Merpati Kolong Yg Bagus, Beginilah Cirinya

merpati kolong yg bagus

Merpati Juara – Burung merpati merupakan salah satu jenis burung yang saat ini sedang diperebutkan. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang senang memainkan burung ini. Karena dalam permainan merpati, burung yang memiliki kemampuan terbang dan mendarat tepatnya di ruang yang disediakan layak menjadi juara. Lalu apa saja ciri-ciri Merpati Kolong Yg Bagus? Berikut informasinya untuk Anda.

Untuk bisa menghasilkan burung merpati dengan kualitas super, Anda harus memiliki calon burung yang bagus.

Untuk lebih meningkatkan kualitas burung, anda bisa melakukan cara melatih burung merpati bawah agar kemampuan terbangnya semakin baik.

Untuk itu perlu upaya yang giat untuk membentuk burung merpati bawah air yang baik. Dan tentu saja Anda perlu mengeluarkan lebih banyak uang.

Tapi semua itu tidak seberapa dibandingkan dengan kesenangan yang kita dapatkan dari bermain merpati di bawah ini.

Apalagi jika burung merpati yang kita miliki bisa menjuarai kompetisi tingkat nasional tentunya akan sangat membanggakan dan produktif.

Apa saja ciri merpati kolong yg bagus ?

Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja ciri-ciri burung merpati yang baik, maka wajib menyimak pembahasan dibawah ini.

Dengan mengenal burung merpati yang memiliki karakter yang baik, maka anda dapat memiliki burung merpati yang memiliki kemampuan terbang yang baik.

Mulai dari ukuran kepalanya. Burung merpati yang baik memiliki ukuran kepala yang besar. Dengan tengkorak di bagian depan lebih tinggi dari bagian belakang tengkorak. Atau kondisi ini sering disebut dengan nonong.

Merpati berkepala seperti itu memiliki kemampuan turun yang sangat baik. Jarak kemiringan mencapai 90 derajat saat turun.

Burung merpati yang baik memiliki paruh runcing yang tidak terlalu panjang dan besar. Selain itu, memiliki mata yang kering dan bening seperti ada kaca di dalamnya.

Pupil berwarna hitam pekat dan responsif terhadap cahaya. Dengan mata seperti itu, burung ini memiliki kemampuan melihat dengan sangat baik.

Merpati yang baik memiliki leher yang panjang dan tegak. Selain itu tulangnya juga kuat. Bentuk badannya terlihat seperti jantung pisang atau lebih mirip huruf V.

Bahu sayap merpati fleksibel tapi kuat. Selain itu, memiliki bahu yang tebal dan seimbang antara kiri dan kanan.

Merpati dengan ekor yang rapat biasanya memiliki kemampuan berhenti yang sangat baik. Pasalnya, fungsi ekornya untuk pengereman saat terbang.

Ciri selanjutnya untuk merpati bawah yang baik memiliki kaki yang terlihat bersisik dan panjang. Saat burung dipegang, kakinya secara otomatis akan mendorong ke belakang, sejajar dengan arah ekornya.

Bagaimana cara memilih merpati kolong yg bagus?

Pemilihan merpati kolong yg bagus merupakan salah satu langkah yang perlu dilakukan agar dapat memperoleh merpati kolongan dengan kualitas dan sesuai keinginan.

Tentunya setiap orang berharap memiliki burung merpati yang bisa berprestasi dan menang di kompetisi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan saat memilih burung merpati. Mulai dari mengamati bentuk fisik dengan merasakan dan melihat secara langsung.

Atau bisa juga secara genetik dari keturunan dan berkembang biak. Anda bahkan bisa membeli yang sudah beredar atau sudah terbukti bagus tentunya harganya tidak murah.

Tentunya dalam memilih kelompok burung merpati yang baik tidak boleh mengabaikan ciri-ciri burung merpati dataran rendah yang sudah disampaikan seperti di atas.

Merpati Kolong Yg Bagus

Dengan mengacu pada ciri-ciri burung merpati yang baik, tentunya saat memilih kita juga akan bisa mengamati seperti apa rupa burung yang baik dan yang jahat itu.

Untuk itu pelajari bagaimana mengenali ciri-ciri burung merpati yang baik. Sehingga saat memilih, anda tidak akan tertipu dan tidak akan menyesal setelah mendapatkan burung merpati pilihan anda sendiri.

Merpati Kolong Yg Bagus – Ciri Utamanya

Anda dapat memilih Merpati Merpati kualitas tinggi mulai dari kepala, mata, paruh, hidung, leher, sayap, dada, tulang dada, udang, brutu, ekor dan kaki.

Kepala Merpati Kolong Yg Bagus

Untuk mendapatkan High Pigeon yang baik, bentuk kepala harus besar dengan bagian depan tengkorak lebih tinggi dari pada bagian belakang atau nonong.

Jika memungkinkan, jembatan dari hidung ke atas tengkorak memiliki sudut kemiringan 45 derajat hingga 60 derajat. Jangan memilih sudut 90 derajat karena burung merpati seperti ini hanya pandai turun dari pukul 12.

Paruh Merpati Kolong Yg Bagus

Paruh burung merpati tinggi mengarah ke ujung. Selain itu, bentuk paruhnya juga tidak terlalu besar dan tidak terlalu panjang. Yang terpenting, pilih burung merpati dengan jarak hidung ke paruh pendek daripada ujung hidung ke tengkorak depan.

Mata Merpati Kolong Yg Bagus

Mata Merpatia Kolong Yg Bagus dan memiliki pupil hitam pekat. Selain itu, murid Merpati Tinggian harus bisa menyesuaikan dengan cahaya. Jika ada cahaya terang maka pupil mata akan mengecil, begitu pula sebaliknya.

merpati kolong yg bagus

Tak hanya itu, kacamata atau cincin bundar di sekitar mata juga penting. Burung merpati peringkat tinggi, yang sering menang, memiliki kacamata yang menempel di mata bijih dan biasanya berwarna hijau.

Untuk warna mata, pilih mata yang memiliki perpaduan antara kuning tua dengan kuning muda, merah tua dengan hijau tua, dan merah muda dengan putih. Kombinasi warna mata ini bisa dilihat di tempat teduh, jika di tempat terang mungkin tidak terlihat.

Hidung Merpati Kolong Yg Bagus

Dalam memilih Hidung Burung Pigeon Tinggian, yang terpenting adalah hidungnya tidak kecil dan pangkal hidungnya lurus. Pasalnya, Pigeon Tinggian dengan hidung seperti ini sering terbang jauh namun kembali lama bahkan terkadang menghilang.

Leher Merpati Kolong Yg Bagus

Leher burung merpati tinggi tidak boleh terlalu panjang, tetapi harus kuat, tegak, dan kencang. Meski begitu, jika burung tidak mendongak, maka lehernya harus bisa mengendur atau menekuk kembali seperti semula. Kemudian, leher harus sedikit lebih pendek dari tulang dada.

Sayap Merpati Kolong Yg Bagus

Sayap merpati yang baik biasanya kuat tetapi fleksibel dan tidak kaku. Bulu sayap lebar, namun jarak antara bulu dengan bulu lainnya harus rapat, dan ujung bulu harus runcing. Tulang bulu sayap berukuran besar dan kuat, tetapi lentur di ujung bulu.

Bentuk Dada Merpati Kolong Yg Bagus

Jika dilihat dari depan, peti tinggi berbentuk V bagus. Burung yang memiliki dada berbentuk V bisa turun dengan cepat dari segala arah. Jangan memilih dada berbentuk O atau elips, karena ketika burung turun dengan sudut yang agak miring, kecepatannya biasanya menurun.

Merpati Kolong Yg Bagus

Untuk tulang dada hampir sama yaitu berbentuk tick atau V. Dengan bentuk tulang dada, saat burung jatuh dari ketinggian maka badan burung tidak akan goyang atau bergetar.

Supit Udang Merpati Kolong Yg Bagus

Supit udang biasa disebut urang supit, udang sapit, pubis dan lain-lain. Bentuk supit udang di Merpati Tinggiian sangat penting karena besarnya jarak dapat mempengaruhi proses turun dari ketinggian.

Jika sup udang kencang, merpati atau merpati akan berputar perlahan. Sedangkan sop udang jaraknya 0,5-1 cm, biasanya kalau sudah turun akan tersedak atau terguncang.

Bentuk sop udang terbaik dengan jarak lebih dari 1 cm. Biasanya bentuk sop udang seperti ini saat turun tidak goyang.

Pinggang Atau Brutu Merpati Kolong Yg Bagus

Bentuk pinggangnya sedekat mungkin dengan badan Merpati Tinggian. Jika jaraknya renggang atau cukup jauh, maka burung merpati akan kesulitan turun dari langit.

Biasanya kecepatan burung lambat, tidak seimbang, burung akan berbelok tiba-tiba, dan sulit untuk mengerem saat mendarat sehingga terjadi kecelakaan.

Ekor Merpati Kolong Yg Bagus

Bulu ekor burung merpati tinggi harus rapat, tebal dan panjang. Saat dipegang, bulu ekor terasa menyatu. Ini juga menandakan bahwa pinggang atau brutu itu kecil. Bentuk ini bagus karena ketika merpati turun tidak akan goyah.

Kaki Merpati Kolong Yg Bagus

Bentuk kaki merpati yang ideal adalah panjang, bergizi, dan mbesisik. Saat dipegang, posisi kaki diputar ke belakang menyesuaikan buntut.

Baca Juga : 9 Merpati Kolong 2020 Yang Menjadi Jawara

Itulah diatas beberapa ciri Merpati Kolong Yg Bagus dan bagaimana cara memilih merpati kolong yg bagus. Semoga bisa menambah wawasan bagi Anda semua dan semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *