Merpati Jacobin , Jenis Merpati Yang Unik Yang Cocok Untuk Hiasan Rumah

Merpati Jacobin

Merpati Juara – Merpati Jacobin adalah salah satu jenis burung merpati hias yang berasal dari Asia yaitu di India. Merpati Jacobin telah dibiakkan secara selektif selama bertahun-tahun. Istilah Jacobin mengacu pada topi yang dikenakan oleh pendeta Jacobin.

Berbeda dari merpati kebanyakan, merpati Jacobin memiliki bentuk yang luar biasa indah dan unik. Kemunculannya membuat merpati Jacobin disebut sebagai royal bird atau burung kerajaan.

Merpati jacobin memiliki bulu yang sangat tebal di bagian leher, dan anehnya bulu-bulu ini sangat lebat sehingga mengarah ke atas sehingga berbentuk seperti mantel bulu. Melihat Jacobin, Anda akan mengira burung ini mengenakan mantel bulu seperti yang banyak ditampilkan supermodel di atas catwalk.

Karena bulu tebal di leher, kepala Jacobin tidak terlihat dari belakang. Kepala mereka tersembunyi di lautan bulu dan hanya bisa dilihat di bagian depan. Tak heran jika Jacobin disebut sebagai burung paling modis di dunia.

Saat ini penjualan merpati jacobin dilihat dari seberapa tinggi ‘tudung’ bulunya. Semakin tinggi bulunya maka harga merpati ini akan semakin mahal.

Postur merpati Jacobin juga selalu berdiri tegak sehingga terkesan sombong. Penampilan burung ini mengingatkan Anda pada burung merak yang sangat cantik namun sombong.

Dikenal sebagai spesies merpati tertua di dunia, tidak jelas bagaimana Jacobin bisa memiliki tekstur bulu yang begitu indah. Namun dengan pembiakan yang dilakukan selama 80 tahun, bentuk Jacobin kini semakin sempurna.

Burung ini sendiri kabarnya berasal dari daerah India. Sekarang merpati Jacobin dianggap sebagai hewan eksotis yang tidak dapat Anda temukan di mana pun atau dijual bebas.

Burung Merpati atau pigeons adalah jenis burung yang terkenal sangat dekat dengan manusia. Nama lain dari merpati yaitu burung dara.

Kelebihan burung merpati atau burung dara ini adalah dipelihara sebagai hewan kesayangan, selain itu oleh masyarakat biasa digunakan untuk burung hias, pacuan, dan juga untuk keperluan komunikasi atau merpati pos.

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang saat ini menggunakan daging merpati untuk membuat berbagai menu makanan.

Selain rasanya yang enak, daging merpati juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Burung merpati atau burung merpati memiliki banyak jenis, di setiap daerah ciri khasnya berbeda-beda. Untuk saat ini kami akan menjelaskan tentang merpati jenis MERPATI JACOBIN.

Apa Itu Merpati Jacobin ?

Merpati Jacobin merupakan jenis burung merpati hias yang berasal dari asia yaitu di india. Merpati Jacobin telah dibiakkan secara selektif selama bertahun-tahun. Istilah Jacobin mengacu pada topi yang dikenakan oleh pendeta Jacobin.

Dilihat dari bentuknya, burung Merpati Jacobin memiliki bulu yang menyerupai payung yang menjulang ke atas. Bulunya yang menjulang ke atas membuat kepala burung itu tetap tersembunyi.
Merpati jacobin ada bermacam-macam, menurut informasi dari peternak bahwa merpati jacobin terbaik adalah jacobin grade A. Merpati kelas A Jacobin memiliki bulu yang lembut, halus, dan menarik.
Karena memiliki bulu yang terbaik dan adem, harganya juga lumayan mahal.

Merpati Jacobin

Bagaimana Perawatan Merpati Jacobin ?

Untuk merawat Merpati Jacobin ini tidaklah terlalu sulit, karena merpati jacobin ini memiliki ciri yang sama dengan merpati biasa.

Hanya saja Anda harus selalu menjaga bulunya dalam kondisi baik dan bersih.

Untuk pemberian pakan Merpati Jacobin, biasanya peternak menyediakan karak, jagung dan bisa juga diselingi dengan nasi merah.

Selain pakan, kandang harus selalu disediakan air minum agar burung Merpati Jacobin tidak mengalami dehidrasi.

Bagaimana Sistem Ternak Merpati Jacobin ?

Ada 3 jenis penangkaran atau pemeliharaan merpati jacobin:

1. Ternak Merpati Jacobin Sistem Umbaran

Untuk burung Merpati Jacobin, sistem umbaran kurang cocok digunakan. Hal ini dikarenakan jika burung jacobin berada di umbar maka makanan dan minumannya menjadi tidak terkontrol dan juga dapat merusak bulu Merpati Jacobin.

2. Ternak Merpati Jacobin Sistem Baterai

Sistem baterai adalah dalam satu kandang ditempati oleh sepasang burung Merpati Jacobin. Akan tetapi, sistem ini tidak banyak digunakan karena mahalnya biaya pembuatan dan perawatan.

Merpati Jacobin

3. Ternak Merpati Jacobin Sistem Koloni

Banyak peternak Merpati Jacobin yang menggunakan sistem yang satu ini. Sistem koloni adalah kandang yang cukup besar untuk diisi atau digunakan untuk beberapa pasang Merpati Jacobin.

Menggunakan sistem koloni dapat mempermudah pemberian makan dan juga dapat mengurangi biaya pemeliharaan Merpati Jacobin.

Itulah diatas penjelasan singkat mengenai Merpati Jacobin, semoga dapat memberikan pengetahuan yang lebih untuk Anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *