Merpati Kolong Garong , Merpati Yang Unik dan Istimewa

Merpati Kolong Garong

Merpati Juara Merpati Kolong Garong. Hobi telah menjadi sesuatu yang tidak bisa dinilai dengan mudah. Bahkan kini ada hobi merpati yang bisa membuat hewan ini bernilai milyaran rupiah. Salah satu yang menarik adalah Merpati Kolong Garong.

Alangkah kehebatan dan keunikan burung merpati garong yang ditawarkan kepada Andika Babang Tamvan dengan harga Rp. 3 miliar.

Ya, Andika yang dulunya kangen sama bandnya, disebut-sebut sibuk bermain merpati, dan mengincar merpati yang sudah berjaya berkali-kali.

Burung merpati yang diincar Andika ini tergolong liar dan berasal dari Tim AG. Garong berlaga di kategori burung merpati kolongan.

Kompetisi merpati bawah air adalah jenis kompetisi merpati yang memacu seekor burung untuk terbang tinggi di langit, kemudian burung tersebut harus menyelam tajam ke bawah ke betina yang ditempatkan di tanah.

Namun burung merpati harus mendarat terlebih dahulu melalui lingkaran bambu. Jika keluar dari bulatan bambu, ia akan jatuh. Burung merpati bernama garong ini sekarang menjadi milik Tim AG.

Pemilik Garong dan Tim AG adalah Haji Agus Irianto. Agus Irianto mengatakan bahwa Andika mantan Kangen Band sudah menghubungi dia dan menanyakan harga garong. Agus lantas memberi harga Rp 3 miliar. Andika juga berencana datang ke lokasi kandang liar untuk bersilaturahmi dan melihat alam liar.

Apa Saja Keunikan Merpati Kolong Garong?

Agus mengaku membeli garong dari tim merpati di Serang, Banten. Agus mengaku sudah senang dengan gaya terbangnya sejak lama, bahkan sebelum dirinya menjuarai berbagai kejuaraan.

Diakui Agus, sebelum membeli garong tersebut, ia pernah melihat dua tawuran yang bertanding di pertandingan merpati dataran tinggi atau rendah. Menurut Agus, burung liar tersebut memiliki gaya terbang menukik yang jarang dimiliki burung lain.

Gaya menyelam tajam yang khas adalah selalu berusaha menghalangi pergerakan burung lawan selama penerbangannya ke bawah.

Sehingga lawan sulit menang saat bertarung melawan burung merpati di bawah alam liar. Pada awal persembahan tawuran kepada pemilik lamanya, konon tidak laku.

Namun pada akhirnya Garong berhasil meraih juara 1 setelah 10 hari dirawat Agus. Agus membeli garong tersebut pada 2016, namun dia tidak menyebutkan berapa harganya saat membelinya. Karena kehebatan garong tersebut, Agus malah membeli satu jenis liar yaitu bapak garong (mawar 11), dan induk garong.

Hingga saat ini, Garong sudah memproduksi delapan unit mobil untuk Agus. Mobil-mobil tersebut diperoleh dari perlombaan merpati yang dianugerahi sebuah mobil. Sedangkan untuk sepeda motor, Agus menyebut sudah berapa sepeda motor yang diproduksi Garong.

Sedangkan terkait Andika Babang Tamvan yang menanyakan harga garong, Agus mengatakan belum ada kesepakatan. “Tapi harganya segitu, Rp 3 miliar,” kata Agus.

Merpati Kolong Garong

Agus mengatakan itu tetapi Andika ingin mengunjungi Tim Kejaksaan Agung untuk melihat Garong. Agus menjelaskan, informasinya, sejak wabah Covid-19, Andika kerap bermain merpati.

Karena itulah Andika mencari burung yang sangat bagus, dan menemukan burung merpati di bawah alam liar. Agus menuturkan, sebenarnya dia selalu gagal saat hendak menjual garong. Karena itu, dia tidak yakin akan menerima tawaran Andika Babang Tamvan nanti.

Apa Saja Yang Perlu Dilakukan Agar Merpati Kolong Bisa Juara ?

Pertama usahakan rutin memberi jamu setiap dua hari sekali. Beri jamu secara teratur. Untuk kami ramuannya campuran madu, susu, telur bebek, gula aren, kencur, kunyit, SUN (bubur bayi), beras merah, dan ireng temu.

Jika Anda tidak bisa membuat jamu atau ramuan sendiri, Anda juga bisa menggunakan jamu dari toko. Dari toko biasanya kami menggunakan jamu dari Jawa. Biasanya kembang api itu kita sebut dengan nama jamu. Pemberian ramuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan stamina burung merpati sebelum mengikuti perlombaan.

Merpati juga harus rajin menjemur setiap pagi. Menjemur 2-3 jam setiap pagi. Selain itu, pemilik kandang juga harus rutin membersihkan kandang merpati. Ini untuk menjaga kesehatan burung. “Kalau bisa setiap hari kandang dibersihkan.”

 

Merpati Kolong Garong

Ramuan tambahan saat burung selesai bertelur juga wajib. Jamu ini khusus diberikan setiap kali mengeluarkan telur. Jamu yang diberikan adalah campuran telur bebek, madu, dan susu.

Terakhir adalah memberikan obat cacing setiap 3 bulan sekali. Pemberian obat cacing ini untuk menambah nafsu makan. Makanan yang biasa kami gunakan adalah jagung Madura, nasi merah dan kacang tanah.

Baca Juga : Merpati Kolong Los Dor Ternyata Mempunyai Resiko Ini

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai Merpati Kolong Garong dan sedikit tips untuk membuat merpati kolong menjadi juara. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu semuanya. Terima kasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *