Merpati Balap Yang Juara dan Ciri Fisiknya

Merpati Balap

Merpati Juara – Merpati Balap merupakan hasil penangkaran burung merpati yang telah dikembangbiakkan secara khusus agar dapat terbang lebih cepat, naluri yang lebih kuat untuk pulang kampung pada olah raga balap merpati. Merpati peliharaan yang populer, Merpati Balap, adalah salah satu yang terbaru dari jenisnya.

Burung merpati tergolong burung pintar, hal ini dibuktikan dengan sifatnya yang jinak dan kemampuannya dalam mengenali kandang dan sekitarnya terutama burung merpati pos.

Merpati pos memiliki keunggulan lain yang tidak kalah hebatnya dengan merpati pos, yaitu dapat mengenali pasangan, pemilik, atau pelatihnya dari jarak yang cukup jauh.

Ada Berapa Jenis Merpati Balap di Indonesia ?

Sedangkan jenis-jenis merpati balap di Indonesia selain merpati pos terdapat beberapa jenis merpati balap seperti di bawah ini:

  • Berdasarkan jenis terbangnya
  • Berdasarkan langkah-langkahnya
  • Berdasarkan Jalur atau Jalan
  • Berdasarkan cara masuk ke joki

Apa Saja Makanan Merpati Balap Juara ?

Makanan yang ditawarkan oleh merpati balap adalah biji-bijian dan sayuran. Biji-bijian tersebut antara lain jagung kuning, beras, gabah, kacang hijau, kacang panjang, kedelai, millet, dan kacang tanah. Benih ditempatkan di bak pakan atau dapat disemai di lantai yang bersih.

Merpati Balap

Anda juga membutuhkan bayam, kangkung, kol, wortel, seledri, dan selada yang sudah diiris kecil-kecil. Sayuran merupakan jenis pakan yang baik untuk merpati balap, mengingat merpati balap tidak dilepaskan ke luar kandangnya. Burung ini hanya keluar pada waktu-waktu tertentu.

Selain itu, merpati balap juga membutuhkan pasir. Campuran mineral yang baik untuk pasir adalah:

  • 45% cangkang kerang dalam ukuran sedang
  • 35% berupa potongan kecil batugamping / batugamping atau granit
  • 10% pecahan kecil arang kayu (kayu keras)
  • 5% tepung tulang
  • 5% tepung kapur
  • 4% garam
  • 1% apa yang disebut merah venetian

Memberi makan Merpati Balap harus dilakukan dua kali sehari. Jangan sampai kenyang dan membuat Anda gemuk, karena obesitas akan menimbulkan banyak masalah.

Tidak kalah pentingnya dalam merawat merpati balap selain itu pakan diatas merupakan formula khusus untuk Merpati Balap.

Ramuan khusus permberian untuk burung merpati, agar tetap fit dan gesit saat terbang, juga tetap produktif. Di bawah ini adalah beberapa jenis tanaman untuk Merpati Balap.

Jamu Merpati Balap Juara

Bahan -bahannya :

3 butir telur bebek (atau 5 telur ayam kampung juga) hanya kuning telur + sedikit putih telur sebagai perekat.

1 sendok teh temu kunci

Cara membuatnya :

Semuanya dicampur dan disimpan di lemari es agar tidak berjamur. lalu diberi flashdisk hitam seperti tadi. Dan dijemur sebelum diberikan.

Ciri Fisik Merpati Balap Juara Yang Wajib Kamu Tahu

Secara umum Merpati Balap yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Postur Tubuh Merpati Balap

Postur tubuh Merpati Balap secara keseluruhan harus ideal, artinya tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus. Tidak terlalu montok atau terlalu kecil. Ini juga akan mendukung kinerja burung merpati ini dalam penerbangan.

Burung Merpati Balap yang baik dapat terbang dengan cepat, dan ini memang yang diharapkan. Postur merpati balap sangat ramping, memungkinkan merpati terbang dengan lincah dan tanpa rintangan.

Merpati Balap

Kepala Dan Leher Merpati Balap Juara

  • Paruh pendek, lurus, kuat, dan ujung agak melengkung adalah tanda paku atau kereta luncur yang bagus.
  • Mata jernih dengan pupil bulat penuh (tidak terlihat pecah-pecah) dan kecil berarti cukup baik untuk melihat dengan jelas dari kejauhan.
  • Kepala yang proporsional dan cukup besar menandakan bahwa isi otaknya besar (cerdas).
  • Lehernya cukup dan tidak terlalu panjang dan besar, tetapi tetap proporsional untuk menjaga posisi terbang di udara agar tetap ramping.

Badan, Kaki Dan Ekor Merpati Balap Juara

  • Bahunya kuat dan kokoh untuk memasang sayap
  • Otot sayap cukup tebal untuk menunjukkan kekuatan maksimalnya mengepakkan sayap sehingga bisa melaju jauh dalam satu kepakan. Bulu sayap yang rapi, tebal, panjang, lebar, dan rapat menunjukkan bahwa merpati dapat menjangkau jarak yang sangat jauh dalam satu sayap karena sedikit udara yang dilepaskan. Bulu sayap utama biasanya terdiri dari 10 bulu, tetapi kadang-kadang ditemukan burung merpati dengan 11 bulu pada satu atau kedua sayapnya. Keadaan ini dapat meningkatkan kerapatan bulu sayap.
  • Kaki proporsional dengan jari-jari kaki kecil dan panjang mengarahkan angin ke belakang setelah melewati dada selama penerbangan
  • Tumpukan rambut di bokong cukup tebal dan tulang kemaluan cukup keras sehingga kekompakan otot untuk kecepatan akhir yang maksimal dapat dijamin.

Ciri Lain Merpati Balap Juara

  • Bulu lilin yang lembut, kering, dan menenangkan untuk mengurangi kelembapan dan mencegah retensi udara yang dapat mengurangi kecepatan burung dari ketinggian.
  • Tulang dada sedikit melengkung untuk mengurangi hambatan angin.

Leher Merpati Balap harus proporsional, tidak terlalu pendek atau terlalu panjang, agar tidak menambah gesekan di udara.

Baca Juga : Cara Merawat Merpati Balap Terlengkap dan Mudah

Itulah beberapa penjelasan mengenai Merpati Balap yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat buat Anda, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *