Kurungan Merpati Balap Dan Berbagai Macam Variasinya

Kurungan Merpati Balap

Merpati Juara – Kurungan Merpati Balap merupakan salah satu syarat wajib yang dibutuhkan untuk memelihara burung merpati. Selain digunakan sebagai tempat tinggal burung merpati, Kurungan Merpati Balap juga digunakan sebagai tempat berkembang biak, pengaturan burung untuk penggiringan, tempat menjodohkan burung merpati balap, dll.

Jadi segala sesuatu tentang merpati ini dilakukan dengan bantuan Kurungan Merpati. Tanpa kurungan yang baik tentunya kita tidak bisa memaksimalkan perawatannya, apalagi saat burung sedang berada di masa penggiringan.

Berikut beberapa jenis Kurungan Merpati Balap ideal yang biasa digunakan para penghobi.

Kandang merpati yang baik adalah yang memiliki dua ruangan yaitu ruangan terbuka dan ruangan tertutup.

Jika merpati balap kandang untuk terbang / melatih, piyik dan brooder, ukuran kandang untuk terbang diluar 90x90x80 didalam ada pagupon

Kandang merpati yang baik adalah yang memiliki dua ruangan yaitu ruangan terbuka dan ruangan tertutup. Apa fungsi dari kedua ruangan tersebut? Apakah kedua ruang tersebut memiliki fungsi yang berbeda?

Fungsi kedua ruangan tersebut berbeda satu sama lain. Fungsi dari ruang terbuka tersebut adalah sebagai tempat burung dapat menikmati udara segar dan juga dapat berjemur di luar kandang.

Merpati bisa pergi ke tempat terbuka kapan saja. Namun, merpati lebih sering pergi ke alam terbuka di pagi hari di siang hari. Karena pada pagi dan sore hari saat burung ingin berjemur dan mencari udara segar.

Sedangkan fungsi ruangan tertutup adalah sebagai tempat burung akan tidur di dalamnya. Di ruangan tertutup ini, burung akan terlindung dari dinginnya angin malam dan terlindung dari air hujan saat turun hujan.

Kurungan Merpati Balap Memiliki Banyak Macamnya

Ternyata Kurungan Merpati Balap mempunyai macam-macam fungsi dan kegunaannya. Tidak hanya saat proses penggiringan merpati balap, ternyata Kurungan Merpati Balap berperan penting dalam ajang perlombaan merpati balap tersebut. Berikut informasi mengenai Kurungan Merpati Balap untuk kalian semua.

1. Kurungan Merpati Balap Gupon (Pegupon)

Kurungan Merpati Balap jenis gupon (pegupon) biasanya digunakan untuk tempat tinggal burung merpati. Biasanya terbuat dari triplek, atau papan kayu yang bisa dibuka-tutup.

Ada gupon sederhana yang hanya bisa dibuat keluar masuk burung, ada juga gupon merpati yang bagus dan lengkap.

Kurungan Merpati Balap

Terdapat juga tempat sampah di bawahnya agar kandang mudah dibersihkan. Pintu yang bisa dibuka-tutup dan diwarnai sedemikian rupa.
Ukuran Kurungan Merpati Balap bentuk gupon bervariasi dari kecil, sedang, hingga besar. Namun tinggi kandang gupon tidak melebihi 40cm, hal ini berguna untuk mencegah burung kawin di gupon sebelum burung dimainkan.

Ukuran kandang gupon kecil PxLxT 35x30x30, ukuran gupon sedang 40x35x30, 40x35x35, 40x40x35, 45x35x35 ukuran besar 45x40x35, 50x40x35, 50x45x40 dan kombinasi dari itu.

2. Kurungan Merpati Balap Gupon Dilengkapi Kandang Macan

Kurungan Merpati Balap kandang macan atau sangkar ini berfungsi agar burung merpati balap dapat diumbar di dalam sangkar tersebut. Dan agar burung merasa leluasa untuk kawin dan makan di kandang tanpa diganggu oleh burung atau hewan lain.

Kurungan Merpati Balap

Kandang macan dan pegupon merupakan kombinasi kandang terbaik. Yang dapat memaksimalkan perawatan dan pelatihan merpati balap.

Ukuran kandang macan kecil PxLxT 40x60x60, sedang 50x60x60, 60x60x70 besar 70x70x70, 80x80x70 dan kombinasi dari itu semua.

3. Kurungan Merpati Balap Umbaran

Kurungan Merpati Balap bentuk umbaran digunakan untuk mengumbar anak burung merpati balap atau piyikan. Tujuannya agar burung bisa terbang dengan bebas agar sayapnya tidak kaku.

Selain itu burung juga tidak terbang jauh yang dapat menyebabkan burung kabur dari kandang atau dicuri. Apalagi jika burung merpati adalah salah satu burung merpati yang istimewa.
Kurungan Merpati Balap
Ukuran Kurungan Merpati Balap sistem umbaran disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan saja. Karena sifatnya hanya opsional atau sesuai kebutuhan masing-masing.

Baca Juga : Merpati Balap Legendaris Wajib Kamu Ketahui

Itulah pembahasan tentang Kurungan Merpati Balap dari saya. Semoga bisa memberikan banyak manfaat kepada kalian semua. Jangan lupa untuk komen jika ada kekurangan dari tulisan ini. Dan jangan lupa untuk share kesosial media yang kalian punya. Terima kasih banyak yaa teman-teman semuanya yang telah berkenan membagikan postingan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *