Murai Medan Yang Baik Dan Bagaimana Cirinya?

Murai Medan

Merpati Juara – Murai Medan saat ini menjadi salah satu jenis burung kicau termahal di Indonesia. Burung murai batu medan menjadi primadona bagi para pecinta burung kicau. Selain fisiknya yang menawan, burung murai batu medan mengeluarkan suara yang merdu.

Dari berbagai kontes burung, kontes murai adalah yang paling bergengsi. Biasanya yang memiliki murai batu berasal dari kalangan atas.

Burung murai atau kucica hutan memiliki nama latin Copychus malabaricus. Di Indonesia, jenisnya sangat beragam sesuai dengan habitat aslinya.
Ciri fisik dan kicauannya juga berbeda. Saking banyaknya peminat burung murai, burung ini termasuk salah satu hewan yang terancam punah.

Murai Medan ini memiliki ciri paling khas dengan ekor panjang yang melengkung ke bawah kurang lebih 30 cm.

Untuk murai jantan warna merah bata dan hitamnya begitu kontras dan bening, selain itu juga terdapat kombinasi bulu putih pada bagian ekor dan sayap yang membuat penampilan Murai Medan semakin serasi.

Variasi kicau yang indah & banyak, kekuatan tempur yang hebat, mental baja dengan volume dan variasi suara di atas rata-rata. Burung murai batu medan merupakan jenis burung yang paling digemari para pecinta burung karena dari segi fisik, penampilan, warna dan gaya bertarung, murai batu medan lebih baik dari yang lain.

Murai Medan Yang Asli dan Ciri Ekornya

Murai Medan

Murai Medan yang benar-benar asli biasanya memiliki ciri ekor seperti dibawah ini:

  1. Lihatlah ekor Murai Medan. Pada bagian ekornya, Anda dapat dengan mudah membedakan mana yang asli Murai Batu Medan dan jenis Murai Batu lainnya. Untuk Murai Batu Medan Asli, terdapat empat pasang ekor kutub dengan garis-garis putih dan hitam.
  2. Tidak hanya itu, biasanya ekor Murai Medan memiliki panjang 27-35 cm dengan bentuk melengkung. Jika ekornya lurus, biasanya tidak terlalu panjang. Namun jika ekornya panjang, Murai Medan ini bisa mengangkat ekornya hingga menyentuh kepala.
  3. Biasanya ekor Murai Medan memiliki ciri khas U yaitu terpotong di tengah.
  4. Warna bulu Murai Medan hitam legam namun terlihat mengkilat. Saat terkena sinar matahari, warna bulunya terlihat kebiruan.
  5. Pada Murai Medan muda kakinya berwarna merah gelap. Sedangkan Murai Batu dewasa memiliki sisik dan lekukan seperti belimbing.
  6. Tubuh Murai Medan lebih besar dari postur tubuh Murai Batu lainnya.

Itulah ciri-ciri fisik Murai Medan yang asli dan mudah dikenali dari ciri-ciri fisiknya. Tak heran, harga Murai Medan bisa mencapai jutaan. Kalau sudah juara, harganya bisa lebih mahal yaitu puluhan juta.

Saat ini kemungkinan Murai Medan yang asli cukup sulit ditemukan. Murai Medan yang muncul di pasaran biasanya merupakan hasil persilangan dengan jenis Murai Batu lainnya.

Namun jika Anda ingin mendapatkan Murai Medan yang asli, Anda bisa mengunjungi penangkaran Murai Batu yang tersebar di Medan dan sekitarnya.

Murai Batu begitu sering diburu dan diminati oleh masyarakat. Apalagi jika mendengar suaranya keras dan jelas. Intonasi suaranya unik, repetitif dan bervariasi. Bahkan, Murai Medan sering dijadikan sebagai master burung kompetisi.

Bagaimana Perawatan Harian Murai Medan Yang Benar?

Murai Medan

Nah, jika Anda sudah mendapatkan Murai Medan asli, saatnya memberikan perawatan yang tepat. Perawatan Murai Batu Medan sama seperti Murai Batu lainnya. Namun untuk kompetisi tentunya ada beberapa sesi perawatan yang harus ditingkatkan.

Berikut beberapa perawatan Murai Medan agar gacor dan ngeplong:

  • Sebelum dijemur, burung diangin-anginkan pada pagi hari.
  • Murai Medan dimandikan setelah diangin-anginkan.
  • Jangan lupa, sambil menunggu bulunya kering, Anda bisa membersihkan kandang Murai Batu agar nyaman.
  • Setelah mandi, Anda bisa memberi makan tepat waktu. Pakan Murai Medan, cukup 5 jangkrik saja.
  • Sambil diberi makan jangkrik, Anda bisa menjemur burung Murai Medan selama 1 jam. Pengeringan dapat dilakukan mulai pukul 07.00 hingga 10.00.
  • Setelah penjemuran selesai, burung Murai Medan diangin-anginkan sebentar lalu dimasukkan ke dalam rumah.
  • Selanjutnya proses mastering burung dengan suara Murai Batu Medan lain atau menggunakan audio sound.
  • Sore harinya, Anda bisa memandikan kembali Murai Medan dan memberinya makan.
  • Saat hendak tidur, Murai Medan dikerodong dan dibuka keesokan harinya.

Dalam memelihara Murai Medan yang terpenting adalah perawatan makan dan minum tidak boleh terlambat dan memberikan perawatan mandi jemur secara teratur agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Kebersihan kandang juga harus diperhatikan, meskipun makanan dan minuman terpenuhi jika kandang selalu kotor, maka berbagai macam penyakit bisa menyerang Murai Medan.

Sehingga Murai Batu Medan gacor dan ngeplong segala macam perawatan harus dilakukan secara berurutan dan teratur. Dengan begitu, kualitas suara Murai Medan akan lebih baik dan gacor.

Demikian ulasan saya mengenai Murai Medan asli dan perawatannya sehari-hari, semoga bermanfaat dan tidak salah dalam memilih untuk membeli burung murai batu. Jangan lupa untuk share tulisan ini kesemua akun sosial media Anda semua yaa. Terima kasih banyak yaa teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *