Harga Merpati Balap Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah Loh, Yuk Cari Tahu Informasinya !!

Harga Merpati Balap

Merpati Juara Harga Merpati Balap bukanlah suatu halangan bagi penghobi burung merpati balap. Karena hobi merpati merupakan suatu kepuasan tersendiri yang tidak ternilai harganya. Maka dari itu orang rela membeli burung merpati balap dengan harga yang terbilang mahal.

Kemampuan terbang tinggi, gaya akrobatik prima, cepat melesat, adalah beberapa ciri burung merpati tinggi. Sedangkan kemampuan terbang yang rendah dan cepat merupakan salah satu ciri khas burung merpati balap.

Meski sama-sama merpati, tak sembarang orang bisa mengetahui seperti apa ciri khas mereka. Dibutuhkan pengalaman dan kemampuan sendiri untuk bisa mengenal dan mengenali ciri-ciri burung merpati, apakah bertubuh tinggi atau sedang balap.

Giyanto, seorang penghobi sekaligus pedagang burung merpati, menuturkan kedua jenis burung merpati tersebut memiliki penggemarnya sendiri-sendiri.

“Yang di Pasar Karimata ada burung merpati tinggi dan burung pacuan. Ada penggemarnya sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, burung merpati tipe tinggi saat ini memiliki lebih banyak tempat bagi penggemar burung merpati. Mengingat, ada begitu banyak kompetisi yang memperebutkan merpati tinggi.

“Kalau saat pandemi ini saya kira enggak ada kompetisi ya cuy. Tapi sebelum pandemi orang Kolongan banyak yang lomba” imbuhnya.

Sebelum pandemi, tambah Giyanto, masih banyak event perlombaan burung merpati yang berdampak besar bagi pengunjung Pasar Karimata. Juga akan ada peluang lebih besar untuk menjual merpati.

“Kalau sekarang sepi Mas. Dulu pandemi sehari bisa jual 4 sampai 5 pasang merpati. Sekarang susah 2. Kadang sehari tidak laku sama sekali,” ujarnya.

Untuk Harga Merpati Balap sendiri, dia menjualnya dengan harga standar. Mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu tergantung tipenya.

“Kalau saya hanya menjualnya di pasaran saja, Mas. Bukan harga merpati ras. Karena tentunya Harga Merpati Balap lapangan lebih mahal,” ucapnya.

Ia mencontohkan, harga burung merpati bagi yang sudah memenangkan perlombaan, harganya bisa sangat mahal. Bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

“Kalau yang menang kompetisi punya gengsi berbeda. Harganya mahal cuy. Bahkan tidak ada standarnya. Bisa ratusan juta. Itu yang kebanyakan orang kelas atas,” ujarnya. .

Saat ditanya apakah ada perlakuan khusus terhadap merpati yang akan mengikuti perlombaan, Giyanto mengungkapkan, merpati sebenarnya merupakan salah satu burung yang mudah dirawat.

“Gampang sebenernya mas, merpati tinggal cukup makan saja, kalau mau ikut lomba mabuk jamu. Sama latihan seminggu dua kali. Untuk merpati high training, kalau merpati adu cepat ya speed training,” ujarnya.

harga merpati balap

Harga Merpati Balap Murahan Tapi Juara

Harga Merpati Balap yang murah bukan berarti tidak bisa menang, jadi jelajahi berbagai karakteristik dan karakternya. Ciri khasnya, merpati balap tidak mudah menyerah meski harus diadu domba dengan burung lain.

Cara memilih merpati balap dengan kualitas terbaik memang cukup membingungkan. Oleh karena itu anda wajib mengetahui ciri-ciri burung merpati balap yang berkualitas untuk selalu memenangkan perlombaan.

Harga Merpati Balap

Kalau asal memilih burung Merpati Balap, Anda akan kecewa di kemudian hari. Pasalnya, burung tersebut jarang juara dan tidak terbang cepat. Bahkan, burung Merpati cuma terbang tanpa arah dan tidak bisa tepat ke sasaran.

Jangan sampai hal tersebut menimpa Anda. Jadi, pilih ciri Merpati Balap yang benar-benar bagus. Sehingga, burung Merpati akan selalu juara di berbagai lomba walaupun dengan Harga Merpati Balap yang murah.

Ciri Merpati Balap Yang Baik Meski Memiliki Harga Merpati Balap Yang Murah

1. Kepala Merpati Balap

Merpati balap berkualitas baik memiliki tengkorak dengan posisi lebih tinggi dari kepala belakang.

Umumnya hal ini dianggap sebagai pertanda bahwa merpati balap lebih pintar dari pada merpati berkepala kecil. Otak merpati besar dianggap lebih baik daripada otak kecil.

2. Hidung Merpati Balap

Jika merpati Anda termasuk Merpati Prambon, ciri hidung yang baik biasanya besar, panjang, dan menempel pada paruh burung.

Ciri-ciri hidung merpati seperti ini tampak samar, garis merah sejajar di seluruh hidung. Selain itu, pangkal hidung bagian bawah merpati harus menonjol ke belakang.

3. Paruh Merpati Balap

Merpati balap yang baik memiliki paruh yang kecil, sedang, atau tidak terlalu panjang. Ya, paruh merpati balap yang baik berukuran kecil, runcing, keras dan agak melengkung. Ini pertanda bahwa merpati pacuan keket atau giring dan semangat untuk mengejar burung merpati betina.

4. Mata Merpati Balap

Mata merpati jernih, pupilnya kecil, dan bentuknya bulat kecil. Mata merpati balap harus dapat melihat betina pada jarak 700-1200 meter.

Harga Merpati Balap

Namun, biasanya burung merpati lebih mengenal dengan burung dara betina pemegang terlebih dahulu. Setelah terlihat, hanya merpati jantan yang akan pergi ke merpati betina.

5. Leher Merpati Balap

Untuk leher merpati balap, jangan terlalu panjang atau terlalu pendek. Jika bisa, pilih ciri merpati balap dengan leher sedang.

Ukuran leher sedang bisa menjaga keseimbangan terbang merpati. Dalam dunia penerbangan, hal ini sering disebut dengan streamline.

6. Bulu Sayap Merpati Balap

Semakin lebar, kencang, dan panjang bulu sayap merpati balap, semakin baik. Biasanya, bulu utama merpati balap terdiri dari 10-11 helai.

7. Tulang Dada Merpati Balap

Untuk terbang cepat, merpati balap harus memiliki tulang dada yang agak melengkung dan lurus. Dengan begitu, bodi Racing Pigeon menjadi fleksibel sehingga bisa mengurangi hambatan udara saat terbang.

8. Tulang Supit Urang Merpati Balap

Burung Merpati Balap jantan selalu terbang menuju Merpati betina. Oleh karena itu, tulang supit urang Merpati jantan harus kuat agar burung semakin percaya diri saat menabrakkan tubuhnya ke Merpati betina.

9. Postur Tubuh Merpati Balap

Perhatikan posturnya, apakah terlihat tegak atau tidak. Pasalnya, merpati balap yang baik selalu tampil tegak dan kuat.

Harga Merpati Balap

Merpati ras harus berukuran sedang dan berbentuk bulat. Selain itu, tubuh Merpati nyaman dan lentur saat dipegang seperti bola karet. Burung ini juga harus berbobot sedang dan tidak terlalu ringan atau berat.

10. Kaki Merpati Balap

Pilih kaki merpati balap yang panjang, kering, dan mbesik. Saat dipegang, kaki merpati balap harus mendorong ke belakang sejajar dengan ekor. Ini pertanda bahwa merpati itu kuat dan cepat saat terbang.

11. Ekor Merpati Balap

Bulu ekor merpati balap yang baik tebal dan kencang serta fleksibel tapi kokoh. Panjang ekornya proporsional dan bila dipegang maka ekor akan turun ke bawah.

12. Perut Merpati Balap

Perut Merpati Balap yang baik selalu kenyang dan kenyal. Jadi, saat disentuh, perut Merpati agak kenyang tapi lentur. Burung seperti ini termasuk merpati balap yang berkualitas dan memiliki mental petarung.

Baca Juga : Burung Dara Balap Yang Lintasi Samudera Pasifik Akan Dibunuh, Inilah Ceritanya

Itulah beberapa ulasan mengenai Harga Merpati Balap dan berbagai ciri merpati balap yang berkualitas juara. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *