Mudah !! 5 Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

perbedaan pleci jantan dan betina

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina ā€“ Bagi pecinta burung, burung pleci merupakan salah satu jenis burung yang sangat mudah dipelihara sehingga tidak sedikit para kicau mania memelihara burung ini yang juga dikenal dengan burung kacamata. Hal ini berbanding lurus dengan perburuan liar untuk memenuhi permintaan di pasar burung dan warung. Baik untuk kebutuhan kompetisi maupun dekorasi rumah. Kali ini tim Merpati Juara akan memberikan informasinya untuk Anda.

Selain mudah pemeliharaannya, di penangkaran juga cukup mudah karena burung ini bisa diternakkan dengan menggunakan sangkar gantung. Namun, yang tak kalah penting, baik untuk lomba maupun untuk ternak, adalah mengetahui Perbedaan Pleci Jantan dan Betina. Para kicau mania tidak sedikit yang belum mengetahui cara membedakan pleci jantan dan betina ini.

Burung Pleci atau Zosterops merupakan salah satu jenis burung kicau yang akhir-akhir ini banyak diminati oleh para kicau mania baik dengan tujuan untuk dilombakan maupun hanya untuk iseng saja. Selain harga yang terjangkau dari burung kaca mata ini, para pecinta burung khususnya pleman juga jarang kecewa setelah memeliharanya, karena burung Pleci ini merupakan burung yang mudah mengeluarkan kicauan merdu.

Namun jika anda memang berniat memelihara burung Pleci dengan tujuan untuk diadu dan mendengar suara ocehannya yang indah, maka anda harus selektif dalam memilih burung Pleci yang tepat.

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

perbedaan pleci jantan dan betina

Sebenarnya burung Pleci merupakan salah satu burung yang mudah dibedakan berdasarkan jenis kelaminnya. Apalagi jika Anda cukup jeli memperhatikan ciri fisik dan perilakunya.

Bagi Anda yang ingin memelihara burung Pleci untuk lomba sangat penting untuk memelihara burung Pleci yang jantan karena yang membuat suara lebih merdu dan gacor atau sering berkicau.

Nah, beberapa gambar Pleci jantan dan betina sering terlihat di internet, namun jika Anda ingin membedakannya sendiri, maka Anda harus mengenali perbedaannya.

Berikut ini akan dibahas ciri-ciri utama yang dapat membantu Anda membedakan jenis kelamin burung Pleci dan juga perbedaan pleci jantan dan betina.

1. Kicauan Burung Pleci

Suara kicau menjadi faktor pembeda yang sangat penting, apalagi jika Anda adalah penggemar burung kicau yang sudah terbiasa mendengarkan kicauan burung.

Anda akan bisa membedakan burung mana yang berkicau manis dan baik. Orang yang mengadu burung Pleci biasanya mengincar Pleci jantan.

Pleci jantan memiliki suara kicau yang terdengar lebih keras dan mengkristal dibandingkan pleci betina yang terdengar lebih lembut dan tidak terlalu jernih.

Namun perlu diingat, dalam membedakan suara kicau pleci jantan dan betina membutuhkan ketelitian dan kejelian ekstra.

Semakin anda terbiasa dan berpengalaman dalam merawat burung Pleci, maka anda akan dapat membedakan suara keduanya dengan lebih mudah.

Untuk pemula, disarankan untuk meminta bantuan dari penggemar burung kicau senior atau berpengalaman.

Tentunya kamu juga harus mengasah kemampuan listening kamu, agar kedepannya kamu bisa mengetahui perbedaan pleci jantan dan betina.

2. Warna Burung Pleci

Selain burung yang memiliki kicauan yang indah, burung Pleci juga memiliki warna yang cukup menarik dan indah.

Antara Pleci jantan dan betina terdapat perbedaan warna bulu. Pada Pleci jantan warna bulunya akan terlihat lebih mencolok. Warna bulu Pleci jantan juga terlihat lebih cerah dan menarik.

Sedangkan Pleci betina memiliki warna bulu yang kusam. Sehingga terlihat tidak menarik dan tidak menarik.

3. Bentuk Badan Burung Pleci

Bentuk tubuh adalah ciri yang paling mudah dikenali. Sayangnya, baik Pleci jantan maupun betina memiliki bentuk tubuh yang hampir sama.

Jadi Anda harus memperhatikannya dengan seksama. Pleci jantan umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang dan besar.

Kemudian, bentuk tubuhnya juga terlihat lebih padat dengan kepala agak membulat dan besar dengan bentuk paruh yang kasar.

Sedangkan Pleci betina memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang agak membulat atau terlihat besar dan penuh (alias montok). Pleci betina memiliki tubuh yang lebih pendek dari pada jantan.

Kepala Pleci betina terlihat lebih kecil dan sedikit ramping. Paruhnya terlihat halus dan tidak kasar.

4. Tingkah Laku Burung Pleci

Beberapa ciri pleci jantan dan pleci betina muda dapat dibedakan dari tingkah lakunya.

Pada Pleci jantan biasanya memiliki gerakan yang lebih lincah dan cukup agresif. Mereka umumnya suka berkelahi dengan Pleci lain jika ditempatkan dalam satu kandang.

Sedangkan Pleci betina cenderung lebih pendiam. Gerakannya tenang dan tidak seagresif Pleci jantan.

Ketika Pleci betina ditempatkan dalam sangkar bersama dengan Pleci lainnya, mereka tidak menunjukkan tanda-tanda berkelahi atau berkelahi.

Anda juga dapat membedakan Pleci jantan dan betina dengan menyemprotkan air ke atasnya.

Semprotkan air secara perlahan pada kepala Pleci saat masih di dalam kandang.

Jika saat disemprot dengan air burung tersebut memperlihatkan jambulnya dan pupilnya mengecil, maka burung tersebut adalah Pleci jantan.

Sedangkan Pleci betina bila disemprot air tidak akan menunjukkan tanda-tanda seperti Pleci jantan.

5. Ciri Fisik Burung Pleci

Selain bentuk dan ukuran tubuh, ada beberapa ciri fisik lain yang bisa dikenali. Misalnya dari bagian ekor, dimana Pleci jantan memiliki ekor yang lebih panjang dari pada betina.

Ekor Pleci jantan memiliki ujung yang runcing dan terlihat seperti huruf ā€œVā€ atau bercabang.

Sementara itu, ekor Pleci betina memiliki ekor yang lebih pendek, yang akan terlihat jika berdampingan. Kemudian, ujung ekor Pleci betina rata, tidak seperti jantan.

Sering disebut sebagai burung berkacamata, burung Pleci memiliki ciri khas lingkaran putih di matanya. Pleci jantan rata-rata memiliki lingkaran yang tebal dan sedikit burik.

Sedangkan Pleci betina memiliki pola klep atau lingkaran mata dengan pola yang tebal namun tidak putus-putus.

Bentuk paruh jantan dan betina juga berbeda. Pleci jantan memiliki paruh yang cenderung pendek dan tebal. Sedangkan betinanya terlihat memanjang dan tidak terlalu tebal.

Yang lainnya adalah bagian anal atau pena. Pleci jantan memiliki anus yang memanjang dan dikelilingi oleh banyak rambut.

Pada Pleci betina, anus atau pena memiliki bentuk yang cenderung kecil. Tidak seperti pejantan, anus Pleci betina tidak memiliki banyak bulu untuk memudahkan penetrasi saat kawin.

Mengetahui Perbedaan Pleci Jantan dan Betina Dengan Cara Lain

perbedaan pleci jantan dan betina

Ada cara lain untuk mengetahui perbedaan pleci jantan dan betina, berikut informasinya untuk Anda.

1. Paruh Burung Pleci

Jika kedua paruh Pleci jantan dan betina disentuh, Pleci jantan akan terasa kasar. Sedangkan Pleci betina akan terasa mulus.

2. Ukuran Kepala Burung Pleci

Burung Pleci jantan berukuran besar dan bulat. Kemudian, dibandingkan dengan Pleci betina, kepala betina pasti lebih kecil dan ramping.

3. Mata Burung Pleci

Ciri khas burung Pleci terletak pada matanya yang berkacamata. Nah, klep kacamata ini juga bisa dijadikan indikator perbedaan jenis kelamin. Burung jantan memiliki kacamata yang tebal namun berselang-seling. Sementara itu, mata burung betina juga tebal tetapi tidak pecah-pecah.

4. Ukuran Peruh Burung Pleci

Lagi-lagi soal paruh Pleci yang bisa membedakan jenis kelamin. Untuk Pleci jantan, ukuran paruhnya agak pendek namun tebal. Sementara itu, burung betina memiliki paruh yang agak panjang, namun tidak setebal burung jantan.

5. Dubur Burung Pleci

Burung jantan selalu memiliki bentuk dubur yang agak memanjang. Sedangkan Pleci dubur betina cenderung berukuran kecil. Kondisi rambut di sekitar anus agak berbeda. Bulu burung jantan di dekat anus cukup banyak, sedangkan betina sebaliknya.

6. Gerakan Burung Pleci

Dimana-mana Pleci jantan akan terlihat lebih agresif dan lincah. Di sisi lain, Pleci betina akan terlihat lebih pendiam dan kurang agresif.

7. Tulang Supit Udang Burung Pleci

Supit udang pleci jantan terasa sesak saat disentuh. Sedangkan pleci kelamin betina, sumpitnya agak terbuka atau lebar.

Wajib Baca:

Kesimpulan

perbedaan pleci jantan dan betina

Maka dengan memperhatikan ciri-ciri fisik dan tingkah laku Pleci diatas maka kita akan dapat mengetahui Perbedaan Pleci jantan dan Betina dengan mudah dan tentunya akurat. Harapannya setelah mengetahui Pleci mana yang jantan dan betina, akan menjadi modal awal kita sebelum mulai beternak Pleci sendiri.

Perlu diperhatikan, saat menerapkan tips di atas, dibutuhkan kejelian, ketelitian, dan perhatian khusus. Sehingga hasil observasi dapat maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Perbedaan Pleci jantan dan Betina.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *