Jenis Merpati Hias Yang Baik Dan Paling Banyak Diminati Penghobi

Jenis Merpati Hias

Merpati JuaraJenis Merpati Hias merupakan salah satu burung merpati paling banyak diminati, selain merpati kolong dan merpati balap. Hingga saat ini burung merpati masih menjadi salah satu jenis burung terpopuler di Indonesia. Dimana jenis merpati yang tersedia cukup beragam, mulai dari merpati lokal hingga merpati import.

Salah satu jenis merpati yang ada di Indonesia adalah merpati balap yang tersebar di pulau Jawa, Madura dan Lampung.

Sedangkan untuk jenis merpati import sendiri adalah Jenis Merpati Hias. Berikut jenis burung merpati yang populer di Indonesia dan harus Anda ketahui.

Apa Saja Jenis Merpati Hias Paling Dicari Para Penghobi?

Secara garis besar ada 6 Jenis Merpati Hias yang paling diburu para kolektor jenis merpati hias di Indonesia ini. Berikut adalah daftar Jenis Merpati Hias incaran para kolektor merpati hias:

  1. Jenis Merpati Hias Jacobin
  2. Jenis Merpati Hias Barb
  3. Jenis Merpati Hias Homer
  4. Jenis Merpati Hias Modern Racing
  5. Jenis Merpati Hias English Carrier
  6. Jenis Merpati Hias Frillback

Untuk penjelasan mengenai keenam Jenis Merpati Hias diatas silahkan simak ulasannya dibawah ini yaa teman-teman.

Jenis Merpati Hias Jacobin

Jenis Merpati Hias

Jacobin merupakan salah satu Jenis Merpati Hias berasal dari luar negeri yang memiliki keunikan pada kepalanya. Dimana kepalanya dipenuhi dengan bulu-bulu yang hampir menyerupai topi yang dikenakan para pendeta jacobin.

Tidak hanya di bagian kepala, bulu merpati jacobin juga terlihat sangat indah di bagian leher.

Warna bulu yang tersedia untuk burung merpati ini juga cukup beragam, mulai dari merah, hitam, biru, putih, silver dan kuning.

Jenis Merpati Hias Barb

Jenis Merpati Hias

Jenis Merpati Hias Barb juga merupakan jenis merpati hias yang digandrungi oleh para pecinta hewan, dimana merpati tersebut telah mengalami penangkaran selektif selama bertahun-tahun.

Ciri khas yang disuguhkan merpati ini adalah memiliki bulu berwarna hitam dengan area di sekitar lingkar mata yang cenderung lebar, paruh yang unik, dan hidung yang besar.

Meski memiliki tampilan yang kurang menarik, namun peminat burung merpati ini cukup banyak.

Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat merpati hias ini memiliki sejarah, kriteria, dan asal usul yang menarik.

Jenis Merpati Hias Homer

Jenis Merpati Hias

Awalnya, Homer adalah burung liar yang sebelumnya dikenal sebagai Columbia Livia. Nama Homer sendiri mulai disematkan ketika merpati jenis ini berhasil dijinakkan.

Beberapa waktu setelah merpati pos populer, ada beberapa jenis merpati pos yang tidak kalah populernya, antara lain:

  • Pameran homer. Burung jenis ini digunakan sebagai burung pameran, dimana masa perkembangbiakannya dimulai pada tahun 1990.
  • Giant Homer. Berbeda dengan Homer Pameran, Giant Homer dibiakkan untuk konsumsi, dimana burung ini dikembangkan di Amerika Serikat dengan tujuan awal mendapatkan keturunan burung dengan tubuh besar dan mampu menghasilkan keturunan lebih banyak.
  • German Beauty Homer. Burung pameran ini dikembangkan sejak 1907 silam di Jerman. Dimana bentuk burung German Beauty Homer cenderung hampir mirip dengan burung homer racing, namun perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya adalah merpati German Beauty Homer memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping.

Jenis Merpati Hias Modern Racing

Jenis Merpati Hias

Jenis Merpati Hias selanjutnya adalah merpati modern racing. Merpati yang termasuk sebagai merpati balap memiliki kemampuan daya jelajah yang sangat baik jika dibandingkan dengan jenis merpati balap lainnya.

Terlebih lagi, naluri hooming-nya juga cenderung sangat bisa diandalkan.

Bahkan saat ini, merpati hias modern racing masih digunakan untuk berpartisipasi dalam balapan jarak jauh.

Namun, jenis merpati yang satu ini tentunya harus mendapatkan pelatihan secara rutin untuk mengasah kemampuan balapnya yang luar biasa.

Selain balap jarak jauh, kemampuan bagus dari merpati balap modern juga membuat mereka sering dijadikan sebagai merpati tinggi.

Jenis Merpati Hias English Carrier

Jenis Merpati Hias

Mirip dengan merpati pos lainnya, Jenis Merpati Hias English Carrier memiliki bentuk tubuh yang unik dengan hidung yang besar.

Karena memiliki kecepatan terbang yang sangat bagus, maka tidak heran merpati jenis ini disebut-sebut sebagai merpati dunia bawah.

Sebenarnya English Carrier sendiri sudah ada ratusan tahun yang lalu, bahkan cikal bakal perkembangan merpati balap modern.

Bagaimana tidak, merpati balap modern sendiri tercipta dari hasil persilangan antara merpati pos Inggris dengan merpati lainnya.

Jenis Merpati Hias Frillback

Jenis Merpati Hias

Jenis Merpati Hias import ini memang tidak sepopuler merpati hias lainnya. Namun bukan berarti berpenampilan buruk karena merpati frillback ini memiliki bulu yang sangat unik yaitu keriting pada badan dan sayap.

Kecanggungan bulu ternyata mempengaruhi kualitas burung merpati. Semakin keriting bulunya, semakin baik kualitas merpati Frillback ini.

Biasanya warna yang diternakkan untuk merpati jenis ini adalah kemerahan, kebiruan, kekuningan, hitam, putih dan sebagainya.

Dimana harga jual tertinggi biasanya dimiliki oleh merpati frillback dengan warna kemerahan dan kekuningan.

Ada dua jenis merpati frillback, yaitu merpati jambul dan merpati tidak jambul.

Jenis Merpati Hias Termahal

Selain beberapa Jenis Merpati Hias incaran para penghobi merpati hias, ada juga Jenis Merpati Hias termahal yang juga memiliki banyak penggemar di Indonesia. Berikut adalah daftarnya:

  1. Merpati Kipas
  2. Merpati Jabun Melati Kupu
  3. Merpati Gondok Plangkok
  4. Merpati Modena
  5. Merpati Lahore
  6. Merpati Blacknun
  7. Merpati Capucin
  8. Merpati Moven
  9. Merpati Chinezze Owl

Baca Juga : Merpati Kipas Dan Cara Penangkarannya

Itulah pembahsan berbagai Jenis Merpati Hias menjadi incaran dan banyak diminati di Indonesia, serta berbagai contoh Jenis Merpati Hias Termahal di Indonesia. Untuk pembahasan lengkap jenis merpati hias termahal akan saya post ditulisan selanjutnya yaaa. Jangan lupa untuk share tulisan ini kesemua akun sosial media yang kalian miliki. Terima kasih banyak yaa teman-teman semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *