Harga Sarang Walet dan 5 Jenisnya

harga sarang walet

Harga Sarang Walet -Hingga saat ini sarang burung walet masih banyak dibudidayakan. Pasalnya, sarang burung walet terkenal sebagai salah satu makanan yang memiliki nilai gizi tinggi. Menurut konsep Chinese food, sarang burung walet atau juga dijuluki makanan dingin ‘Ying’, berfungsi untuk meningkatkan stamina, mengobati berbagai penyakit, hingga mencegah penuaan. Tak heran jika kemudian Harga Sarang Walet menjadi cukup mahal di Indonesia.

Sarang burung walet terbuat dari air liur burung walet dan biasanya dibuat di alam liar seperti di gua atau tebing yang cukup sulit dijangkau oleh manusia.

Namun ada juga beberapa peternak sarang burung walet yang berusaha membudidayakan sarang burung walet di rumah agar lebih mudah untuk dipanen dan diperdagangkan.

Dikutip dari MSN, menurut CEO 7 Star Bird’s Nest & Heavenly Nest, Marliena Suwito, sarang burung walet selain memiliki rasa yang enak, juga kaya akan protein, antioksidan tinggi, kalsium, dan kolagen.

Minuman dari sarang burung walet dikatakan sangat baik untuk menjaga stamina, terutama untuk mempercepat pemulihan setelah operasi, seperti setelah operasi caesar.

Selain itu, minuman dari sarang burung walet ini juga diklaim baik untuk ibu hamil guna menjaga kebersihan bayi dalam kandungan, sehingga kulit bayi menjadi lebih bersih, halus, dan tentunya sehat.

Manfaat lainnya adalah mengandung Glyco Protein yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan membersihkan paru-paru, serta mengandung Growth Factor yang meningkatkan regenerasi sel.

Menurut sumber lain, sebanyak 12 sarang walet seberat 100 gram diyakini mengandung 345 kilo kalori dengan kandungan protein sekitar 85 persen dan kandungan lemak 0,3 persen.

Sarang burung walet juga diketahui mengandung enam mineral penting, seperti kalsium, kalium, zat besi, fosfor, dan natrium. Mineral ini sangat ampuh untuk menunjang kinerja tubuh, sedangkan kalsium bermanfaat untuk menunjang proses pembentukan tulang.

Manfaat lain dari sarang burung walet adalah dapat memperlancar kinerja paru-paru, meredakan batuk, membuat darah lebih bersih, dan memulihkan stamina setelah sakit.

Selain itu, sarang burung walet dapat menyembuhkan penyakit asma, meningkatkan kerja otak dan meningkatkan daya ingat, memperkuat daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan kinerja jantung, serta memperlambat proses penuaan. Tak heran jika Harga Sarang Walet menjadi mahal karena sebanding dengan manfaat dan kegunaanya.

Harga Sarang Walet

harga sarang walet

Dibawah ini adalah Harga Sarang Walet yang dapat kami himpun dari berbagai sumber.

Grade50g100g1kg
Sarang Burung Walet Grade SSSS1,350,0002,600,00025,000,000
Sarang Burung Walet Grade SSS1,300,0002,500,00024,000,000
Sarang Burung Walet Grade SS1,250,0002,400,00023,000,000
Sarang Burung Walet Grade SM1,200,0002,300,00022,000,000
Sarang Burung Walet Grade Sudut1,150,0002,200,00021,000,000
Sarang Burung Walet Grade Hancuran800,0001,500,00014,000,000
Sarang Burung Walet Kuning Grade SM1,200,0002,300,00022,000,000
Sarang Burung Walet Kuning Grade Sudut1,150,0002,200,00021,000,000
Paket Sarang Burung Walet Sudut

Wajib Baca: Harga Sarang Walet Per Kilo yang Paling Baru

Jenis Sarang Burung Walet

harga sarang walet

Setelah mengetahui Harga Sarang Walet, mari kita ketahui berbagai jenis sarang burung walet yaa…

1. Jenis Sarang Walet Putih

Jenis yang paling laris adalah sarang burung walet putih yang dihasilkan oleh jenis burung walet Aerodramus fushipagus. Sarang burung walet jenis ini biasanya dapat ditemukan di gua dan bangunan alam atau biasa disebut dengan rumah walet.

Sarang burung walet putih hampir seluruhnya terdiri dari air liur burung walet, meskipun terkadang ada beberapa bulu halus dari burung walet. Sarang ini sendiri memiliki ciri khas yaitu warnanya putih kekuningan.

Sarang burung walet putih dari gua alam akan memiliki warna yang sedikit suram dan sedikit kotor, sedangkan sarang walet rumahan akan memiliki warna yang lebih cerah dan bersih.

2. Jenis Sarang Walet Hitam

Jenis lainnya adalah sarang burung walet hitam yang dihasilkan oleh jenis burung walet Aerodramus maximus. Walet ini membuat sarangnya dari air liur yang bercampur dengan bulunya, yang digabungkan dan direkatkan dengan air liur dan biasanya menempel di dinding gua.

Sarang burung walet hitam memiliki lebar sekitar 5-7 cm. Burung walet sarang hitam memiliki warna hitam pada bagian dalamnya.

Kualitas sarang burung walet hitam tidak sebagus sarang burung walet putih dan harganya lebih rendah dari sarang burung walet putih. Rendahnya harga sarang burung walet jenis ini karena kandungan air liurnya yang hanya sekitar 60 persen.

3. Sarang Walet Rumput

Selain itu, terdapat pula sarang burung walet yang dihasilkan oleh burung walet jenis Collocalia esculanta, Aerodramusfuciphagus atau maximus.

Sarang burung walet jenis ini biasanya berada di lokasi yang teduh dengan intensitas cahaya yang sedikit, namun tidak di tempat yang terlalu gelap.

Sarang burung walet terbuat dari campuran air liur burung walet dengan bahan lain seperti rumput, daun, bunga, cemara, daun pinus, dan bahan sejenis lainnya.

4. Sarang Walet Lumut Sriti

Sementara itu, jenis burung walet Collocalia vanikorensis membuat sarang lumut sriti. Sarang ini terbuat dari campuran air liur burung walet dan lumut.

Jika kondisi sarang masih cukup baru akan berwarna kehijauan seperti lumut, dan lama kelamaan akan berubah menjadi coklat kehitaman dan mengering.

5. Jenis Sarang Walet Merah

Jenis selanjutnya adalah sarang walet merah yang dihasilkan oleh jenis burung walet Aerodramus fuciphagus. Sarang burung walet dengan warna merah dihasilkan pada musim hujan di lokasi yang memiliki kelembaban sangat tinggi.

Arang walet merah memiliki diameter kurang lebih 9 cm dan berat sekitar 9 gram.

Wajib Baca: 5 Jenis Sarang Burung Walet dan Khasiatnya

Kesimpulan

Harga Sarang Walet dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasar yang terjadi. Jika sarang burung walet sedang susah didapat dan banyak permintaan, maka Harga Sarang Walet menjadi sangat tinggi.

Sekian sharing kita ( Merpati Juara ) hari ini, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk share tulisan ini kesemua akun sosial media yang Anda miliki. Akhir kata kami ucapkan banyak terima kasih dan semoga hari Anda menyenangkan.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *