Merpati Megan , Ternyata Salah Satu Warna Merpati Yang Banyak Diminati

Merpati Megan


Merpati Juara
Merpati Megan . Burung Merpati yang sering dipelihara mempunyai banyak jenis dan macam warnanya, ada Merpati Megan, merpati tritis, merpati gambir, merpati kelabu, merpati blorok, dan sebagainya. Penyebutan nama merpati di beberapa daerah mungkin berbeda, simak berbagai warna burung merpati dibawah ini yaa.

Warna merpati terbentuk secara alami oleh pigmen pada bulunya. Konon burung merpati saat ini merupakan hasil persilangan panjang merpati karang yang hanya berwarna Megan.

Kemudian hasil perkawinan sedarah menyebabkan munculnya warna lain, seperti merpati megan, merpati tritis, merpati abu-abu dan sebagainya.

Bagi para penghobi burung merpati tentunya sudah sangat familiar dengan warna burung merpati tersebut.

Untuk itu, mungkin sedikit referensi dari kami dapat membantu anda semua dalam menentukan warna burung merpati.

Merpati Megan Merupakan Warna Yang Unik

Warna merpati ada dua macam atau tipe, yaitu warna dasar burung merpati dan warna sekunder burung merpati. Berikut informasinya untuk kalian semua.

A. Warna Dasar Burung  Merpati

Warna dasar merupakan warna yang paling banyak terdapat pada burung merpati, warna peimer / utama ini dapat diikuti dengan warna sekunder dibawahnya.

Berikut ini adalah warna dasar burung merpati.

Merpati Megan

Merpati Megan

Megan merupakan warna yang cukup umum pada burung merpati, megan berwarna abu-abu dengan belang hitam, biasanya dua belang bergaris hitam, namun terkadang ada juga megan dengan tiga belang hitam.

Burung ini memiliki karakter khusus, baik dari bulunya yang memiliki belang antara 2-3 tetapi juga memiliki karakter berupa naluri yang lebih kuat untuk pulang dibandingkan dengan merpati blorok, tidak hanya itu burung ini juga memiliki stamina yang tinggi kurang lebih 45 Km. Adapun sisi negatifnya, itu di sisi menukik, terutama saat mendarat.

Merpati Tritis

Merpati Megan

Tritis adalah warna dasar abu-abu seperti megan, tetapi memiliki bintik-bintik hitam dan garis-garis. Bintik-bintik ini bermacam-macam, varian tritisnya adalah batik tritis, triris batu dan lain sebagainya.

Merupakan warna burung yang sangat istimewa, terkadang pengagum merpatilovers lebih memilih tritis untuk merpati hias mereka, memang memiliki kelemahan di sisi balap tetapi menang di sisi kontes kecantikan. Harga burung ini sangat mahal, belum lagi ditambah prestasinya, atau gen keturunannya yang memiliki bulu menarik.

Merpati Hitam Meles

merpati megan

Warna hitam meles dipercaya oleh sang juara memiliki insting yang baik untuk pulang, kelebihan merpati black meles adalah manuver di udara, terbang tinggi (dibawah rata-rata merpati megan) namun manuver menyelamnya sangat hebat.

Merpati Kelabu

Merpati Megan

Merpati Kelabu merupakan warna yang cukup sering kita jumpai, karena konon warna ini lebih mudah untuk dilatihkan, ada beberapa varian yaitu kelabu, kelabu asap, kelabu monyet dan lain sebagainya.

Merpati Blorok

Merpati Megan

Merpati blorok adalah burung dengan warna tidak menentu, seperti cat bercampur dan letak tidak menentu / tidak rapi.

Merpati blorok adalah merpati yang memiliki warna yang tidak rapi/berantakan/campur aduk. Merpati ini sangat pintar dalam menghafal majikannya dan mengenal lingkungannya, dalam latihan 3-4 hari jenis burung warna blorok ini sudah tahu kemana harus kembali ke kandangnya.

Merpati Gambir

Merpati Megan

Merpati Gambir atau ada juga yang menyebut merpati coklat. Warna merpati ini sangat cocok untuk indukan yang berkualitas

Merpati Plontang

Merpati Megan

Merpati Plontang atau kaji biasanya ini sebutan dengan merpati yang memiliki warna bulu putih dikedua sayap dan memiiki kepala yang putih juga. Merpati ini juga bisa dijadikan merpati hias bagi sebagian orang.

Sesuai dengan karakternya, burung ini diyakini memiliki masalah serius sejak lahir, oleh karena itu warnanya jelas, apakah banyak yang mengira begitu.

Meski tergolong tabah, performa burung ini sangat tinggi saat di udara, namun saat menyelam tidak terlalu bagus, sekitar 27 persen. Oleh karena itu, para geber lebih memilih burung ini untuk menghiasi rumahnya.

B. Warna Sekunder Merpati

Warna merpati jenis ini merupakan nama pelengkap atau tambahan untuk warna dasar burung merpati.

Warna sekunder biasanya disebutkan di akhir warna primer. Contoh Merpati Megan slap, yaitu merpati berwarna megan yang memiliki warna putih di kedua sayapnya.

1. Merpati Slap

Merpati Megan

Merpati yang memiliki warna putih di sayapnya. merpati ini mudah dikenali ketika lomba balap, karena mempunyai ciri khusus ketika terbang, yaitu kelihatan slap putih pada kedua sayapnya.

Tlampik adalah sebutan untuk kombinasi dua warna dari induknya, kombinasi warna yang berbeda dengan blorok yang tidak beraturan, tlampik sebenarnya lebih rapi.

Merpati ini cenderung penurut, memiliki naluri yang sama dengan blorok, dan mudah diperkenalkan ke kandangnya.

2. Merpati Metris / Batik

Merpati Megan

Perhatikan warna bercak coklat pada sayap burung ini,  bercak coklat tersebut biasa disebut metris atau batik. Merpati jenis ini biasanya jika sedang giring keras akan terus mengejar betinanya sampai bulu kepala betina menjadi botak akibat dipatuk merpati jantannya.

3. Merpati Pupur

Merpati Megan

Pupur, dalam bahasa sunda atau jawa artinya bedak. Merpati warna pupur adalah burung merpati yang kepalanya memiliki warna lebih terang dari pada leher, seperti pada bedak (bedak).

Biasanya warna ini memiliki nama yang berbeda di tiap daerah. Seharusnya memang ada standar nasional untuk warna, agar tidak ada yang salah.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Merpati Yang Tepat Agar Bisa Juara

Itulah beberapa warna burung merpati berdasarkan informasi yang dapat kami himpun. Merpati Megan merupakan salah satu jenis warna merpati yang banyak disukai oleh para penghobi burung merpati. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *