Wajib Tahu !! Jenis Merpati Selain Merpati Balap Dan Merpati Pedaging

Jenis merpati

Merpati JuaraJenis Merpati . Tahukah kamu ternyata Jenis Merpati tidak hanya sebatas merpati balap atau merpati pedaging saja. Tetapi juga ada kelompok merpati hias (fancy pigeon). Selain merpati balap, ternyata merpati hias juga merupakan Jenis Merpati yang disukai banyak pecinta burung, karena bentuk fisiknya yang unik dan enak dipandang.

Sebagian besar varietas burung ini didatangkan dari dataran Eropa, India, dan lainnya. Namun merpati lokal juga ada yang berasal dari daerah di Indonesia meski tidak banyak. Tercatat, ada sekitar 301 Jenis Mepati yang tersebar di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri sudah terdapat berbagai komunitas pecinta merpati hias dari berbagai provinsi. Bahkan perlombaan tingkat nasional dan daerah sering diadakan secara rutin, khususnya untuk kategori merpati hias.

Penontonnya tidak hanya pecinta merpati, bahkan orang awam pun banyak yang melihatnya, karena terkesima dengan bentuk tubuh dan bulu khas burung merpati hias ini.

Apa Perbedaan Burung Merpati Dan Burung Dara ?

Merpati dan Dara adalah hewan yang sama. Hanya saja, pada beberapa kelompok masyarakat seringkali memiliki istilah yang berbeda-beda, sesuai dengan adat istiadat di daerah tersebut.

Di beberapa daerah, penyebutan merpati untuk merpati hias atau merpati balap. Sedangkan untuk kelompok daging, mereka lebih suka menyebutnya perawan atau “doro” dalam bahasa Jawa.

Jenis Merpati Selain Merpati Balap Dan Merpati Pedaging

Di bawah ini berbagai jenis merpati lain yang wajib Anda ketahui sebagai penghobi burung merpati:

Jenis Merpati King atau Show King

Jenis Merpati

Dulu, Merpati King dikategorikan sebagai Jenis Merpati daging, namun kemudian berkembang menjadi merpati hias.

Asal muasal burung ini dari Amerika Serikat dan menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Merpati Show King memiliki tubuh bulat, gemuk dan montok.

Jenis Merpati Polish Helmet

Jenis Merpati

Burung ini berasal dari Polandia dan memiliki ciri khas warna bulu yang berbeda di bagian kepalanya sehingga terlihat seperti helm.

Jenis Merpati Helm Polandia dulunya berwarna hitam, tetapi seiring waktu, burung menjadi identik dengan putih.

Jenis Merpati Mondain atau French Mondain

Bentuk unik burung Jenis Merpati Mondain atau French Mondain adalah tubuhnya yang bulat dan gemuk. Tak heran jika burung ini sering dijadikan sebagai merpati pedaging. Untuk mendapatkannya bisa datang ke daerah asalnya yaitu di Perancis.

Jenis Merpati Nun Pigeon

Jenis Merpati hias lainnya adalah Nun Pigeon. Penampilan burung ini sangat menawan dan indah. Namun, sekilas burung ini terlihat garang. Meski begitu, kemampuan terbangnya kerap diacungi jempol.

Jenis Merpati Maltese

Jenis Merpati

Nama lain dari burung merpati Malta adalah Poule Maltais dan Malteser. Awalnya Jenis Merpati ini dikategorikan sebagai merpati broiler.

Namun karena bentuknya yang unik, akhirnya berkembang menjadi kategori hias. Ciri khas dari tubuhnya adalah memiliki leher yang panjang seperti jerapah, sedangkan tubuhnya pendek.

Jenis Merpati Old Dutch Capuchine

Salah satu Jenis Merpati hias yang paling diidolakan adalah Merpati Kapusin Belanda Kuno. Pasalnya, burung ini memiliki sejenis jambul yang tumbuh di sekeliling kepalanya. Jadi, Pigeon ini terlihat sangat menawan dan mewah.

Jenis Merpati Modena

Seperti namanya, Jenis Merpati ini berasal dari Modena, Italia utara. Ciri-ciri burung ini berbentuk bulat, gemuk, dan memiliki ekor yang pendek. Di Indonesia burung ini terbagi menjadi dua jenis yaitu American Modena dan English Modena.

Jenis Merpati Satinette Oriental Frill

Jenis Merpati

Ini adalah Jenis Merpati hias dari Turki. Oriental Frill Satinette Dove sering disebut-sebut sebagai salah satu burung Kesultanan Turki. Burung ini memiliki ciri khas warna putih yang unik serta garis-garis pada bahu dan sayapnya.

Jenis Merpati Jacobin

Jenis Merpati

Sesuai dengan namanya, Merpati Jacobin memiliki ciri khas berupa bulu jambul di sekitar lehernya yang menyerupai mantel Jacobin.

Rambut tebal di leher hampir menutupi kepala. Dari belakang dan samping kepala tidak terlihat, melainkan hanya terlihat dari depan. Jenis Merpati ini sangat banyak digemari di Indonesia loh.

Jenis Merpati Blondinette Oriental Frill

Sama seperti Satinette, Oriental Frill Blondinette Dove juga berasal dari Turki. Hanya saja yang ada perbedaan yaitu burung ini mempunyai motif batik di bagian permukaan tubuhnya.

Corak batik ini terdapat di seluruh permukaan tubuh. Satu lagi keunikan dari Jenis Merpati ini, yaitu ukuran paruhnya yang pendek dan agak menjorok ke kepala.

Jenis Merpati Kipas atau Fantail

Jenis Merpati

Kebanyakan orang terpikat oleh keindahan Kipas atau Fantail Merpati. Jenis Merpati ini memiliki ekor unik yang mampu mengembang berbentuk bulat seperti kipas. Jumlah bulu ekor 30-40 helai.

Jenis Merpati Lahore

Jenis Merpati Lahore berasal dari daerah Lahore di Pakistan. Ciri khas tubuh Jenis Merpati ini hampir sama dengan penguin.

Ya, burung ini memiliki belahan putih dan hitam. Jadi bagian depan berwarna putih, sedangkan bagian belakang berwarna hitam.

Jenis Merpati Wina atau Vienna Tumbler

Jenis Merpati

Mengapa disebut merpati tumbler karena burung ini memiliki kemampuan terbang mengelilingi tubuhnya dari depan ke belakang.

Namun karena bentuknya yang unik, Vienna Tumbler atau Vienna Tumbler digunakan sebagai burung merpati hias. Selain itu, Jenis Merpati ini mempunyai fitur unik lainnya adalah matanya yang besar dan bulat.

Jenis Merpati Cropper atau Merpati Pouter

Jenis Merpati

Berbeda dengan yang lain, Jenis Merpati ini memiliki ciri khas berupa tembolok besar seperti balon. Di Indonesia ada burung merpati cantik seperti Cropper atau Pouter, sering juga disebut Merpati Gondok.

Jenis Merpati Archangel

Jenis Merpati

Diketahui bahwa Archangel dove berasal dari Dalmatia atau Illyria. Jenis Merpati ini sering dijadikan merpati hias karena memiliki warna cerah dan metalik pada sebagian bulunya.

Jenis Merpati Chinese Owl

Banyak yang mengira bahwa merpati ini berasal dari Tiongkok. Sedangkan Burung Merpati Chinese Owl dari India dan Spanyol.

Jenis Merpati ini memiliki bulu dada yang agak tebal dan berantakan. Kemudian kepalanya menyerupai burung hantu.

Jenis Merpati German Beauty Homer

Jenis Merpati

Merpati German Beauty Homer dikenal sebagai Merpati Pos. Kemudian sekarang burung ini dikembangkan menjadi burung hias.

Sebenarnya Jenis Merpati ini cocok menjadi merpati hias karena memiliki keunikan pada paruhnya yang besar dan lehernya yang panjang.

Jenis Merpati Bokhara Trumpeter

Jenis Merpati

Seperti namanya, Bokhara Trumpeter Pigeon berasal dari daerah Bokhara di Asia. Burung ini sekilas seperti terompet.

Kemudian keunikan lain dari Jenis Merpati ini ada pada rambut jambul di kepala yang menyerupai bunga mawar. Sedangkan kaki memiliki bulu kaki panjang yang menjuntai ke tanah.

Jenis Merpati Felegyhazer Tumbler

Jenis Merpati

Ada Pigeon cantik lainnya, Merpati Felegyhazer Tumbler. Burung ini berasal dari daerah Hongaria di Kiskunfelegyhaza.

Jenis Merpati ini dulunya adalah burung yang terbang tinggi, tetapi sekarang dia adalah burung merpati hias. Keindahan burung ini terlihat di bagian belakang kepalanya.

20. Merpati Brongsong

Jenis Merpati

Burung merpati brongsong berasal dari Indonesia tepatnya di Tulungagung, Kediri dan Blitar.

Jenis Merpati ini memiliki bulu yang agak tebal di sekeliling bagian belakang kepala, leher, dan dada. Rambut di bagian belakang kepala agak jambul sehingga terlihat eksotis.

Jenis Merpati Pajer

Jenis Merpati

Merpati Pajer asli Indonesia sama dengan merpati Brongsong. Jenis Merpati ini memiliki paruh yang panjang, tengkorak yang pipih dan jambul di belakang kepala. Ciri lainnya adalah dia bisa terbang tinggi.

Jenis Merpati Wulung

Salah satu burung merpati lokal Indonesia adalah Merpati Wulung. Disebut burung Wulung karena memiliki motif bulu seperti Elang Wulung, Elang Bondol, atau Elang Laut.

Jadi, kepala hingga dada berwarna putih polos, sedangkan di bawahnya berwarna coklat pirang. Selain itu, Jenis Merpati ini terdapat jambul di bagian belakang kepala.

Cara Merawat Jenis Merpati Hias Yang Benar

Tips Merawat Jenis Merpati Hias. Tujuan memelihara merpati hias dapat dikelompokkan menjadi beberapa pengertian.

Diantaranya adalah memelihara burung merpati sebagai hiasan yang tidak jauh berbeda dengan memelihara burung merpati hias lainnya, misalnya memelihara ayam hutan atau ayam bekisar, dan ada juga pihak yang bertekad memelihara Jenis Merpati hias tertentu untuk percobaan yaitu mendapatkan jenis baru – seperti yang terjadi di luar negeri.

Tujuan yang berbeda ini tentunya akan mendorong pemiliknya untuk membuat sangkar burung yang berbeda. Jika tujuan kita hanya untuk mendapatkan keuntungan, tentunya modal kandang akan ditekan serendah mungkin, karena sebenarnya harga bibit burung cukup mahal.

Keadaan ini tentunya berbeda dengan beternak burung, hanya sebagai bagian dari keindahan pertama halaman rumah, sehingga faktor kandang akan menjadi sesuatu yang berhubungan dengan arsitektur taman. Dengan demikian kandang perlu dibuat sebaik mungkin.

Keadaan ini tentunya akan berbeda dengan upaya membudidayakan Jenis Merpati dengan penelitian atau sasaran lain. Kemudian bentuk kandang tentunya akan diarahkan untuk memenuhi kebutuhan burung.

Kita bisa mengambil langkah-langkah untuk memenuhi kebutuhan burung akan kandang, atau kita bisa memberikan tempat yang sesuai dengan selera kita.

Keadaan kandang dapat memberikan gambaran tentang bentuk-bentuk kandang yang dapat digunakan oleh Jenis Merpati hias, baik dari segi pemeliharaan maupun dari segi penangkaran untuk keperluan tertentu.

Dan ini pun bisa diatur agar tetap memuaskan selera kita sebagai tempat memajang burung-burung yang sengaja kita hadirkan sebagai bagian dari taman.

Tetapi kondisi ideal itu tidak selalu bisa dipenuhi. Bahkan sebuah pojok ruangan, misalnya, dapat dibatasi kabel, asalkan cukup lebar untuk bergerak, sebenarnya dapat digunakan sebagai tempat sepasang merpati hias, dan orang tetap dapat menikmati tingkah laku dan kelakuannya. suara.

Dalam keadaan lain seperti merpati konsumsi, ini mungkin tidak terlalu cocok untuk orang yang berpikiran komersial.

Sehingga masyarakat lebih memilih memiliki kandang yang bisa dipindah-pindahkan dan ditumpuk dimana saja di dalam rumah, karena melalui kandang ini diharapkan akan ada keuntungan dari beternak Jenis Merpati tersebut.

Jenis Merpati

Singkatnya, kita bisa memelihara burung merpati hias ini dengan menyediakan fasilitas sebagai berikut:

Membuat Kandang Sesuai Keperluan Jenis Merpati

Di sini kami menemukan tempat bagi burung untuk tidur, berkembang biak (bertelur dan membesarkan anak), dan tempat untuk bermandikan sinar matahari dan udara segar di udara segar. Tempat terpisah juga harus disediakan untuk anak ayam dan burung muda yang disapih.

Semua itu dilakukan dengan memberi ruang pada burung tanpa ada burung yang dilepaskan dengan bebas.

Dalam keadaan tertentu, karena merpati hias terkadang digunakan sebagai asisten / pemandu burung merpati pos (yang sedang dilombakan) dan untuk itu mereka juga menjalani pelatihan yang ketat seperti Jenis Merpati, maka perlu juga disediakan kandang untuk keperluan tersebut.

Membuat Kandang Sesuai Pertamanan Jenis Merpati

Disini letak dan bentuk kandang disesuaikan dengan keadaan tempat dan selera manusia, untuk disajikan kepada Jenis Merpati nantinya.

Burung yang ditempatkan di ruang kawat beratap, misalnya, bisa diberi kotak sarang untuk bertelur, sekaligus diberi kesempatan untuk mandi.

Membuat Kandang Komersial Jenis Merpati

Buatlah kandang Jenis Merpati dengan memperhitungkan biayanya (semurah mungkin) karena pemeliharaan unggas dilakukan untuk tujuan perdagangan sederhana (terlepas dari kualitas dan bibitnya). Sehingga keuntungan komersial menjadi target pemeliharaan.

Dengan begitu, satu-satunya upaya kami adalah mencoba membuat burung bertelur dan membesarkan anak, yang akan kami jual saat besar nanti.

Baca Juga : Merpati Jacobin , Jenis Merpati Yang Unik Yang Cocok Untuk Hiasan Rumah

Demikian sharing kita mengenai Jenis Merpati yang wajib kita ketahui. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat yang banyak untuk kita semua. Salam hangat dan terima kasih.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *