Merpati Kipas Dan Cara Penangkarannya

Merpati Kipas

Merpati JuaraMerpati Kipas merupakan salah satu jenis merpati hias yang cukup populer di kalangan pecinta burung. Jika kita berbicara tentang penangkaran burung tidak akan lepas dari cara budidaya Merpati Kipas ini.

Maka tak heran jika banyak permintaan terkait burung hias jenis ini. Burung Merpati Kipas memiliki daya tarik tersendiri dari bentuk tubuhnya yang unik dan menarik.

Selain itu, merpati ini disebut Merpati Kipas karena bentuk ekornya yang mirip dengan bentuk kipas. Di sinilah merpati sangat diminati.

Tak jarang burung ini dibudidayakan untuk diperdagangkan dengan harga yang cukup mahal. Dengan demikian, cara budidaya Merpati Kipas ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Kebanyakan orang terpikat oleh keindahan Kipas atau Fantail Merpati. Jenis Merpati ini memiliki ekor unik yang mampu mengembang berbentuk bulat seperti kipas. Jumlah bulu ekor 30-40 helai.

Merpati Kipas dan Cara Budidayanya

Jika anda ingin membudidayakan Merpati Kipas dapat dilakukan dengan cara dan langkah yang mudah. Dengan modal yang sedikit, Anda bisa meraup untung yang cukup tinggi.

Merpati Kipas

Penasaran bagaimana cara penangkaran merpati kipas ini? Di sini kami akan menjelaskan langkah-langkahnya untuk kalian semuanya.

Merpati Kipas Disiapkan Kandangnya

Cara budidaya atau penangkaran Merpati Kipas yang pertama kali adalah dengan menyiapkan kandang. Ada beberapa sistem kandang yang bisa digunakan untuk mengembangbiakkan burung Merpati Kipas ini.

1. Kandang Baterai Merpati Kipas

Merpati Kipas

Kandang baterai adalah kandang yang khusus dibuat untuk sepasang burung Merpati Mipas. Biasanya kandang ini berukuran minimal 90 cm x 50 cm x 50 cm.

Dibandingkan dengan sistem penutup lainnya, penutup baterai ini memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah lebih hemat ruang.

Pasalnya, kandang yang dibuat bisa ditata dengan baik. Selain itu, kontrol juga lebih mudah saat Merpati Kipas sakit.

Kelebihan lainnya adalah menghindari suka pada lain betina di antara pasangan. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah tidak ada pertengkaran di antara pasangan lain.

2. Kandang Koloni Merpati Kipas

Merpati Kipas

Cara penangkaran atau budidaya burung Merpati Kipas juga bisa menggunakan sistem kandang koloni. Sistem kandang koloni merupakan sistem kandang dengan ukuran yang jauh lebih besar dari pada sistem kandang baterai.

Semua burung Merpati Kipas hanya bisa dipelihara dan dibesarkan dalam satu kandang saja. Sistem kandang koloni ini juga memiliki beberapa keunggulan, salah satunya lebih efisien dari segi penggunaan energi dalam pemeliharaan dan perhitungan waktu.

3. Kandang Umbaran Merpati Kipas

Merpati Kipas

Sistem kandang lain yang dapat digunakan untuk penangkaran atau budidaya Merpati Kipas adalah kandang umbaran. Kandang umbaran merupakan sistem kandang dengan cara melepaskan burung merpati kipas ke tempat terbuka.

Dengan sistem kandang ini, Merpati Kipas akan hidup lebih mandiri. Sistem kandang ini lebih hemat pakan dan energi.

Jika pilihan sistem kandang sudah terpenuhi, maka Anda bisa langsung menyiapkan perlengkapan lain, seperti wadah minum, wadah pakan, dan juga sarangnya.

Merpati Kipas Diberikan Pakan yang Bernutrisi

Cara penangkaran atau budidaya Merpati Kipas selanjutnya adalah dengan memberikan pakan yang bergizi. Pakan yang bergizi akan menjaga kesehatan burung merpati kipas selama proses penggiringan.

Merpati Kipas

Jenis makanan yang baik untuk diberikan kepada burung merpati seperti milet, kacang hijau, godem, beras merah, dan juga jagung. Jangan lewatkan pemberian minum dua kali sehari.

Merpati Kipas Dijodohkan

Terkadang burung Merpati Kipas akan giring setelah membuat sarang untuk bertelur. Induk akan mulai mencari daun atau jerami untuk membuat sarang.

Setelah proses penggiringan berlangsung, Merpati Kipas akan mengeluarkan 1 hingga 2 butir telur. Setelah diinkubasi dengan selang waktu 18 hari telur akan menetas.

Untuk menunjang cara budidaya Merpati Kipas agar lebih sukses berikan pakan di dekat indukan agar mudah mencari pakan dan fokus mengerami.

Baca Juga: Wajib Tahu !! 10 Merpati Hias Yang Menjadi Incaran Kolektor

Itulah ulasan singkat mengenai Merpati Kipas ini. Semoga ini dapat bermanfaat unuk kalian semua yaa. Jangan lupa untuk share tulisan ini kesemua sosial media yang kalian miliki. Terima kasih banyak yaa teman-teman semuanya. Dan jangan lupa pula untuk berlangganan artikel-artikel terbaru saya yaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *