10 Makanan Burung Hantu yang Paling Murah dan Mudah Didapat

makanan burung hantu

Merpati JuaraMakanan Burung Hantu . Banyak yang masih bingung sebenarnya apa sih Makanan Burung Hantu itu, karena jenis burung hantu ada banyak sekali, berikut ini akan kami ulas secara detail.

Burung hantu merupakan burung yang mempunyai julukan lain dari masing-masing daerah, yang termasuk jenis burung yang sangat berbeda dengan jenis burung lainnya, biasanya jenis burung lain seperti lovebird akan aktif di siang hari.

Namun jika burung hantu jenis ini aktif pada malam hari, dimana pada malam hari burung hantu selalu mencari makan. Burung hantu memiliki harga pasaran yang cukup mahal meskipun masih anak anjing, dan yang paling populer adalah jenis burhan celepuk.

Diantara sekian banyak jenis burung hantu yang memiliki kesukaan makanan yang berbeda dengan jenis lainnya. Jadi kita sebagai penggemar burung hantu harus tahu apa saja yang menjadi Makanan Burung Hantu, agar nantinya kita tidak fokus melatih burung saja.

Selain itu juga menyediakan sangkar burung hantu yang lebih maksimal agar burung merasa lebih nyaman dan bebas.

Sebelum mengetahui lebih banyak mengenai Makanan Burung Hantu lebih banyak, alangkah baiknya mengetahui jenis-jenis burung hantu yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Berikut adalah informasi untuk kalian semua sahabat-sahabtku, hehehe.

Jenis Burung Hantu yang Paling Banyak Dipelihara

Berbeda dengan memelihara burung kicau, seperti lovebird, kutilang, atau kura-kura, cara memelihara burung hantu memerlukan penanganan khusus.

Burung hantu membutuhkan kandang yang besar sebagai tempat tinggalnya. Selain itu, makanannya juga harus berupa daging, bukan biji-bijian seperti kebanyakan burung peliharaan.

makanan burung hantu

Meski banyak kesulitan dalam merawat burung hantu, burung pemangsa jenis ini tetap menarik minat banyak orang karena bentuk dan sifatnya yang unik.

Dari berbagai spesies yang ada di seluruh dunia, jenis burung hantu yang populer dan banyak dipelihara di Indonesia antara lain:

  1. Burung hantu Celupuk Reban
  2. Burung hantu Spotted Wood Owl
  3. Burung hantu Salju
  4. Burung hantu Oriental bay owl
  5. Burung hantu Javan Owlet
  6. Burung hantu Brown Hawk Owl
  7. Burung hantu Buffy Fish Owl
  8. Burung hantu Eagle Owl
  9. Burung hantu Barn Owl
  10. Burung hantu Celupuk

Itulah berbagai jenis burhan yang perlu kalian ketahui sebelumnya, dan itu juga sebagai bahan pertimbangan jika kalian mau memelihara jenis burhan tersebut yaaa.

Makanan Burung Hantu yang Paling Murah dan MUdah Didapat

Ternyata Makanan Burung Hantu itu dibedakan berdasarkan jenis burung hantunya. Tidak semua burung hantu mempunyai makanan yang sama dengan burung hantu lainnya.

Makanan Burung Hantu adalah daging hewan kecil seperti belalang, ikan, ayam hingga tikus. Oleh karena itu burung hantu termasuk dalam hewan karnivora yaitu pemakan daging.

1. Makanan Burung Hantu Celepuk Reban

makanan burung hantu

Burung hantu ini memiliki postur tubuh yang lebih kecil, reban dip memiliki nama latin otus lempeji yang mana burung hantu jenis ini menyukai jenis makanan seperti tikus yang masih anakan. Sebaran jenis burung ini ada di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Filipina.

2. Makanan Burung Hantu Spotted Wood Owl

makanan burung hantu

Jenis Makanan Burung Hantu ini juga berupa daging seperti tikus putih dan anak ayam dimana kedua jenis makanan tersebut telah menjadi makanan pokok. Yang mana jenis makanannya hampir sama dengan makanan burung buffy fish owl.

3. Makanan Burung Hantu Salju

makanan burung hantu

Burung hantu salju yang juga dikenal sebagai burung hantu bersalju merupakan jenis burung hantu yang memiliki penampilan lebih menawan dan elegan, yang hampir diselimuti warna putih seperti salju. Makanan Burung Hantu jenis ini adalah ikan, anak ayam dan tikus yang masih anak ayam.

4. Jenis Makanan Burung Hantu Oriental bay owl

makanan burung hantu

Jenis Makanan Burung Hantu ini tidak jauh berbeda dengan burung hantu, adapun jenis makanannya yaitu tikus kecil. Untuk snack bisa diberikan jangkrik.

5. Makanan Burung Hantu Javan Owlet

makanan burung hantu

Burung hantu jawa merupakan jenis burung hantu yang memiliki selera terhadap jenis Makanan Burung Hantu seperti burung hantu teluk oriental yang jenis burungnya menyukai jangkrik dan anak ayam.

6. Makanan Burung Hantu Brown Hawk Owl

makanan burung hantu

Burung hantu jenis ini menyukai jenis makanan seperti anak ayam, jangkrik, tikus putih dan burung emprit.

7. Makanan Burung Hantu Buffy Fish Owl

makanan burung hantu

Jenis Makanan Burung Hantu ini tidak jauh berbeda dengan jenis burung hantu lainnya, hanya jenis burung hantu jenis buffy fish yang mana jenis burung ini menyukai makanan ikan seperti lele, tikus putih, anak ayam dan burung emprit.

8. Makanan Burung Hantu Eagle Owl

makanan burung hantu

Burung hantu eagle owl ini tersebar luas di Eropa hingga Asia lho. Habitat burung hantu eagle owl cukup beragam, mulai dari kawasan hutan hingga ngarai berbatu.

Merupakan jenis burung hantu besar, makanan dari burung hantu eagle owl ini juga cukup beragam. Diantaranya adalah tikus, burung kecil, puyuh, hingga anak ayam.

9. Makanan Burung Hantu Barn Owl

makanan burung hantu

Burung hantu jenis ini juga banyak yang menyebutnya dengan nama latin tyto alba, yang mana jenis burung ini menyukai Makanan Burung Hantu seperti burung kecil, anak ayam dan daging segar.

10. Makanan Burung Hantu Celepuk

makanan burung hantu

Jenis burung hantu yang mana yang disukai banyak orang, adapun jenis Makanan Burung Hantu ini yaitu jenis serangga seperti jangkrik dan ulat hongkong.

Kesepuluh jenis burung hantu tersebut merupakan jenis yang sudah populer di Indonesia, dan lengkap dengan jenis Makanan Burung Hantu.

Aturan Pemberian Makanan Burung Hantu yang Tepat dan Benar

Pemberian Makanan Burung Hantu baik jenis besar maupun kecil dapat dilakukan dua kali sehari yaitu pada pagi hari pukul 8-9 pagi dan sore hari setelah matahari terbenam.

Khusus untuk bayi burung hantu atau jenis burung hantu kecil, sebaiknya makanannya dipotong kecil-kecil sesuai dengan ukuran paruhnya.

Melansir laman The Spruce Pets, makanan burung hantu ini bisa diberikan makanan hidup atau beku yang dicairkan terlebih dahulu.

Seperti burung pada umumnya, burung hantu cenderung berantakan saat makan. Jadi penting untuk membersihkan area di sekitar mereka setelah mereka selesai makan.

Kesimpulan Tentang Makanan Burung Hantu

Makanan Burung Hantu harus diberikan dalam keadaan segar dan bersih. Jangan membarikan makan burung hantu dengan daging yang sudah hampir busuk atau sudah bueuk, karena itu akan menimbulkan bibit-bibit penyakit yang berakibat buruk bagi kesehatan burung hantu tersebut.

Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai Makanan Burung Hantu. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kalian semua wahai sahabat-sahabatku. Jangan lupa untuk selalu membagikan semua artikel yang ada diwebsite ini kesemua akun sosial media yang kalian miliki yaa. Terima kasih banyak dan semoga hari kalian menyenangkan wahai sahbat-sahabatku semuanya, hehe.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *