7 Daftar Makanan Burung Puyuh Supaya Bertelur Cepat

makanan burung puyuh

Merpati JuaraMakanan Burung Puyuh ternyata banyak jenisnya. Tidak hanya menggunakan pakan buatan dari pabrik saja untuk membuat burung puyuh cepat bertelur. Lalu apa saja Makanan Burung Puyuh terbaik agar burung puyuh itu cepat bertelur dan memiliki telur yang banyak ? Berikut informasinya untuk Anda.

Baru-baru ini burung puyuh tidak hanya dimanfaatkan telur dan dagingnya saja, namun sudah ada burung puyuh yang dijadikan untuk kontes suara atau kicauannya. Kira-kira seperti apa yaa kontes suara burung puyuh itu ?

Tetapi sebagian besar masyarakat masih tertuju pada sektor peternakan daging dan telur burung puyuh. Untuk kontes kicau burung puyuh sepertinya kurang menarik karena hanya untuk hiburan saja. Jika mau serius pada ternak burung puyuh, maka segala persiapan harus dijalankan, antara lain Makanan Burung Puyuh, perawatan burung puyuh, memilih bibit burung puyuh, kandang burung puyuh, dan sebagainya.

Untuk itu ayo kita simak ulasan berikut ini mengenai Makanan Burung Puyuh supaya cepat bertelur dan dapat menghasilkan dalam usaha ternak burung puyuh ini.

Inilah Makanan Burung Puyuh

makanan burung puyuh

Makanan Burung Puyuh sebetulnya mudah didapat dan juga murah harganya. Namun, jika kita belum mengetahuinya dengan benar maka akan sangat sulit menemukannya. Untuk itu mari simak sampai habis yaa.

Makanan Burung Puyuh muda biasanya serangga dan berubah seiring bertambahnya usia. Contohnya belalang kecil, jangkrik, ulat hongkong, hingga rayap.

Ketika sudah mulai besar burung puyuh akan memakan yang lainnya seperti biji-bijian, buah-buahan, hingga sayuran hijau.

Berikut Makanan Burung Puyuh agar cepat bertelur:

1. Pelet Untuk Burung Puyuh

Biasanya pelet puyuh dijual dalam jumlah banyak sehingga kurang cocok jika hanya memiliki sedikit di rumah sebagai burung kicau. Pelet lebih cocok jika Anda memelihara burung puyuh dalam jumlah banyak.

Anda bisa membeli pelet khusus untuk pakan puyuh di toko atau pasar hewan. Biasanya pelet tersedia dalam jumlah besar.

Anda yang memelihara burung puyuh mungkin dalam jumlah sedikit mungkin akan kurang menghsailkan. Namun, jika Anda memiliki peternakan puyuh yang besar, maka berikan saja pelet karena kandungannya yang lengkap dan bergizi. Sehingga dapat menguntungkan dalam jumlah besar.

2. Jagung

makanan burung puyuh

Seperti burung ternak pada umumnya, Anda juga bisa memberikan jagung puyuh sebagai makanannya. Karbohidrat yang ada pada jagung bisa menjadi sumber energi untuk puyuh.

Namun, jagung sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis makanan puyuh lainnya. Peternak puyuh biasanya mencampur jagung dengan makanan lain.

3. Dedak Padi Atau Biasa Disebut Bekatul

makanan burung puyuh

Dinegara kita, orang lebih mengenal bekatul. Adapun dedak padi, tampaknya hanya orang-orang di wilayah barat. Makanan ini sebenarnya adalah limbah dari pengolahan beras sebelum menjadi beras.

Meski hanya berupa limbah sisa, dedak padi mengandung protein dan sumber energi yang melimpah. Burung Puyuh yang memakannya pasti akan memiliki pencernaan yang lebih sehat karena mengandung serat.

Namun, ada baiknya untuk tidak menyimpan dedak terlalu lama karena kandungan lemaknya yang tinggi. Sehingga bisa keluar bau tidak sedap dan gumpalan.

4. Tepung Tulang

makanan burung puyuh

Apa Anda sudah tahu apa itu tepung tulang? Jika belum, tepung tulang adalah sisa-sisa tulang dari penyembelihan hewan. Tulangnya direbus hingga lunak dan matang, kemudian dikeringkan dan digiling menjadi semacam tepung.

Oleh sebab itu, tepung tulang mengandung kalsium dan fosfor yang membuat puyuh bertelur lebih cepat dan telur yang dihasilkannya pun pasti lebih kuat.

5. Sorgum

makanan burung puyuh

Banyak orang belum ngerti bahwa sorgum bisa dijadikan pakan puyuh. Makanan ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari jagung, namun hanya terdapat di daerah tertentu saja yaa.

Salah satu kandungan dalam sorgum yang bermanfaat untuk burung puyuh adalah xantofil. Selain itu, sorgum juga mengandung nutrisi yang tinggi, dan anti nutrisi seperti tanin. Kandungan tanin ini membuat protein sulit dicerna. Jadi sorgum harus diberikan dalam keadaan tidak berwarna agar kandungan taninnya rendah.

6. Ketela Pohon atau Singkong

makanan burung puyuh

Makanan pengganti yang bisa Anda berikan untuk burung puyuh adalah singkong atau ketela pohon. Jenis kandungan di dalamnya hampir sama dengan jagung. Sehingga burung puyuh tetap berenergi dan lincah, dan dapat bertelur dengan cepat.

Bedanya, singkong memiliki kandungan protein yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, usahakan untuk tidak memberikan singkong pahit karena mengandung glukosida sianogenik yang tidak baik untuk kesehatan burung puyuh.

7. Pollard atau Dedak Gandum

makanan burung puyuh

Diatas sudah diberi makan dedak padi, sekarang tambah dedak gandum atau pollard. Dedak gandum ini baik untuk puyuh petelur. Kandungannya cukup banyak, seperti lemak, protein, dan serat kasar. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memberikan dedak gandum karena mengandung serat kasar yang dapat mengiritasi saluran pencernaan bagi burung puyuh.

Kandungan Nutrisi Apa Saja yang Diperlukan Burung Puyuh?

Makanan Burung Puyuh harus memiliki beberapa kandungan nutrisi yang diperlukan burung puyuh supaya cepat bertelur dan bisa banyak jumlah telurnya.

Berikut adalah kandungan yang harus ada dalam Makanan Burung Puyuh agar cepat bertelur:

Protein

Untuk membentuk jaringan tubuh, burung puyuh harus mendapat asupan protein secara teratur. Contohnya adalah jaringan organ, sel, otot, tulang, saraf, otak, hingga telur yang dihasilkan.

Pemberian pakan anak burung puyuh diprioritaskan memiliki kandungan protein yang tinggi agar pertumbuhan berlangsung lebih cepat dan normal. Untuk puyuh dewasa, protein mempengaruhi produksi telur yang dihasilkan.

Mineral

Salah satu problem yang sering dihadapi oleh para peternak telur puyuh adalah cangkang yang tidak cukup kuat. Untuk mencegahnya, pastikan pakan yang Anda berikan mengandung mineral yang cukup untuk kekuatan cangkang telur puyuh tersebut.

Karbohidrat

Sebagai sumber energi, burung puyuh membutuhkan karbohidrat untuk terus menghasilkan telur. Semua aktivitas seperti bernapas, regenerasi sel dan jaringan yang rusak, hingga mencerna makanan membutuhkan asupan karbohidrat.

Oleh karena itu karbohidrat sangat dibutuhkan burung puyuh untuk asupan gizi hariannya. Carilah makanan yang banyak mengandung karbohidrat tinggi agar burung puyuh bisa cepat bertelur dan burung puyuh selalu sehat.

Lemak

Kegunanan lemak yang terdapat pada burung puyuh ini adalah untuk mengatur metabolisme tubuh dan mengatur produksi hormon. Hormon ini akan berperan dalam produksi telur, terutama pada awal pembentukannya.

Kesimpulan

Makanan Burung Puyuh sebaiknya diberikan secara teratur dan seimbang, agar burung puyuh dapat bertelur dengan cepat dan banyak.

Makanan Burung Puyuh juga harus diperhatikan kandungan yang terdapat didalamnya, agar kita tidak lagi asal dalam membeli jenis pakan burung puyuh tersebut.

Demikianlah pembahasan kita untuk kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua. Jangan lupa untuk terus membagikan semua tulisan yang ada diwebsite ini kesemua akun sosial media yang Anda miliki yaa. Akhir kata diucapkan terima kasih dan semoga hari Anda menyenangkan.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *