Wajib Tahu !! 10 Merpati Hias Yang Menjadi Incaran Kolektor

Merpati Hias

Merpati Juara – Merpati Hias sangat berbeda dengan merpati balap dan merpati tinggi. Bentuknya unik dan warnanya menawan. Tak heran jika di Indonesia merpati hias banyak diburu oleh para kolektor untuk dijadikan hewan peliharaan.

Harganya pun masih cukup mahal. Untuk Merpati Hias diambil dari peternak lokal saja, harganya masih membuat dompet jebol.

Namun bagi pecinta Merpati Hias, harga tidak menjadi masalah. Yang penting bagi mereka adalah kepuasan karena bisa mendapatkan burung merpati yang mereka inginkan.

Merpati Hias pada awalnya dibiakkan di berbagai negara Eropa dan Amerika dari merpati karang atau merpati liar. Pada akhirnya hasil penangkaran ini melahirkan berbagai variasi burung merpati, baik bentuk, warna maupun tingkah lakunya. Produk penangkaran ini sebagian dikenal sebagai merpati hias.

Merpati Hias Incaran Para Penghobi

Dibawah ini daftar 10 Merpati Hias biasa diburu oleh para kolektor Merpati Hias :

1. Merpati Hias Gondok

Merpati Hias

Saat ini, merpati gondok banyak yang dari peternak lokal. Peternak telah berhasil membiakkan burung Merpati Hias jenis gondok ini.

Harga jual di Pasar Pramuka merpati gondok lokal dijual dengan kisaran harga Rp 900.000 sepasang. Sedangkan merpati gondok import bisa dijual sekitar Rp 5.000.000 sepasang tergantung jenisnya.

2. Merpati Hias Lahore

Merpati Hias

Di negara asalnya, Pakistan, Merpati Hias ini dikenal dengan nama burung Shiraz. Ciri-ciri mulai dari leher hingga ekor bawah memiliki warna putih. Sedangkan bagian atasnya bisa dengan warna lain.

Merpati ini juga banyak dibesarkan oleh peternak lokal. Harga jual di Pasar Pramuka Merpati Lahore Hitam dibandrol dengan harga sekitar Rp 700.000 sepasang.

3. Merpati Hias Kipas

Merpati Hias

Merpati Hias jenis ini berasal dari India, dan China. Tanda mencolok dari ekor berkembang seperti kipas. Kekurangannya adalah anak harus diasuh oleh merpati indukan lain.

4. Merpati Hias Jacobin

Merpati Hias itu diberi nama karena rambut di sekitar kepalanya menggambarkan topi yang dikenakan oleh para pendeta Jacobin.

Berbeda dari merpati kebanyakan, merpati Jacobin memiliki bentuk yang luar biasa indah dan unik. Kemunculannya membuat merpati Jacobin disebut sebagai royal bird atau burung kerajaan.

Merpati jacobin memiliki bulu yang sangat tebal di bagian leher, dan anehnya bulu-bulu ini sangat lebat sehingga mengarah ke atas sehingga berbentuk seperti mantel bulu. Melihat Jacobin, Anda akan mengira burung ini mengenakan mantel bulu seperti yang banyak ditampilkan supermodel di atas catwalk.

Karena bulu tebal di leher, kepala Jacobin tidak terlihat dari belakang. Kepala mereka tersembunyi di lautan bulu dan hanya bisa dilihat di bagian depan. Tak heran jika Jacobin disebut sebagai burung paling modis di dunia.

5. Merpati Hias Old Dutch Capuchine

Merpati Hias

Merpati Hias jenis Old Dutch Capuchine adalah jenis merpati mewah yang dikembangkan selama bertahun-tahun dalam pembiakan selektif.

Keunggulan merpati ini adalah tumbuhnya jambul yang lebat atau rambut di kepala yang berbentuk oval di kedua sisi leher. Kerja keras membudidayakan varietas ini dilakukan oleh Henk Moezelaar.

6. Merpati Hias Satinette Oriental Frill

Merpati Hias

Merpati Hias ini berasal dari negara Turki. Jenis yang paling populer adalah yang memiliki tubuh putih dengan garis-garis di bahu, sayap dan ekor berwarna hitam, biru dan abu-abu kecokelatan. Konon burung ini merupakan burung kesultanan di Turki.

7. Merpati Hias Modena

Diambil dari nama kota tempat asalnya. Terkenal sebagai Merpati Hias ternak yang baik. Yang terkenal dari jenis ini adalah Gazzi Modena dengan tubuh putih dan kepala, sayap, dan ekor berwarna-warni. Termasuk merpati kecil dengan panjang 25 cm, tapi gemuk padat (buntek) dan bergaya anggun.

8. Merpati Hias Maltese

Merpati Hias

Merpati Hias maltese berasal dari Italia utara dekat Modena. Mereka dicirikan oleh leher yang panjang.

9. Merpati Hias Polish Helmet

Merpati Hias

Burung Dara ini berasal dari Polandia. Tubuhnya berwarna putih. Hanya bagian ekor dan kepalanya yang memiliki warna lain.

10. Merpati Hias Nun

Selain memiliki warna yang menawan, burung merpati ini juga memiliki kemampuan terbang yang unik.

Baca Juga: Wajib Tahu !! Jenis Merpati Selain Merpati Balap Dan Merpati Pedaging

Merpati Hias diatas itulah yang menjadi pembahasan saya kali ini. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Jangan lupa share ke semua akun sosial media yang kalian punya yaa..terima kasih banyak saudaraku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *