teratur selama 30 hari dapat meningkatkan sistem kekebalan pada usus yang melemah akibat kemoterapi.

Senyawa dalam air liur menelan juga dilaporkan berguna dalam mengurangi cedera pada jaringan usus yang disebabkan oleh efek samping siklofosfamid, obat kemoterapi.

6. Mencegah Resistensi Insulin

Konsumsi sarang burung walet secara teratur berpotensi mencegah resistensi insulin pada orang yang terbiasa mengonsumsi makanan berlemak. Resistensi insulin adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk diabetes.

Kandungan nutrisi dalam sarang burung walet dapat membantu mencegah otak melepaskan sinyal yang memicu peningkatan produksi insulin sebagai respons terhadap asupan lemak berlebih. Sarang burung walet juga berpotensi menjaga metabolisme tubuh agar lebih efektif dalam mengurai lemak.

Meski begitu, penelitian tentang manfaat sarang burung walet baru saja diujicobakan pada hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui hasil serupa pada manusia.

7. Mengurangi Resiko Kardiovaskular

Manfaat lain dari sarang burung walet adalah membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian dalam jurnal Drug Design, Development and Therapy tahun 2015 melaporkan bahwa sarang burung walet berpotensi menurunkan risiko pembekuan darah (hiperkoagulasi) akibat kolesterol tinggi.

Masalah pembekuan darah adalah salah satu penyebab paling umum dari penyakit kardiovaskular. Penelitian juga menunjukkan bahwa sarang burung walet memiliki efek yang mirip dengan simvastatin (obat penurun kolesterol).

Namun, sarang burung walet tidak menunjukkan kecenderungan memperburuk aktivitas metabolisme.

8. Mengurangi Resiko Kanker

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Letters In Health and Biological Sciences melaporkan bahwa sarang burung walet kaya akan antioksidan yang memiliki sifat pencegahan kanker.

Antioksidan merupakan senyawa aktif yang berguna untuk melawan efek radikal bebas penyebab berbagai penyakit kronis, salah satunya kanker. Senyawa antioksidan juga dapat memperbaiki kerusakan sel-sel sehat dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Juga yaa:

Kesimpulan

Sarang Burung Walet ada berbagai macam jenisnya, namun sebagian orang pcasti belum mengetahui hal tersebut. Manfaat dan kegunaan sarang burung walet bagi kesehatanpun sangat banyak, tak heran jika harga sarang walet per kilo bisa mencapai 15 juta rupiah.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda semua. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini keseluruh akun sosial media Anda yaa. Terima kasih banyak.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *