Jenis Burung Dara Balap Terkeren Harus Kamu Ketahui !!

Jenis Burung Dara Balap

Merpati JuaraJenis Burung Dara Balap yang semakin hari semakin banyak penggemarnya, apalagi jika datang ke musim liburan, maka banyak juga anak-anak yang ikut meramaikannya. Burung yang dulunya digunakan sebagai alat komunikasi kini mulai mendapat banyak perhatian dari banyak orang, khususnya Jenis Burung Dara Balap.

Burung ini bisa terbang dengan kecepatan 65-80 km / jam. Padahal, dalam satu hari merpati ini bisa terbang sangat jauh, yakni sekitar 965 km. Khusus untuk merpati balap, mereka bisa terbang 5 meter di atas permukaan tanah. Sedangkan burung merpati Tinggian bisa terbang setinggi 150 meter di atas permukaan tanah.

Cukup istimewa bukan, dibandingkan jenis burung lainnya. Merpati juga dikenal sebagai pasangan yang sangat penyayang. Orang sering mempraktikkan kedekatan keduanya hingga keduanya terkait.

Berbicara tentang Jenis Burung Dara Balap di Indonesia, berikut adalah beberapa Jenis Burung Dara Balap paling menakjubkan di Indonesia. Nanti kita akan mengelompokkan jenis burung merpati berdasarkan tipenya.

Jenis Burung Dara Balap Berdasarkan Tipe Terbangnya

Ternyata Jenis Burung Dara Balap memiliki tipe terbang yang bermacam-macam. Tipe terbang ini biasanya banyak diminati para penghobi Jenis Burung Dara Balap. Untuk itu simak ulasannya dibawah ini yaa.

1. Jenis Burung Dara Balap Tipe Sayap Penuh

Jenis burung dara balap ini akan terlihat penuh dengan kepakan sayapnya yang bulat, meskipun hampir tertutup sepenuhnya. Hingga saat ini  Dara Balap Full Wing sangat populer dan menjadi incaran para penghobi Dara Balap.

Jenis Burung Dara Balap

2. Jenis Burung Dara Balap Tipe 3/4

Sayap dari Jenis Burung Dara Balap tipe 3/4 tidak tertutup sepenuhnya, hanya 3/4 saja. Burung ini kurang populer dibandingkan burung dara balap sayap penuh.

3. Jenis Burung Dara Balap Tipe 1/2

Burung ini tidak menarik bagi penghobi merpati balap karena terbang setengah jalan. Biasanya Jenis Burung Dara Balap ini saat balapan sering kalah. Mungkin karena kepakan sayapnya hanya setengah terbuka.

Jenis Burung Dara Balap Berdasarkan Tipe Langkahnya

Tipe langkah dari Jenis Burung Dara Balap sangat menentukan burung dara ini akan juara atau tidak, karena tipe langkah ini yang menjadi acuan ketika sang joki akan mengambil tempat yang tepat ketika balapan. Untuk itu simak informasinya berikut ini yaa.

a. Burung Dara Balap Langkah Panjang (Satu-Satu)

Sayap merpati balap ini agak jarang. Dia tidak terbang cepat tetapi memiliki lompatan langkah yang panjang. Gagang merpati balap seperti ini cenderung panjang.

Sayap dan larinya merpati ini juga panjang. Jadi, bisa dipastikan Jenis Burung Dara Balap ini sangat ideal untuk pacuan pacuan merpati jarak jauh 1.000 meter.

b. Burung Dara Balap Langkah Rapat (Rapid)

Jenis Burung Dara balap ini memiliki sayap yang berdetak cepat dan cenderung bertekad untuk menang. Langkah Jenis Burung Dara Balap ini agak pendek tapi ideal untuk perlombaan sebagai Dara Balap atau pacuan cepat jarak pendek, misalnya 500 meter.

Jenis Burung Dara Balap

c. Burung Dara Balap Kombinasi (Hybrid)

Jenis Burung Dara Balap ini bisa dibilang inilah Jenis Burung Dara Balap masa kini dan digemari oleh para penghobi Merpati Balap. Pasalnya, langkah burung ini panjang dan gigih. Gaya sprintnya sangat baik dan menjadi impian bagi penghobi merpati balap.

Jenis Burung Dara Balap Berdasarkan Tipe Jalur Terbangnya

Tipe jalur terbang Jenis Burung Dara Balap pada umumnya ada tiga macam, ada jenis burung dara balap yang suka terbang keatas, terbang kebawah, ataupun kombinasi keduanya. Untuk itu kita cari tahu informasinya berikut ini yaa.

1. Jenis Burung Dara Balap Jalur Atas

Jenis Burung Dara Balap ini akan terbang hingga setengah jarak sebelum mencapai joki. Saat turun, Merpati Balap ini akan menukik tajam dengan lereng yang terjal. Biasanya jenis merpati balap ini diikutsertakan dalam kompetisi jarak jauh.

2. Jenis Burung Dara Balap Jalur Tanggung

Jenis Burung Dara Balap ini ketika dilepaskan, ia akan terbang setengah jalan tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu rendah. Jadi dia terbang setengah dan kemudian membungkuk ke arah joki.

3. Jenis Burung Dara Balap Jalur Bawah

Jenis Burung Dara Balap yang terbang menyusuri lintasan, dia adalah merpati balap dari tipe sprint. Perlombaan merpati balap lebih dekat, sehingga pada saat terbang akan selalu berada di bawah atau terbang rendah.

Jenis Burung Dara Balap

4. Jenis Burung Dara Balap Jalur L (Kombinasi)

Sekali lagi, membicarakan tentang kombinasi Jenis Burung Dara Balap pasti akan sangat digemari oleh para penghobi Merpati Balap. Burung Dara ini bila dilepaskan akan terbang ke atas dan bila sudah mencapai tengah akan terbang rendah dan melakukan sprint, seolah membentuk huruf L.

Jenis Burung Dara Balap Berdasarkan Tipe Masuknya

Jenis Burung Dara Balap yang mempunyai tipe masuk cepat atau menubruk lebih beresiko merpati balap tersebut mengalami cedera, karena dia akan selalu terbang cepat walaupun sudah dekat dengan joki. Untuk itu mari kita lihat ulasannya dibawah ini yaa.

a. Jenis Burung Dara Balap Tembak Keras (Nulup)

Jenis Burung Dara Balap seperti ini, jika sang joki tidak berpengalaman dapat menyebabkan burung tersebut cedera dan juga melukai joki. Pasalnya, Merpati Balap akan menembak keras atau meluncur dengan cepat dan bertekad terbang. Sehingga saat sampai di joki, kecepatannya masih sangat kencang dan tidak berkurang sama sekali.

b. Jenis Burung Dara Balap Tembak Sedang (Rapid)

Cara terbang Jenis Burung Dara Balap ini agak moderat, jadi tidak terlalu cepat. Jadi masih aman buat merpati balap ntersebut atau buat jokinya. Kecepatan saat mendekati joki tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.

Jenis Burung Dara Balap

c. Jenis Burung Dara Balap Tembak Halus

Jenis Burung Dara Balap ini dikatakan tidak menarik bagi penghobi Merpati Balap. Hal ini dikarenakan burung tersebut kurang cepat, kurang intens, lambat, sehingga tidak ada tantangan bagi joki. Saat terbang terlihat begitu mulus sehingga terasa seperti orang berjalan dari satu titik ke titik lainnya.

Baca Juga: Cara Merawat Burung Merpati Balap

Itulah beberapa Jenis Burung Dara Balap berdasarkan tipenya masing-masing. Jika ada saran silahkan bisa tulis dikomentar yaa. Jangan lupa untuk share kesosial media yang kalian punya, supaya banyak orang memperoleh manfaat dari sini. Terima kasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *