Merpati Kenwood : Merpati Jawara Yang Kini Telah Tiada

merpati kenwood

Merpati Juara – Bagi penggemar merpati tentunya sudah tidak asing lagi dengan Merpati Kenwood. Ya, merpati asal daerah Pekalongan itu kini telah tiada.

Namun jangan khawatir, bagi yang ingin mendapatkan keturunan masih ada keturunan merpati kenwood yang bisa diadopsi dari keturunannya. Tentu saja mahar itu tidak murah. Anda harus merogoh kocek sedikit dalam untuk mendapatkan keturannya.

Untuk mengenang burung legendaris ini, Tim Halilintar mengubah nama timnya menjadi Tim Kenwood.

Merpati Kenwood Menjuarai Berbagai Kejuaraan Bergengsi

Merpati Kenwood telah malang melintang memenangkan acara besar, baik di tingkat regional atau nasional.
Salah satu yang paling berkesan adalah saat meraih juara pertama dengan hadiah utama 1 mobil.
Prestasi yang sangat membanggakan bagi pemilik atau bahkan timnya.
Oleh karena itu, merpati kenwood telah ditawarkan oleh seseorang dengan mahar yang fantastis, yang pernah ditawarkan dengan harga 1 miliar rupiah.
Tapi pemiliknya belum mau melepasnya. Hingga suatu hari burung kenwood merpati kehilangan kendali dan mati seketika.
Merpati Kenwood

Apa Saja Tips Untuk Melatih Merpati Agar Bisa Juara ?

Sebenarnya ada berbagai macam tips untuk melatih burung merpati menjadi juara, namun kali ini saya hanya akan memberikan sedikit tips singkat saja. Berikut beberapa tipsnya:

1. Lakukan penjemuran burung merpati

Untuk proses penjemuran ini agar burung merpati memiliki nafas yang lebih panjang dan juga menambah nafsu makannya. Dan penjemuran ini tidak boleh terlalu lama karena kurang baik jika terlalu telat terkena sinar matahari, penjemuran dilakukan dengan baik pada jam 08.00 sampai 09.00 WIB.

Pengeringan merpati sangat dianjurkan setiap hari karena sinar matahari sangat bermanfaat bagi kesehatan merpati karena sinar matahari banyak mengandung Vitamin D. Ingatlah penjemuran pada pagi hari dan jangan pada siang hari, karena sinar matahari tidak baik untuk hewan tersebut.

2. Lakukan pelatihan fisik merpati

Bagaimana melatih merpati Anda, Anda bisa menerbangkan merpati Anda. Namun dalam proses ini anda harus melatihnya secara bertahap, misalnya pada minggu pertama anda melatih fisik merpati anda dalam jarak 20 meter dan minggu kedua kelipatannya adalah 40-50 meter dan minggu berikutnya anda menambahkan 10 meter dan dilanjutkan selama 6 minggu.

Merpati Kenwood

Nah, jika Anda sudah mencapai usia 6 minggu dan sedang berusaha melakukan lebih banyak latihan fisik dengan menjaga jarak, proses ini sangat disarankan bagi burung merpati yang akan mengikuti perlombaan.

Setelah melatih merpati / merpati secara fisik, saya sarankan untuk mengistirahatkan merpati karena istirahat sangat penting.

3. Berikan ramuan jamu untuk merpati

Untuk membuat Super Jamu untuk burung merpati bisa anda buat sendiri di rumah atau bisa anda beli di toko. Dan buat kamu yang ingin membuat ramuan khusus merpati juara, berikut bahan dan penjelasan cara membuatnya.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Sarang burung walet jika tersedia
  • Akar rumput teki
  • Kencur halus
  • Temu Kunci, sedikit saja
  • Kunyit bubuk
  • Madu alami dari alam 8 sendok makan
  • Kuning telur ayam
Cara Membuatnya :
  • Pecahkan Telur Ayam Kampung dan tinggal ambil kuning telurnya lalu campurkan ke dalam madu yang sudah Anda sediakan tadi.
  • Temu kunci, akar rumput teki, kunyit, sarang burung walet campur dan ditumbuk hingga halus terlebih dahulu.
  • Kemudian bahan pertama dan kedua diaduk menjadi satu menjadi Jamu Super Merpati.
  • Setelah memberikannya kepada merpati Anda, biarkan burung Anda beristirahat.

4. Membersihkan kandang merpati

Burung merpati yang memiliki nafas yang baik juga harus menjaga kebersihan lingkungan agar udara yang dihirup burung anda selalu segar setiap hari. Untuk proses pembersihan kandang, saya anjurkan untuk membersihkannya setiap 3 hari sekali dan harus konsisten.

Untuk membuat sangkar burung lebih bersih, saya anjurkan membeli obat cair untuk membunuh bakteri yang ada di dalam sangkar dan menyemprotnya sebulan sekali.

5. Latihan ditempat yang sejuk

Kenapa saya pesan di lingkungan yang sejuk, karena lingkungan yang sejuk membuat burung tenang. Jika Anda melatihnya di tempat di mana Anda takut merpati akan stres dan tidak mau makan.

Baca Juga : Cara Menambah Tenaga Merpati Kolong

Sebenarnya masih banyak cerita yang tidak bisa diceritakan tentang Kenwood Pigeon ini. Namun untuk kali ini, saya akan cukup membahas tentang Kenwood Doves. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua. Terima kasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *