9 Makanan Burung Beo Terbaik Untuk Kesehatan Burung Beo

Makanan Burung Beo

Merpati JuaraMakanan Burung Beo apa yang tepat buat kesehatan burung beo? Seperti kita ketahui burung beo adalah salah satu burung yang mudah bosan dengan makanannya. Oleh karena itu, Makanan Burung Beo yang diberikan harus sangat hati-hati.

Kita tidak bisa sembarangan memberikan makanan kepada burung beo yang dipelihara. Ada beberapa jenis makanan bergizi, beberapa berpotensi meracuni burung.

Namun sayangnya, seringkali pemilik burung beo beranggapan bahwa mereka telah menyediakan makanan yang sesuai dan pantas untuk burung peliharaannya.

Seperti manusia, burung beo membutuhkan diet seimbang. Dengan pola makan yang baik, burung beo akan tetap sehat dan aktif berbicara.

Makanan Burung Beo Paling Baik

Dibawah ini adalah Makanan Burung Beo yang paling baik bagi kesehatan burung beo, agar burung beo tetap aktif dan terus berbicara sepanjang hari.

  1. Voer Burung Beo
  2. Buah-Buahan Untuk Burung Beo
  3. Serangga
  4. Kroto
  5. Berbagai Jenis Kacang-kacangan
  6. Sayuran Untuk Burung Beo
  7. Air Mineral
  8. Aneka Biji-Bijian
  9. Suplemen Tambahan

Berikut ini adalah daftar uraian Makanan Burung Beo secara lengkap.

makanan burung beo

1. Voer Burung Beo

Sebagai makanan utama, voer memiliki banyak jenis nutrisi yang bermanfaat bagi burung beo. Voer terbuat dari bahan alami dan mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat dan vitamin yang dibutuhkan untuk memenuhi asupan energi burung beo.

Tapi hati-hati saat memilih voer Beo. Sebaiknya pilih voer yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya, pewarna buatan, dan pengawet agar voer bisa dimakan dengan aman.

Brand Beo Food antara lain Kristal Beo, Beo Agung, Champion Bird Food, De Coral, Fancy Bird Food, dan lain-lain.

2. Buah-Buahan Untuk Burung Beo

Pepaya adalah buah yang sangat populer untuk Makanan Burung Beo. Kandungan serat pepaya cukup tinggi untuk melancarkan saluran pencernaan burung beo.

Selain itu, kandungan lemaknya yang rendah juga bisa memberikan rasa kenyang tanpa membuat burung beo gemuk.

Agar burung beo Anda tidak bosan dengan buah-buahan tersebut, Anda juga bisa menggantinya dengan menu buah lainnya, seperti pisang, pepaya, apel, lengkeng, tomat, dan pir.

Pemberian buah-buahan yang beragam juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin burung beo. Dengan cara ini daya tahan burung nuri akan lebih baik, sehingga tidak mudah sakit.

3. Serangga

Selain vitamin, burung beo juga membutuhkan protein agar tetap sehat. Nah, mungkin Anda bertanya-tanya, makanan burung nuri apa saja yang bisa memenuhi kebutuhan protein?

Burung nuri tidak hanya memakan buah, tetapi juga bisa memakan berbagai serangga kecil, seperti jangkrik, belalang, dan ulat hongkong.

Untuk jenis makanan ini bisa diberikan seminggu sekali agar menu makanannya bervariasi dan tidak cepat bosan. Kemudian berikan juga burung beo nafsu makan yang baik.

4. Kroto

Selain jangkrik, kroto merupakan salah satu makanan extra food (EF) terbaik untuk Makanan Burung Beo. Namun keberadaan kroto semakin langka karena kroto sulit didapatkan di alam. Sekarang banyak kroto yang dibudidayakan dan memiliki kualitas super serta gizi yang tinggi.

Nutrisi kroto super tinggi bisa didapatkan dengan memilih bibit semut rangrang yang juga berkualitas tinggi. Jenis pakan semut juga harus diperhatikan. Selain itu, perhatikan juga media budidaya, dan kondisi lingkungan.

5. Berbagai Jenis Kacang-kacangan

Pemenuhan protein lainnya dapat diperoleh dari pemberian pakan burung nuri berupa kacang-kacangan.

Karena itu bukan makanan utama burung beo, sebaiknya jangan terlalu sering memberi kacang.

Karena burung nuri yang dipelihara berbeda dengan yang liar karena tidak membutuhkan tenaga yang terlalu banyak. Anda bisa memberikan kacang-kacangan seperti kedelai hitam, kacang polong, atau kacang hijau.

Pastikan kacang ini disimpan di tempat yang kering agar tidak memicu tumbuhnya jamur yang bisa menjadi racun dan berbahaya bagi kesehatan burung beo.

makanan burung beo

6. Sayuran Untuk Burung Beo

Sayuran memiliki berbagai vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan burung beo. Aneka sayuran yang bisa dimakan burung beo antara lain mentimun, sawi, jagung muda, dan wortel.

Untuk memudahkan burung nuri memakan sayuran, Anda bisa memotongnya menjadi kecil-kecil dan memasukkannya ke dalam wadah makanan burung nuri.

Untuk memastikan sayuran yang dimakan burung beo Anda sehat, Anda bisa mencucinya terlebih dahulu. Saat makan, pastikan sayurannya masih segar.

Setelah disajikan selama sehari, segera buang sisa sayuran dan ganti dengan yang baru. Selain itu, harap bersihkan wadah Makanan Burung Beo secara rutin agar tidak terkontaminasi bakteri sisa yang dapat mempengaruhi kesehatan burung beo.

7. Air Mineral

Satu hal yang tidak bisa dilupakan tentang memberi makan burung beo adalah air segar untuk diminum. Air ini harus tersedia setiap saat dan diisi serta diganti secara teratur.

Air minum bisa diganti dua kali sehari, atau saat wadah air kotor dan dipenuhi sisa-sisa makanan.

Wadah juga harus dicuci bersih dengan sabun dan air. Jangan biarkan wadah kotor selama berhari-hari.

8. Aneka Biji-Bijian

Berbeda dengan habitat alami di alam atau hutan, burung beo yang dipelihara di rumah biasanya kurang bergerak, sehingga tidak membutuhkan energi sebanyak di alam.

Oleh karena itu, sebaiknya berikan burung beo menu kacang-kacangan, seperti kacang kedelai hitam, kacang polong, dan kacang hijau.

Tahukah Anda, kacang-kacangan mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi untuk meningkatkan energi burung. Namun jika diberikan terlalu banyak, burung beo bisa menjadi kegemukan sehingga malas berbicara.

Selain itu, selama penyimpanan, pastikan benih disimpan di tempat yang kering. Pasalnya, tempat yang lembab memicu tumbuhnya jamur pada kacang-kacangan, yang menghasilkan racun yang berbahaya bagi kesehatan burung.

9. Suplemen Tambahan

Meski banyak dari Makanan Burung Beo di atas sudah memiliki nilai gizi tinggi, burung beo tetap membutuhkan vitamin. Selain itu, Anda bisa membeli vitamin dan beberapa mineral dari toko yang biasanya menjual perlengkapan burung.

Pemberian vitamin juga bisa dilakukan dengan memberikannya langsung ke mulut burung beo.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan vitamin yang Anda beli tadi dengan makanan atau minuman tersebut. Pemberian vitamin pada burung beo tidak perlu dilakukan setiap hari, tetapi cukup dengan 1-3 kali seminggu.

Makanan Burung Beo dan Aturan Memberikannya

makanan burung beo

Selain beberapa makanan burung nuri di atas, ada beberapa makanan yang perlu dihindari karena berpotensi merusak kesehatan atau menimbulkan racun.

Misalnya alpukat, makanan cepat saji, coklat, makanan yang mengandung kafein dan alkohol.

Cobalah memberi makan burung beo dua kali sehari. Buang sisa pakan pada pagi dan sore hari karena tidak layak untuk dikonsumsi. Kemudian, berikan Makanan Burung Beo sesuai dengan aturan berikut:

  1. Beri makan biji atau kacang tidak lebih dari 1 hingga 2 sendok teh per hari
  2. Berikan pelet hanya di pagi hari setelah biji-bijian dan makanan segar. Karena burung beo memakannya sedikit demi sedikit, tidak perlu membuangnya jika tidak habis
  3. Berikan satu porsi pelet per hari untuk nuri kecil, atau semangkuk pelet untuk nuri besar
  4. Berikan buah dan sayur sebanyak 1 sendok makan, dan 1,5 sendok makan untuk takaran makanan berprotein.

Cara Melatih Burung Beo Agar Cepat Berbicara

Bagaimana cara melatih burung beo cepat untuk berbicara atau berbicara? Gampang, ternyata Burung Beo bisa diajak ngobrol seperti teman supaya bisa cepat bicara.

Setiap hari dan setiap saat berbicara dengan burung dengan pengulangan kata yang sama. Untuk awal hanya satu kata sampai burung bisa.

Misalnya, mengucapkan kata cinta. Setiap bertemu burung, jangan lupa untuk menyebutnya sayang dengan jelas. Nanti burung akan merekam kata-kata Anda dan menirunya.

Jika satu kata bisa, ganti dengan kata lain. Begitu seterusnya, hingga akhirnya burung itu bisa mengucapkan beberapa kata sekaligus.

Kesimpulan

Layaknya manusia, Makanan Burung Beo pun harus yang terbaik, supaya kesehatan burung beo dapat terus terjaga. Maka dari itu berilah makanan yang terbaik dan dalam kondisi segar supaya burung beo tetap sehat dan terus bercengkrama dengan Anda setiap har.

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai Makanan Burung Beo ini. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kalian semua. Jangan lupa untuk share ilmu yang bermanfaat ini kesemua akun sosial media kalian semua. Terima kasih banyak.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *