9 Jenis Burung Kacer Yang Terbaik Dan Terpopuler

jenis burung kacer

Merpati JuaraJenis Burung Kacer yang juga dikenal dengan nama Magpie Robin merupakan salah satu jenis burung kicau terpopuler di Indonesia. Selain pembudidaya atau penjual burung kacer sendiri semakin ramai.

Jenis burung dari famili Muscicapidae ini juga sering dijadikan ikon utama. Apalagi di setiap arena lomba dan lomba latber di berbagai kota.

Meski banyak menilai berbagai Jenis Burung Kacer di tanah air, misalnya Kacer Poci, Madagaskar, Lokal dan Blorok yang memiliki karakter suara atau harga yang berbeda. Namun, semua jenis burung kacer memiliki sifat yang sama.

Jika berbicara banyak yang mengira bahwa karakter suara kacer, harga dan semua yang dimiliki oleh Jenis Burung Kacer berbeda. Namun, dalam hal tingkah lakunya yang unik, sama saja yang biasa disebut dengan Mbagong. Keunikan ini terlihat sangat menarik.

Pada umumnya semua tergantung dari perawatan dan setting harian burung kacer peliharaan anda. Baik perawatan dalam memandikan, memberi makan, menjemur dan menguasai harus dilakukan dengan cara yang benar.

Oleh karena itu, semua jenis burung kacer yang sering disebut-sebut memiliki karakter mental dan suara yang sangat berbeda, juga akan bisa menjadi burung andalan.

Jenis Burung Kacer Paling Indah

Bagi yang tinggal khususnya di pulau jawa sepertinya hanya mengenal satu jenis burung kacer yaitu burung kacer lokal.

Hal ini wajar karena pulau jawa paling didominasi oleh burung kacer lokal. Maka tak heran, banyak orang menyebut burung Kacer lokal dengan nama burung Kacer Jawa.

Namun, sebenarnya ada kurang lebih lima jenis burung Kacer yang hidup di Indonesia.

Dan jenis burung ini tidak hanya hidup di satu pulau di Indonesia saja, tetapi menyebar ke beberapa pulau lainnya. Selain tersebar di pulau jawa.

Penyebaran burung kacer juga mencapai pulau sumatera, kalimantan, hingga pulau bali.

Burung kacer yang hidup di luar Jawa tentunya memiliki nama yang berbeda satu sama lain. Berikut jenis-jenis burung kacer yang harus anda ketahui.

  1. Jenis Burung Kacer Poci
  2. Jenis Burung Kacer Dada Putih
  3. Jenis Burung Kacer Dada Hitam
  4. Jenis Burung Kacer Jawa
  5. Jenis Burung Kacer Bali
  6. Jenis Burung Kacer Sumatera
  7. Jenis Burung Kacer Kalimantan
  8. Jenis Burung Kacer Madagaskar
  9. Jenis Burung Kacer Blorok

Jenis Burung Kacer Poci

jenis burung kacer

Jenis Burung Kacer poci atau juga sering disebut sekoci merupakan salah satu burung penyanyi dari famili Muscicapidae yang tak kalah menarik.

Burung dengan nama latin Copsychus saularis musicus ini populer sebagai burung aduan yang memiliki suara gacor atau ngeroll yang sangat bagus. Tak hanya kepiawaiannya, burung ini kerap terlihat di berbagai ajang kejuaraan dan lomba latber.

Burung berdada putih seperti gambar burung kacer diatas memiliki karakter yang juga dianggap cocok untuk memaster atau melatih kicau jenis burung lainnya.

Kicau sekoci kacer dinilai lebih memiliki kelebihan dimana kacer dengan warna dada putih dianggap memiliki suara yang lebih kristal. Mungkin ini juga bisa mempengaruhi harga di pasaran.

Tak hanya itu, wilayah paling luas dari jenis kacer ini antara lain Thailand bagian selatan, Semenanjung Malaya hingga Indonesia.

Di negara kita sendiri, jenis burung ini sangat banyak ditemukan di pulau Sumatera, Nias, Belitung, Jawa dan di pulau Kalimantan. Tidak hanya dikenal dengan nama teko kacer atau burung sekoci.

Di berbagai daerah burung agresif ini juga memiliki nama lain, misalnya di daerah Jawa Barat. Burung ini lebih sering disebut Kacer Priangan dan di Kalimantan disebut burung Kacer Bulan.

Ciri Jenis Burung Kacer Poci

Untuk ciri fisik yang bisa anda gunakan untuk mengenali jenis burung kacer poci sangatlah mudah. Untuk bagian dada, kepala, sayap, punggung hingga ekor dengan warna hitam mengkilat.

Di bagian tengah sayap, perut hingga bagian bawah ekor berwarna putih. Paruhnya memiliki warna hitam legam. Kemudian ekornya panjang dan juga sedikit melebar di ujungnya.

Tak hanya itu, hal yang menjadi ciri khasnya adalah tingkah lakunya saat bernyanyi hingga mengangkat ekornya. Jenis burung ini lebih menyukai udara panas dibandingkan dengan jenis lainnya.

Dalam perawatan sehari-hari teko kacer bisa dibilang cukup mudah, sama seperti jenis burung lainnya. Pada pagi hari sekitar pukul 7, penjemuran selama kurang lebih 30 menit.

Setelah itu, siapkan kandang atau baskom di dalam kandang agar bisa digunakan untuk mandi. Setelah proses penjemuran, pastikan setiap pemelihara juga menyediakan makanan bervitamin seperti jangkrik, kroto atau ulat sesuai porsinya.

Maka sebaiknya setiap pengasuh menutup kandang untuk melindunginya dari gigitan nyamuk saat ia tidur. Kerudung juga dipasang agar burung tidak kedinginan.

Jenis Burung Kacer Dada Putih

jenis burung kacer

Cirinya adalah:

  • Jenis Burung Kacer ini memiliki variasi harga yang paling banyak.
  • Memiliki klasifikasi menurut kualitasnya.

Kisaran harganya adalah:

  • Burung kacer putih hasil tangkapan hutan: Rp 450.000.
  • Burung kacer putih (akan memakan voer (jantan)): Rp 550.000.
  • Burung kacer putih (sudah masuk penangkaran): Rp 600.000.
  • Burung kacer putih ngeplong/kicau : Rp 700.000.
  • Burung kacer putih sudah liar (belum pernah ikut lomba): Rp 900.000.
  • Burung kacer putih sudah liar (belum pernah lomba): Rp 1.000.000.

Jenis Burung Kacer Dada Hitam

jenis burung kacer

Cirinya adalah:

  1. Sesuai dengan namanya, jenis burung kacer ini memiliki warna bulu yang didominasi warna hitam. Warna ini meliputi sayap dan perut.
  2. Mudah dikenali karena warnanya yang hitam.
  3. Ini memiliki dua jenis, yaitu kacer hitam berceloteh dan kacer hitam.

Kisaran harganya:

  1. Burung kacer hitam akan menjadi: Rp 500.000.
  2. Burung kacer hitam yang sudah berkicau / berceloteh : Rp 700.000.

Jenis Burung Kacer Jawa

jenis burung kacer

Kacer jawa juga merupakan burung yang menarik dari famili Muscicapidae. Entah itu dari segi kicau gacoyar atau dari tampilannya.

Jenis burung kacer ini juga memiliki daya tarik pada warna hitam yang dimilikinya. Salah satu jenis burung kacer juga memiliki perawakan yang mudah dikenali dari warna bulunya.

Burung kacer jawa didominasi warna hitam. Kacer lokal ini hanya memiliki warna putih pada sayap tengah.

Selain itu, burung kacer yang satu ini juga dikenal pandai menirukan irama kicauan yang dipancarkan dari jenis burung lain.

Kisaran harganya:

  • Burung kacer jawa akan: Rp 500.000.
  • Burung kacer jawa yang sudah jadi : Rp 1.200.000.
  • Burung kacer jawa yang menang lomba : Rp 2.000.000.

Jenis Burung Kacer Bali

jenis burung kacer

Cirinya adalah:

  1. Berasal dari Pulau Dewata, Bali.
  2. Sudah banyak dijual di luar pulau Bali.
  3. Memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan harga di habitat aslinya.

Kisaran harganya:

  1. Burung kacer bali (akan, beli langsung di Bali): Rp 300.000.
  2. Burung kacer bali (sudah jadi, beli di Bali langsung): Rp 500.000.
  3. Burung kacer bali (dibeli di luar Bali): Rp 500.000.
  4. Burung kacer bali (siap pakai, dibeli di luar Bali): Rp 750.000.

Jenis Burung Kacer Sumatera

jenis burung kacer

Cirinya adalah:

  • Ia dikenal karena ketangguhan dan kemampuan beradaptasinya.
  • Tidak boleh sembarangan diperlakukan, karena burung kacer ini bisa merasakan stress yang berujung dengan mental bernyanyi yang juga menurun kualitasnya.
  • Ahli dalam kicau.
  • Memiliki mentalitas yang cukup tangguh.

Kisaran harganya:

  • Burung kacer sumatera (sekali memenangkan sayembara): Rp 1.000.000.
  • Burung kacer sumatera (masa depan): Rp 500.000.

Jenis Burung Kacer Kalimantan

jenis burung kacer

Ada juga kacer Kalimantan yang terbagi dalam ras dan spesies. Mulai dari lomba Copsychus Solaris Musicus, Pluto dan juga Adamsi.

Ras pertama memiliki warna dominan hitam putih yang terdapat pada bagian perut hingga bokong. Untuk ras kedua dan memiliki ciri bulu berwarna hitam pekat dan sedikit berwarna putih.

Jenis Kacer Kalimantan memiliki kemiripan dengan burung Kacer Sumatera.

Namun hanya ada satu perbedaan yaitu dada burung Kacer Kalimantan berwarna hitam, sedangkan burung Kacer Sumatera berwarna putih.

Burung Kacer Kalimantan dilengkapi dengan warna putih untuk bagian perut, bokong, dan ekor bagian bawah. Selain itu, tubuh burung kacer ini didominasi warna hitam legam.

Jenis burung kacer ini tersebar di wilayah Kalimantan Barat, Timur dan Utara. Sebenarnya burung ini tidak hanya ada di Kalimantan saja.

Jenis burung kacer ini sebenarnya bisa ditemukan di hampir semua pulau di tanah air seperti pulau Bali, Nias dan Bangka Belitung. Jadi nama Kalimantan hanyalah sebuah istilah.

  • Harga: Mulai dari Rp 1.000.000.

Jenis Burung Kacer Madagaskar

jenis burung kacer

Untuk burung kacer Madagaskar ini sedikit berbeda, karena burung ini berasal dari benua Afrika. Sekilas, kacer Madagaskar ini mirip dengan jenisnya.

Namun, masih ada beberapa bagian yang berbeda warna bulunya. Burung Kacer Madagaskar sangat mirip jika dibandingkan dengan burung Kacer Sumatera.

Pasalnya, secara keseluruhan warnanya sangat mirip satu sama lain. Namun, burung Kacer Madagaskar agak bulat dan dikenal memiliki suara kristal dengan ekspresi mbagong yang khas.

Ada 3 jenis yang tersebar di seluruh wilayah dunia. Namun, hanya kacer jenis ini yang paling laris di tanah air.

Jenis Burung Kacer Blorok

jenis burung kacer

Mungkin ini adalah burung kacer dengan perawakan paling unik. Kacer Blorok adalah burung hasil perkawinan silang antara kacer jawa dan kacer putih.

Karena bagian tubuhnya memiliki motif hitam putih yang tidak beraturan. Burung ini disebut Blorok karena memiliki motif belang yang unik.

Dan dari segi suara, burung Kacer Blorok sepertinya sudah kalah dengan suara burung Kacer sumatera populer yang bisa menirukan suara jenis burung lainnya.

Tak hanya itu, mentalitas burung Kacer juga sangat berani dan tidak mudah takut jika didekati manusia. Burung kacer blorok juga banyak dicari di pasaran dan selalu menjadi buruan setiap pecinta kacer untuk dipelihara.

Makanan kesukaannya juga tidak berbeda dengan jalak, antara lain jangkrik, kroto, dan ulat.

Apa Saja Ciri Burung Kacer?

Ciri-ciri Mbagong yang dimiliki oleh setiap Jenis Burung Kacer antara lain gerakan-gerakan yang tampak membesar saat merasa takut atau saat mental down saat kalah dalam suatu ajang kompetisi.

Meskipun perilakunya termasuk dalam gambar ketika dia merasa kalah. Namun setidaknya gayanya tidak dimiliki oleh jenis burung kicau lainnya. Jadi bisa dikatakan, Jenis Burung Kacer yang populer tidak hanya memiliki suara kristal atau gacor.

Namun juga disukai karena memiliki ciri khas yang menjadi daya tarik tersendiri. Kemudian tidak sedikit penggemar burung yang menganggap Kacer Mbagong sebenarnya terlihat sangat lucu.

Jenis Burung Kacer yang terdapat di Indonesia sendiri terbagi menjadi beberapa ras atau sub spesies. Para penggemar membedakan mereka dari warna bulu dan daerah asal mereka. Misalnya Kacer Poci atau Sekoci.

Spesies ini kadang juga disebut Kacer Berdada Putih dan Kacer Sumatera. Tidak ada yang salah dengan nama yang disisipkan pada jenis burung tersebut.

Namun yang harus diketahui adalah Jenis Burung Kacer yang terdapat di tanah air sendiri terdiri dari 10 sub-spesies atau ras. Peta yang paling banyak didistribusikan antara lain pulau Bali, pulau Sumatera, pulau Kalimantan dan juga pulau Jawa.

Selain burung kacer ini memiliki tampilan fisik yang terlihat sangat gagah dan juga disertai dengan warna yang jernih, burung ini juga memiliki karakter suara yang unik, merdu, dan suara yang nyaring/keras.

Merawat burung kacer juga membutuhkan kesabaran dan kesabaran. Oleh karena itu, perawatan terbaik harus selalu diberikan, karena jika salah dalam hal perawatan dapat mengakibatkan tidak berhasilnya pemeliharaan Jenis Burung Kacer.

Kesimpulan Jenis Burung Kacer

Jenis Burung Kacer sebetulnya ada banyak dan beragam, namun yang disebutkan diatas adalah yang menurut saya jenis burung kacer yang paling indah.

Jenis Burung Kacer akan tetap prima dan mengeluarkan suara yang nyaring dan berpotensi menjadi juara jika mendapatkan perawatan yang terbaik.

Itulah ulasan mengenai Jenis Burung Kacer yang terbaik dan terpopuler. Semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua. Jangan lupa untuk membagikan postingan ini kesemua akun sosial media Anda. Terima kasih banyak dan semoga harimu menyenangkan,

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *