Merpati Balap Juara Memiliki Gaya Terbang Yang Unik, Ini Penjelasannya

Merpati Balap Juara

Merpati Juara Merpati Balap Juara memiliki beberapa gaya penerbangan yang berbeda. Gaya terbang burung merpati ini nantinya akan mempengaruhi kecepatan burung dan stamina burung tersebut. Lalu gaya seperti apakah yang harus dimiliki Merpati Balap Juara ? Inilah informasinya untuk Anda.

Selain itu, beberapa gaya terbang Merpati Balap Juara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Gaya terbang merpati mana yang akan menjadi kelemahan atau kekuatan selama balapan.

Mengetahui karakter balap merpati terbang sangat penting di lapangan. Tidak hanya karakter terbang merpati milik Anda, tetapi mengetahui karakter terbang dari merpati lawan sangatlah penting.

Karena saat di lapangan, burung dengan gaya terbang tertentu memiliki kelemahan dengan kekuatan terbang lainnya. Sehingga bila burung kita tidak kuat mentalnya, burung kita bisa kalah (mengikuti yang lain) dan kalah saat perlombaan.

Pengetahuan tentang gaya terbang Merpati Balap Juara sangat penting, terutama untuk pelepasan. Karena saat balapan joki menentukan kapan burung akan diterbangkan saat start.

Gaya Terbang Merpati Balap Juara

Berikut beberapa model terbang merpati yang biasa ditemukan di lapangan.

Merpati Balap Juara Lurus Kedepan

Gaya terbang lurus ke depan merpati adalah salah satu gaya favorit para joki. Banyak merpati juara memiliki gaya terbang seperti ini.

Dengan gaya terbang lurus ke depan, memungkinkan burung merpati untuk menyelamatkan jalur penerbangan sehingga jarak penerbangannya lebih pendek dari gaya terbang lainnya.

Sehingga burung dengan gaya terbang seperti ini hanya menyisakan lawan, apalagi jika burung tersebut dalam kondisi prima.

Merpati Balap Juara

Namun kekurangan dari burung terbang seperti ini adalah burung harus dipersiapkan dengan fisik yang prima, otot yang kuat, dan nafas yang panjang.

Gaya terbang lurus ke depan membuat burung mengeluarkan tenaga lebih besar karena tidak dibantu gaya gravitasi seperti burung yang meluncur dari atas ke bawah.

Jika burung dengan gaya terbang lurus ke depan memiliki mentalitas yang lemah, burung yang ganas / pemukul, atau burung yang mengikuti bertemu dengan burung yang melayang, biasanya ia kalah.

Karena burung tidak bisa memantul atau menyelam seperti lawannya.

Namun jika burung tersebut memiliki gaya terbang lurus ke depan, termasuk burung yang keren, biasanya akan meninggalkan jarak yang cukup jauh dari lawannya.

Jika sesama burung terbang lurus, pertarungan akan semakin seru, karena burung saling mengejar dalam jarak dekat. Orang menyebutnya burung ngetrek.

Merpati Balap Juara Terbang Melambung Ke Atas

Gaya terbang ke atas di sini mungkin serupa dengan gaya terbang tinggi atau rendah karena burung sejak awal biasanya akan naik tinggi ke atas.

Dan setelah jarak tetap setengah lapangan lagi atau mulai melihat geberan, burung itu akan menukik ke bawah atau disebut burung L.

Kekuatan penerbangan di sini dapat menyimpan energi dengan cukup efisien. Karena pada saat burung menukik akan dibantu oleh gaya gravitasi agar kecepatan terbangnya bisa lebih tinggi dan tenaga yang dikeluarkan tidak banyak (otot-otot istirahat sedikit).

Kunci terbang dengan cara memantul ke atas adalah kecepatan burung saat turun (nge-L). Jika bertemu burung yang memiliki karakter yang sama, kecepatan drop atau L akan sangat mempengaruhi burung mana yang akan menang.

Burung dengan gaya terbang ke atas memiliki keuntungan jika bertemu dengan burung yang terbang di bawah.

Karena jika burung yang memiliki gaya terbang rendah memiliki mentalitas yang kurang kuat atau diikuti oleh burung lawan kemungkinan besar akan menang, tetapi jika ia adalah burung yang keren, burung yang terbang biasanya kalah karena jarak yang ditempuh.

Merpati Balap Juara Terbang Zigzag

Gaya terbang Merpati Balap Juara zigzag umumnya dihindari oleh joki dan permainan merpati balap.

Karena merpati dengan gaya terbang ini jarang akan menang. Selain jarak yang lebih jauh (zigzag), burung yang terbang seperti ini cepat kehabisan energi.

Merpati Balap Juara

Biasanya jika gaya terbang zigzag diketahui saat burung dilatih, maka burung tersebut akan dimasukkan dalam burung upcare.

Bagaimanakah Sifat Merpati Balap Juara Saat Terbang ?

Dari beberapa pola terbang di atas, terdapat beberapa ciri merpati terbang. Ada burung yang garang, yaitu selalu berusaha melawan burung lawannya, bahkan kadang suka memukul lawannya.

Ada juga burung cuek yang memiliki jalur sendiri-sendiri, sehingga saat diterbangkan burung tersebut langsung membuat jalur dan mengabaikan lawannya.

Selama balapan, biasanya burung cuek akan mendapatkan keuntungan karena tidak terpengaruh oleh burung lawan.

Dari beberapa pola terbang di atas, terdapat beberapa ciri merpati terbang. Ada burung yang garang, yaitu selalu berusaha melawan burung lawannya, bahkan kadang suka memukul lawannya.

Ada juga burung cuek yang memiliki jalur sendiri-sendiri, sehingga saat diterbangkan burung tersebut langsung membuat jalur dan mengabaikan lawannya.

Selama perlombaan, biasanya burung Merpati Balap Juara yang cuek akan diuntungkan karena tidak terpengaruh oleh burung lawan.

Baca Juga : Jenis Merpati Balap Tercepat, Kamu Wajib Tahu

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Merpati Balap Juara dengan gaya terbangnya masing-masing. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat Anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *