10 Jenis Burung Macaw Terindah Yang Wajib Kamu Ketahui

jenis burung macaw

Merpati JuaraJenis Burung Macaw. Masyarakat kalangan menengah ke atas yang ingin memelihara burung, mungkin sebagian akan memilih Jenis Burung Macaw. Pasalnya, burung beo ini sangat menawan, eksotis, dan mahal harganya.

Bagaimana tidak mahal, satu Jenis Burung Macaw bisa digunakan untuk membeli motor baru atau mobil bekas. Bisa dipastikan kicau mania seperti ini berasal dari kalangan menengah ke atas.

Beli burung sudah mahal, apalagi perawatannya. Jadi, jika Jenis Burung Macaw hanya dikurung dalam sangkar, percuma saja. Anda bisa melatihnya berbicara seperti manusia, berlatih terbang bebas, dan dilatih menjadi burung yang jinak.

Jenis Burung Macaw bukanlah burung dari Indonesia. Habitat alami macaw adalah hutan Amerika Utara (Meksiko), Amerika Tengah dan Selatan. Wilayah Karibia juga merupakan habitat alami macaw Kuba (Ara tricolor) dan macaw Saint Croix (Ara autochthones). Beberapa spesies macaw termasuk dalam spesies yang terancam punah berdasarkan Daftar Merah IUCN.

Jenis Burung Macaw ditemukan di hutan hujan tropis dan sabana (stepa) Amerika Tengah dan Amerika Selatan, terutama di Meksiko, Bolivia, Brasil, Panama, dan Paraguay.

Jenis Burung Macaw memiliki paruh besar yang kokoh, cocok untuk memecahkan kacang atau biji-bijian, sedangkan lidahnya yang kuat dan kering serta permukaannya yang kasar menjadikannya alat yang efektif untuk menggores buah atau biji yang keras.

Burung Macaw juga memiliki jari-jari yang mencengkeram yang digunakan untuk meraih cabang dan untuk mengambil, memegang, dan memeriksa makanan. Ekornya anggun yang biasanya sangat panjang.

Seperti halnya hewan lain, jenis burung macaw juga memiliki risiko gangguan kesehatan. Burung Macaw sangat rentan terhadap kondisi kerusakan rambut yang dapat disebabkan oleh kebiasaan mencabut bulu (disebabkan oleh kebosanan atau kekurangan mineral tertentu).

Penyakit yang sering menyerang jenis burung macaw adalah pembengkakan pada proventrikulus, psittacosis, penyakit bulu, maloklusi paruh dan aspergillosis.

Pada macaw, wajar jika jenis burung macaw mengalami bersin-bersin disertai cairan bening, mengingat macaw perlu membersihkan debu atau bulu dari nares (lubang hidung). Jika bersin terjadi terus menerus disertai cairan keruh, Anda harus berhati-hati dan diperiksakan ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Pemeriksaan kesehatan secara teratur akan membantu menjaga kesehatan macaw Anda sejak usia dini.

Jenis Burung Macaw Paling Indah

Jenis Burung Macaw sebetulnya ada banyak dan beraneka ragam. Namun, ada jenis burung macau tertentu yang paling indah dan terbaik yang harus kalian ketahui. Berikut adalah daftarnya:

  1. Blue and Gold Macaw/ Makaw biru kuning
  2. Greenwing Macaw/ Macau Bersayap Hijau
  3. Hahn’s Macaw/ Macaw Hahn/ Mini-Macaw
  4. Macaw Hyacinth
  5. Macaw Hybrid
  6. Macaw Illiger/ Blue winged macaw
  7. Macaw Militer/ Military Macaw
  8. Scarlet Macaw/ Makaw skarlet
  9. Severe Macaw/ Chestnut-fronted macaw
  10. Yellow Collared Macaw/ Makaw kerah-kuning

Dibawah ini adalah ulasan lengkap mengenai Jenis Burung Macau terbaik dan terindah diatas.

Jenis Burung Macaw – Blue and Gold Macaw/ Makaw biru kuning

jenis burung macaw

Pemula sebaiknya tidak memelihara jenis burung macaw ini. Dia besar, suaranya keras dan bahkan bisa berteriak, dan membutuhkan ketangkasan khusus. Anda harus sabar dan telaten dalam mengeksplorasi kepribadiannya yang ceria, cerdas, ramah, dan bersosialisasi. Jika perawatannya tepat, Anda dan burung ini bahkan bisa memiliki ikatan yang erat.

  • Harga Bibit Macaw Biru dan Emas umur 6 bulan Rp. 5.000.000
  • Macaw Biru dan Emas Dewasa Harga : Rp. 15.000.000

Jenis Burung Macaw – Greenwing Macaw/ Macau Bersayap Hijau

jenis burung macaw

Karakter jenis burung macaw ini sangat manis. Dia bisa memberikan respon yang baik terhadap pelatihan yang Anda berikan. Untuk menjalin ikatan dengannya, Anda harus mencurahkan waktu dan perhatian padanya. Hal ini juga harus dibarengi dengan lingkungan yang mendukung. Dia membutuhkan interaksi sosial, jadi Anda tidak disarankan untuk meninggalkannya atau bersikap acuh tak acuh.

  • Greenwing Macaw anakan Harga : Rp. 14.000.000
  • Harga Greenwing Macaw Dewasa Jinak dan Smart Talk : Rp. 40.000.000

Jenis Burung Macaw – Hahn’s Macaw/ Macaw Hahn/ Mini-Macaw

jenis burung macaw

Ini adalah jenis burung macaw terkecil dan terlucu yang pernah ada. Namun, mereka juga ramah dan cerdas. Saat mengikuti pelatihan, mereka akan cepat merespon dan mudah dekat dengan siapapun yang merawatnya. Bukan tidak mungkin jika Anda melatihnya menjadi burung yang pandai berbicara.

  • Harga Macaw Hahn Dewasa : Rp. 16.000.000

Jenis Burung Macaw – Macaw Hyacinth

jenis burung macaw

Berbeda dengan hahn, jenis burung macaw ini justru disebut-sebut sebagai jenis macaw terbesar. Mereka juga dianggap sangat sulit untuk dirawat. Dibandingkan dengan spesies lain, eceng gondok membutuhkan lebih banyak waktu dan perhatian.

Tidak heran pemiliknya harus memiliki karakter yang sabar dan jiwa yang berbakti. Jika berhasil, mereka bisa berubah menjadi burung yang cantik dan pintar.

Rentang hidup macaw di alam liar hingga 50 tahun. Burung ini juga pernah dijadikan inspirasi film animasi berjudul RIO.

  • Harga burung Macaw Hyacinth dewasa, sebagai salah satu Jenis Burung Macaw termahal adalah : Rp. 50.000.000 – 70.000.000

Jenis Burung Macaw – Macaw Hybrid

jenis burung macaw

Jenis Burung Macaw ini dikembangbiakkan secara ketat, karena diharapkan tumbuh menjadi hewan peliharaan yang cantik dan berkualitas. Oleh karena itu, dibutuhkan pemilik berpengalaman yang sudah mengetahui cara merawat macaw istimewa ini.

Sebagai hasil dari campuran tersebut, burung-burung ini memiliki ciri-ciri kepribadian gabungan dari keturunan yang disilangkan.

  • Harga Satuan Anakan Macaw Hybrid : Rp. 20.000.000 dan Dewasa : Rp. 50.000.000

Jenis Burung Macaw – Macaw Illiger/ Blue winged macaw

jenis burung macaw

Jenis Burung Macaw ini memiliki sifat yang ramah dan dapat menikmati interaksi manusia. Jika Anda mengasuhnya dari kecil hingga besar dengan cinta, Anda akan dengan mudah terikat dengannya.

Mereka pun merespon positif pelatihan yang diberikan. Bahkan, mereka senang jika terus disibukkan atau memiliki banyak aktivitas. Anda harus terus merangsang dia secara mental.

  • Burung Macaw Dewasa Termahal dengan Harga : Rp. 120.000.000 (Seratus Dua Puluh Juta Rupiah) / Pasang.

Jenis Burung Macaw – Macaw Militer/ Military Macaw

jenis burung macaw

Reputasinya sebagai hewan peliharaan yang menyenangkan dan lucu masih dipertahankan. Jenis Burung Macaw ini memiliki jiwa sosial yang tinggi, berisik, memiliki rasa ingin tahu, suka bermain, dan senang berinteraksi dengan manusia.

Mereka juga senang jika manusia yang merawat mereka bisa menghabiskan waktu bersama mereka. Kebersamaan bisa menjadi energi tersendiri bagi macaw militer.

  • Harga / Sepasang Macaw Militer : Rp. 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah)

Jenis Burung Macaw – Scarlet Macaw/ Makaw skarlet

jenis burung macaw

Agar jinak dan berkembang kecerdasannya, burung ini membutuhkan stimulasi dan sosialisasi setiap hari. Anda harus benar-benar penuh perhatian dan memastikan mereka tidak bosan.

Jika bosan, Anda bisa memberikan mainan untuk mengalihkan pikiran. Seperti jenis burung macaw pada umumnya, scarlet juga merupakan hewan peliharaan yang berisik.

  • Harga : Rp. 16.000.000 – Rp. 22.000.000 perekor

Jenis Burung Macaw – Severe Macaw/ Chestnut-fronted macaw

jenis burung macaw

Karakter mereka tidak jauh dari lucu dan ramah. Mereka juga bisa dijadikan teman atau sahabat yang asyik. Tak heran jika banyak pecinta burung menyukai jenis burung macaw ini.

Mereka dapat bersosialisasi dengan baik, membangun hubungan dekat, mudah dilatih, dan berpotensi memiliki keterampilan berbicara untuk mengesankan Anda.

  • Harganya bervariasi tergantung penjualnya, ada yang jual Parah Macaw yang cukup murah yaitu Rp. 11.000.000. Namun ada juga yang menjual anak anjing seharga Rp. 30.000.000

Jenis Burung Macaw – Yellow Collared Macaw/ Makaw kerah-kuning

jenis burung macaw

Jenis Burung Macaw ini dikenal sebagai burung beo kecil yang banyak akal. Mereka penyayang, tapi bisa sedikit nakal. Seperti yang lain, mereka haus akan perhatian.

Anda bahkan harus kebal jika mereka terus mencari perhatian, apa pun yang terjadi. Bisa dibilang, burung cocok dijadikan hewan peliharaan untuk satu orang atau bahkan satu keluarga.

  • Harga burung macaw kerah kuning dewasa : Rp. 20.000.000 perekor.

Tips Perawatan Jenis Burung Macaw Yang Baik Dan Benar

Berikut adalah beberapa tips merawat Jenis Burung Macaw terbaik yang dapat kalian lakukan:

Kandang Jenis Burung Macaw

jenis burung macaw

Pada saat memelihara Jenis Burung Macaw, lebar kandang macaw minimal 1,5 meter. Maka tinggi kandang adalah 2 meter. Ini juga merupakan ukuran kandang minimum untuk macaw besar.

Anda bisa membuat sangkar dari kawat halus atau besi. Di dalam sangkar macaw bisa dilengkapi dengan tangkringan dari lidi yang tidak bergetah.

Karena jika tangkringan terbuat dari kayu bergetah, bisa meracuni burung jika sering mematuknya.

Pada bagian kakinya bisa dirantai, atau bulu-bulu sayapnya dipotong sedikit agar ia tidak terbang jauh.

Dan jika Anda memelihara macaw, sebaiknya Anda memberinya makan dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Anda juga bisa memberikan air minum yang juga dalam keadaan baru setiap kali memberikan makanan.

Kebersihan makanan dan minuman juga penting untuk anda perhatikan dalam menjaga kesehatan burung peliharaan anda.

Makanan Burung Macaw

Untuk memelihara Jenis Burung Macaw, makanan harus diperhatikan. Jenis pakan untuk mereka relatif mudah. Karena macaw suka makan buah dan biji-bijian. Namun sebaiknya tidak diberikan alpukat atau coklat.

Mainan Burung Macaw

Jenis Burung Macaw yang kami pelihara juga terkadang merasa stres. Oleh karena itu, untuk menjaga psikologi dan juga melatih keterampilannya dalam kehidupan sehari-hari, Macaw membutuhkan setidaknya 15 menit untuk kita berlatih dan juga untuk diajak bermain. Ciri-ciri burung Macaw yang mengalami stres dapat diamati dari tingkah laku burung tersebut.

Misalnya susah makan, sering berteriak keras dan bahkan Macaw bisa mencabuti bulunya sendiri. Dan hal seperti ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut dan harus segera ditangani.

Untuk mengatasi jika burung beo yang kita pelihara mengalami stress yaitu dengan memberikan mainan yang bisa digigit.

Anda juga perlu mengajak interaksi, namun sebelum memberikan mainan pastikan terlebih dahulu memberikan mainan yang aman untuk Macaw.

Memandikan Burung Macaw

Tips perawatan Jenis Burung Macaw selanjutnya adalah mandi. Mandi Macaw harus dilakukan minimal seminggu sekali 3 atau 2 hari sekali.

Untuk proses memandikannya cukup mudah, seperti halnya memandikan burung kicau yang disemprotkan pada bagian tubuhnya hanya menggunakan air bersih biasa tanpa campuran apapun (sabun/sampo).

Setelah dirasa bulu macaw basah kuyup, selanjutnya bisa dijemur dengan meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari kemudian dijemur di tempat yang sejuk.

Kesimpulan

Jenis Burung Macaw adalah burung yang eksotis dan indah warna bulunya. Maka rawatlah jenis burung macaw ini dengan perawatan yang terbaik agar kesehatan dan warna bulu jenis burung macaw dapat terjaga dengan baik.

Inilah informasi yang dapat saya sanpaikan mengenai Jenis Burung Macaw. Apakah Anda tertarik untuk memliharanya ? Atau Anda tertarik untuk beternak Jenis Burung Macaw ini ? Mungkin ini bisa menjadi ladang emas bagi Anda..hehe. Terima kasih sudah mnyempatkan membaca tulisan saya, jangan lupa share kesemua akun sosial media Anda semua yaa.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *