9 Merpati Kolong 2020 Yang Menjadi Jawara

Merpati Kolong 2020

Merpati Juara – Kompetisi merpati kolong menjadi semakin populer. Banyak kandang merpati baru bermunculan. Hadiah yang dilombakan tidak tanggung-tanggung yaitu ada yang mencapai total 1 Milyar rupiah. Lalu siapa saja Merpati Kolong 2020 yang menjadi jawara ? Berikut informasinya untuk Anda.

Pesatnya perkembangan hobi burung merpati tinggi di bawahnya tidak lepas dari kerja keras para mania sehingga hobi ini menjadi kegiatan yang menyenangkan, nyaman dan aman. Dimulai dengan patek di tanah yang penuh resiko, kemudian diganti dengan bantalan.

Dengan harapan pada saat merpati menukik ke bawah dan tidak mampu mengerem dan memantul maka resiko kematian dapat diminimalisir dan mungkin hanya bengkak dan dapat segera diobati.

Awal mula munculnya hobo hobo terinspirasi dari hobby merpati bernada tinggi dan balap sarlung. Sebab, kedua hobi itu memiliki seni yang luar biasa.

Jika burung merpati berada dalam kandang yang tinggi, maka pertarungan dianggap sah dan bisa dikatakan kompetisi jika kedua burung merpati terbang tinggi dan berpelukan erat.

“Kalau kondisinya begini, kompetisi dikatakan sah. Ada yang kalah dan ada yang menang,” kata senior mania di bawah Tasikmalaya itu.

Sedangkan hobinya adalah mengadopsi burung merpati sarlung, dimana terdapat joki dan supir. Hanya saja, digodi betina memiliki bulu sayap (tali), sehingga tidak bisa terbang.

Kemudian sang betina dilemparkan ke dalam kotak yang dibatasi saat sang jantan mendekati finis. Jika merpati jantan datang lebih dulu dan memasuki batas kotak, juri memutuskan merpati sebagai pemenang.

Sebaliknya jika keluar dari kotak, maka joki harus menunggu sang jantan masuk ke dalam kotak. Jika lawan sebelumnya tertinggal dan pergi ke batas kotak terlebih dahulu, lawan yang tertinggal menang. Karena itu mendarat lebih dulu.

Dari kedua bentuk hobby merpati tersebut, ada yang beranggapan bahwa hobby merpati dapat ditambahkan dengan nama merpati bawah air yang tinggi.

Untuk melakukan ini, 4 batang bambu dipasang di area finish di mana pembatas tali dipasang. Dengan harapan para pebalap harus turun dari atas dan turun.

Dinamakan merpati bawah laut tinggi karena tebangannya tinggi, dan akhirnya jatuh. Jika pergi ke sisi bawah, merpati itu didiskualifikasi.

Tidak mudah bagi merpati untuk masuk ke dalamnya. Merpati ras harus terbang tinggi dan turun dengan cepat ke arah betina. Selain itu, Anda juga membutuhkan kecepatan terbang dan gaya pasangan lawan. Itulah yang sangat dibutuhkan. Ketika semuanya telah diadopsi, burung merpati tinggi akan turun.

Hanya saja, di masa lalu, tidak ada bearing di finis, melainkan langsung jatuh ke tanah. Ini menciptakan risiko kematian yang tinggi bagi merpati, karena ia berlari menuju joki dan akhirnya memantul.

Kejadian ini memang jarang terjadi, karena burung merpati tahu betul kapan harus masuk ke bawahnya dengan cara mengerem melalui bulu ekornya.

Sedangkan saat ini dengan perkembangan jaman dan perkembangan pemikiran yang matang mengingat harga burung merpati tidak lagi jutaan, melainkan puluhan juta bahkan lebih dari Rp. 100 juta, bantalan telah dinaikkan.

Panitia dan komunitas burung merpati memutuskan bahwa untuk keamanan digunakan patek menggunakan bantalan berukuran kurang lebih 75 cm sampai 1 meter. Di atasnya diberi alas yang empuk (empuk) agar tidak terkena merpati.

“Dengan cara ini, resiko kematian merpati cukup kecil dan mania terpuaskan, dan tidak dihantui kematian merpati saat turun ke betina,” katanya.

Ya, semuanya beresiko. Tapi, jika Anda bisa mengurangi risikonya semaksimal mungkin, kenapa tidak? Oleh karena itu hobby merpati akan lebih nyaman dan dinikmati saat mengikuti pelatihan atau perlombaan.

Tips Melatih Merpati Kolong 2020 Hingga Menjadi Jawara

Cara melatih burung merpati yang berkualitas bukanlah hal yang sederhana dan mudah, dibutuhkan kesabaran dan pengalaman yang baik untuk dapat memenuhi kriteria yang diinginkan.

Selain itu, dibutuhkan juga kesabaran, ketelitian dan ilmu yang cukup untuk memahami karakter burung merpati.
Banyak sekali keluhan dari teman-teman yang menyukai burung merpati yang kesulitan mencetak burungnya agar siap untuk lomba.
Merpati Kolong 2020
Keluhan yang sering disampaikan terkait dengan keakuratan burung merpati dalam masuk barisan yang cenderung labil.
Ini sering terjadi meskipun merpati telah dilatih oleh pelatih atau peruntungan.

Berikut ini beberapa tips melatih merpati kolong 2020 yang perlu kamu coba.

A. Adaptasi Arena

Yang perlu diketahui pemula adalah berhati-hati saat membawa material merpati ke area atau lapangan balapan. Karena sangat mungkin untuk mencapai hasil yang sangat baik saat latihan di sleigh cage akan berubah 180 derajat saat sudah masuk lapangan.

Sebelum turun ke lapangan, akan lebih baik jika kita memberikan waktu kepada merpati untuk mengamati lingkungan kompetisi yang baru agar burung-burung ini menyesuaikan diri.

Saat Anda merasa merpati sudah nyaman dengan lingkungan barunya, mulailah perlahan-lahan dengan mengundangnya bermain dengan betina di sekitar dongdang atau kandang.

Lakukan hal ini berulang kali hingga burung merpati benar-benar merasa nyaman dan tidak takut dengan kondisi sekitarnya.

Langkah selanjutnya, kita bisa mengajak burung merpati untuk bermain naik turun dari tanah ke betina sampai dia benar-benar fokus.

Tahapan ini tidak perlu dipaksakan, bisa dilanjutkan di lain hari jika masih ada tahapan yang belum tercapai dengan baik.

B. Fokus Betina Atau Arena

Cara melatih merpati kelas berikutnya adalah dengan melakukan latihan lob jarak dekat sebagai tahap awal.

Biasanya burung merpati kelas material yang baik tidak akan mengalami masalah yang berarti saat melakukan tahapan ini.

C. Mundur

Cara melatih burung merpati bawah dapat dilakukan dengan menjauhi secara perlahan dan selalu memantau kondisi burung merpati tersebut. Tanda joki bisa mengenali dan biasa memakai adalah kondisi kereta luncur dan gagap.

Apabila kondisi stut dan giring menurun setelah melakukan flight training pada suatu titik, maka jangan langsung menerbangkannya kembali, berikan waktu istirahat sejenak untuk memulihkan kondisinya.

Merpati Kolong 2020

Lakukan langkah-langkah tersebut secara berulang-ulang dan jangan memaksakan kondisi burung yang tidak memungkinkan berlanjut.

Merosotnya kondisi luka bakar merpati dapat dilihat dari sikapnya yang mencolok dengan bertengger atau stres bahkan penyakit dan kematian.

Latihan berlebihan atau latihan yang berlebihan juga dapat menyebabkan kematian pada merpati yang terbakar, jadi jangan memaksa burung untuk berolahraga secara berlebihan.

Jika dirasa latihan yang telah Anda lakukan sudah cukup, maka hentikan latihan tersebut dan lakukan lagi keesokan harinya untuk menjaga stamina bahan merpati.

Dalam melatih merpati ras yang baik, dibutuhkan kesabaran, jangan terburu-buru dan paksakan kemauan anda.

Namun, jangan terlalu lamban dalam menjalankan tahapan tersebut, karena yang dicetak adalah calon atlet bukan sekedar melatih pemandu sorak.

D. Masuk Ke Kolongan

Cara melatih merpati untuk pemilihan yang baik dan biasanya akan mulai belajar turun pada jarak 600 meter atau setengah banyak.

Jika kondisi trek dan kekuatan burung sudah stabil, cobalah menangkapnya dengan pelatih atau booster pada saat itu.

Indikator bahwa merpati telah mencapai keadaan stabil atau berhasil dalam pelatihan ini adalah ketika ia mampu mengimbangi atau bahkan mengungguli pelatih atau bulannya.

Ketika merpati yang telah kita latih berada di dalam ring dan membuat tanda bahwa mereka akan turun dan dapat mendarat dengan sempurna, pertahankan kemampuan itu.

Memelihara atau memelihara kemampuan burung yang baik pada tahap ini dapat dilakukan dengan melatihnya dengan terbang tiga kali secara beriringan dan sekali.

Lakukan ini secara teratur sampai burung merpati mendapatkan tenaga dan jalur yang stabil.

Namun jika burung merpati tersebut masih mengikuti trainer atau untulan dan tidak sesempurna saat turun atau mendarat, maka lakukan hitungan secara terbalik yaitu 3x solo dan 1x bergandengan tangan.

Cara melatih burung merpati ini bisa dilakukan terus menerus hingga mencapai titik awal.

E. Pemberian Jamu Merpati Kolong

Menjaga kekebalan tubuh merupakan salah satu cara melatih merpati kelas. Pemberian suplemen atau jamu kepada burung merpati yang sedang dalam proses pelatihan sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan energi yang terkuras selama pelatihan.

Namun alangkah baiknya jika suplementasi dilakukan saat proses latihan sudah mencapai titik lepas sejauh 200 hingga 300 meter.

Pemberian suplementasi dapat dilakukan dengan tempo 2 kali saat giring, dengan waktu pemberian pada sore hari setelah hari pertama latihan dan lagi pada 2 hari berikutnya.

Inilah, Merpati Kolong 2020 yang Menjadi Jawara

Berikut ini saya sampaikan beberapa merpati kolongan juara nasional berdasrkan data yang saya himpun dari berbagai sumber :

  1. Merpati Garong
  2. Merpati Qiu-Qiu
  3. Merpati Jenderal
  4. Merpati Manchester
  5. Merpati Dori
  6. Merpati Lets Go
  7. Merpati Nokia
  8. Merpati Bola Mas
  9. Merpati Lemon Tea

Baca Juga : Melatih Merpati Kolong Agar Menghasilkan Jutaan Rupiah

Itulah sedikit informasi tentang Merpati Kolong 2020 juara nasional menurut versi saya. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *