Lomba Dara Kolong Yang Semakin Banyak Peminatnya

Dara Kolong

Merpati JuaraDara Kolong merupakan jenis burung dara yang banyak peminatnya, entah hanya untuk disimpan atau sengaja dibesarkan. Kebanyakan orang memelihara merpati di bawah atap untuk mengikuti lomba balap Dara Kolong. Dan jika memiliki hobi sulit untuk ditinggalkan atau dilupakan, padahal terkadang harus mengorbankan waktu bahkan banyak uang untuk menjaganya.

Merpati dikenal jinak, hingga muncul istilah “jinak-jinak merpati” dan inilah yang menjadi dasar awal agar pemiliknya mampu melatih burung tersebut menjadi sesuatu yang diinginkannya, termasuk untuk dilombakan.

Apa Saja Jenis Lomba Dalap Dara Kolong ?

Sebenarnya ada beberapa komunitas yang terbagi dalam jenis permainan merpati itu sendiri. Jadi permainan merpati yang dilombakan dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu merpati balap dasar dan merpati balap tinggi.

Dalam perlombaan merpati dasar, perlombaan adalah kecepatan burung setelah dilepaskan dari jarak 500-1000 meter untuk mencapai joki geber tercepat, dan biasanya burung terbang rendah tertinggi rata-rata tidak lebih dari 10 meter.

Sedangkan pada pertandingan bawah air seekor burung merpati terbang tinggi, kemudian setelah sampai diatas joki burung tersebut diterbangkan secara bersama-sama dan pemenangnya adalah burung yang pertama kali jatuh ke tanah pada joki joki tersebut.

Burung merpati ras tinggi sendiri terbagi menjadi tiga kelompok yaitu burung merpati tomprang / burung merpati, burung merpati kentongan, dan burung merpati kolongan.

A. Dara Tomprang

Burung merpati yang dilombakan dilepas pada jarak 3-5 km, kemudian burung terbang tinggi ke posisi joki, setelah sampai diatas joki mereka saling bergelantungan, dan pemenangnya adalah burung yang menghantam tanah terlebih dahulu. (patek) masing-masing joki.

Dara kolong

B. Dara Kentongan

Hampir sama dengan dara tomprang, perbedaannya hanya tidak ada joki yang bersuara nyaring, burung-burung setelah dilepaskan berlomba-lomba untuk sampai ke kandangnya terlebih dahulu dibuat di atas, setelah burung sampai di kandang akan terdengar suara kongong dari setiap pemilik burung.

C. Dara kolong

Lomba ini merupakan permainan burung merpati yang sangat digemari masyarakat. Game perawan bawah air ini menggabungkan game merpati balap dasar dengan merpati balap tinggi.

Cara bermainnya yaitu dengan membuat lapangan bermain dengan mendirikan empat tiang dengan ukuran rata-rata 8 x 8 meter, dan diatasnya diikat tali dan di hiasi dengan kain merah yang direntangkan dan dibawahnya dibuatkan patek untuk ditunggangi joki Burung Kolong.

Aturan Lomba Balap Dara Kolong

Dalam permainan ini selain kecepatan burung juga diperebutkan kelincahan burung, dimana burung harus masuk ke kotak tali atas (kolong) dan turun ke kotak bawah / patek yang ditentukan.

Jika seekor burung tidak masuk melalui kotak yang telah dibuat atau meninggalkan patek kolong yang telah ditentukan, maka burung tersebut dianggap dikalahkan atau didiskualifikasi.

Biasanya jarak pelarian rata-rata kurang lebih satu kilometer, sesuai dengan lokasi yang ada. Burung yang bisa datang lebih dulu menyentuh patek bawah dan naik turun dinyatakan sebagai pemenang.

Dara Kolong

Dalam setiap perlombaan merpati terdapat cara dan aturan yang ditetapkan untuk diterapkan dan ditaati oleh perlombaan, antara lain:

  • Merpati harus didaftarkan dengan menuliskan nama merpati, warna merpati (pria dan wanita), nama tim dan joki geber.
  • Kemudian akan dilakukan flying draw, dimana setiap penerbangan terdiri dari 2 (dua) ekor burung secara bergantian, dari babak penyisihan hingga babak final.
  • Burung tersebut diterbangkan dari awal yaitu sekitar satu kilometer dari tempat joki (kolongan), kemudian setelah sampai di puncak area, juri (wasit) akan memberikan tanda peluit yang menandakan joki dapat mulai memukul.
  • Setelah peluit ditiup oleh wasit, joki mulai memukul dengan aturan bahwa tembakan pertama harus melewati bahu dan tidak membunuh burung lawan secara tidak sengaja.
  • Burung yang mendaratkan patek / kotak bawah pertama melalui kotak bawah / atas dinyatakan sebagai pemenang.
  • Apabila joki kurang puas dengan keputusan wasit maka wasit dapat melakukan protes dengan membayar uang jaminan sesuai dengan aturan yang telah dibuat panitia, dan untuk protes akan dibuka rekaman video dari CCTV yang telah dipasang disekitarnya daerah.

Baca Juga : Ukuran Dongdang Merpati Kolongan Yang Baik dan Benar

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis lomba Dara Kolong dan aturan lomba balap dara kolong. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan pengetahuan Anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *