Cucak Ijo dan 7 Cara Ampuh Merawatnya

green cucak bird

Merpati JuaraCucak Ijo merupakan burung kicau yang populer di kalangan pecinta burung. Burung Cucak Ijo merupakan burung yang cukup mudah dalam perawatan dan latih untuk mengeluarkan suara gacor.

Dengan perawatan yang tepat, burung Anda dapat mengalahkan kompetisi dan bernyanyi dengan baik.

Namun, ada kalanya burung Cucak Ijo akan mengalami proses mabung atau sulam yang menyulitkan Anda untuk melatih burung tersebut.

Untuk perawatan Cucak Ijo yang sedang mabung sebenarnya gampang-gampang susah, namun kalian perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam merawat Cucak Ijo yang lagi mabung.

Untuk itu kalian tidak perlu khawatir akan hal itu, karena disini saya akan memberikan tips dan trik cara ampuh merawat burung Cucak Ijo. Simak sampai habis yaa….!!

Burung Cucak Ijo

cucak ijo

Untuk mendapatkan Cucak Ijo bermental juara kalian harus tau betul bagaimana cara pemilihan Cucak Ijo yang memiliki mental juara dan petarung tersebut. Sehingga ketika Cucak Ijo dilombakan atau digantang akan maksimal mengeluarkan seluruh isian suara yang dimilikinya. Berikut adala cara memilih Cucak Ijo berkualitas tinggi.

Cara Memilih Cucak Ijo Berkualitas Tinggi

Jika kalian mengincar burung Cucak Ijo yang ingin mengikuti kontes burung kicau, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara memilih burung Cucak Ijo yang baik dan berkualitas tinggi.

Pasalnya, burung Cucak Ijo yang baik tentunya menjadi jaminan suaranya yang gacor, memiliki penampilan fisik yang prima, dan memiliki mental juara.

Ada beberapa ciri burung cucak ijo yang baik dan berkualitas, antara lain:

  1. Pilihlah burung cucak ijo jantan agar bermental juara dan tidak kalah bersaing
  2. Kepala burung cucak hijau besar dan pendek, dengan mata besar menonjol
  3. Paruh burung cucak hijau panjang, besar, tebal dengan paruh dan lidah berwarna hitam pekat
  4. Kondisi bulu burung cucak ijo harus terlihat kering, mengkilat, rapi dan tidak kusam dengan warna hijau cerah dan beberapa corak hitam pekat
  5. Postur tubuh burung cucak ijo harus tegak, panjang, besar, dan proporsional dengan kepala, leher, badan, dan kaki
  6. Bentuk kaki harus kuat dan kokoh bila dicengkeram dengan kuku tampak melengkung dan runcing
  7. Gerakan ekor harus sinkron saat burung cucak ijo berkicau seperti menari saat balapan
  8. Suara burung cucak ijo harus terdengar nyaring dan merdu dengan pernapasan normal tanpa sesak napas
  9. Pastikan bentuk kotoran burung cucak hijau itu tandanya dalam kondisi prima dan sehat.

Namun, jika Cucak Ijo tidak mendapatkan perawatan yang terbaik tentuk semua itu akan sia-sia saja. Pasalnya, burung sehebat apapun jika tidak dirawat dengan sungguh-sungguh maka akan kalah dalam perlombaan kicau burung.

Baca selanjutnya tentang perawatan burung Cucak Ijo dibawah ini yaa..!!!

Cucak Ijo dan Cara Ampuh Merawatnya

cucak ijo

Cucak Ijo banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicau karena penampilannya yang menarik dan memiliki suara yang nyaring dan gacor.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara merawat burung cucak hijau cukup mudah asalkan Anda mengikuti beberapa panduan pada arahan-arahan berikut ini.

1. Cucak Ijo Bahan Dijinakkan

Seperti diketahui, untuk memiliki jenis burung cucak yang hijau dan terlatih, setidaknya Anda perlu merogoh kocek yang tidak sedikit.

Misalnya harga burung cucak ijo Banyuwangi bisa di kisaran Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000 lho. Untuk pilihan yang terjangkau, sebenarnya Anda bisa memilih burung cucak hijau yang umumnya dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Sayangnya, burung cucak hijau yang baru saja ditangkap dari alam liar ini memiliki perilaku giras alias selalu berpindah-pindah dalam sangkar, sehingga perlu dijinakkan.

Cara menjinakkan burung cucak ijo kurang lebih sama seperti saat anda menjinakkan jenis burung lainnya.

Kadal hijau perlu beradaptasi dengan kandang dan lokasi barunya. Ini dilakukan dengan menempatkan kandang burung di lokasi yang tenang tanpa burung lain selama beberapa hari.

Anda juga bisa melakukan cara lapar yaitu dengan memberikan makanan cucak hijau hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Hal ini agar burung menyadari bahwa pemiliknya bukanlah ancaman, melainkan sahabat yang akan selalu memberikan makanan.

Jika burung cucak hijau tenang dan tidak terlalu bersemangat, Anda bisa mengenalkan burung ke lingkungan manusia dengan menempatkan kandang di keramaian.

Pada tahap inilah diharapkan karakter dan mentalitas burung cucak ijo mulai terbentuk, sehingga memudahkan untuk berkicau di kemudian hari.

2. Cucak Ijo Diberi Pakan Berkualitas

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan pakan yang berkualitas. Di alam liar, burung cucak hijau mendapatkan makanannya dari serangga, buah-buahan, dan nektar.

Untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan nutrisi burung cucak hijau peliharaan, ada beberapa jenis pakan yang baik yang perlu diberikan, misalnya:

  1. Voer. Tersedia berbagai merk makanan burung cucak ijo kualitas pabrik yang telah diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan zat lainnya.
  2. Buah segar. Sebaiknya berikan buah-buahan yang banyak mengandung kadar air, seperti pepaya, pisang, apel, pir, dan jeruk.
  3. Serangga. Pakan jenis ini tergolong extra fooding (EF) atau pakan tambahan untuk memenuhi kebutuhan protein, seperti ulat kroto dan hongkong.
  4. Air minum. Selain menggunakan air bersih, Anda juga bisa sesekali memberikan cairan nektar seperti burung cucak hijau di alam bebas. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan larutan air gula dengan perbandingan 1:4.
  5. Vitamin burung. Pemberian vitamin burung cucak hijau untuk meningkatkan stamina dan kesehatan dapat diberikan dalam berbagai kondisi misalnya pada saat proses bertelur atau ingin mengikuti kontes burung kicau.

3. Kandang Cucak Ijo

Cucak ijo tergolong burung kicau berukuran sedang, yaitu memiliki panjang sekitar 17-20 cm.

Memperhatikan ukuran kandang merupakan hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawat burung cucak hijau. Pilih kandang yang memungkinkan mereka bergerak bebas.

Sediakan juga dua tempat bertengger agar mereka bisa hinggap dan tidak mudah stres. Tempatkan tempat makan dan minum pada posisi yang mudah dijangkau.

Jangan lupa juga sediakan tempat mandi di dalam sangkar, agar burung cucak hijau bisa membersihkan dirinya secara mandiri.

4. Taruh Kandang Cucak Ijo Ditempat Terang

Sebaiknya tempatkan kandang di lokasi yang sepi, tenang dan jauh dari keramaian, agar burung Cucak Ijo tidak mudah stress dan mabung.

Hindari juga diganggu oleh hewan lain yang menakut-nakuti burung, seperti anjing, kucing, tikus, atau hewan lain yang berpotensi memangsa mereka.

Pada malam hari, Anda juga bisa menutup kandang dengan krondongan agar burung cucak hijau bisa beristirahat dengan tenang dan menjaga kondisi primanya.

5. Cucak Ijo Dimandikan

Beberapa burung Cucak Ijo akan senang mandi jika diberi wadah khusus di dalam kandangnya. Namun, beberapa dari mereka juga memiliki sifat yang sulit untuk mandi.

Disini kalian perlu rutin memandikan burung cucak ijo menggunakan sprayer atau penyemprot.

Mandikan burung cucak ijo secara rutin, baik pada pagi atau sore hari jika cuaca cerah dan mendukung. Setelah dimandikan, selanjutnya burung dijemur untuk diangin-anginkan agar bulunya cepat kering dan tidak kaku.

6. Kandang Cucak Ijo Dibersihkan Secara Rutin

Selain rutin memandikan, cara merawat burung cucak ijo yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan rutin membersihkan kandang dari sisa-sisa kotoran yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Pindahkan burung terlebih dahulu ke kandang lain untuk pembersihan yang maksimal. Bersihkan sisa kotoran pada kandang yang berkerak dengan bantuan air dan kain.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan wadah makanan, minuman dan mandi agar terhindar dari virus dan bakteri. Jika perlu, gunakan disinfektan untuk memastikan kandang bersih dan steril.

7. Cucak Ijo Dimaster

Untuk memikat kicau burung cucak ijo agar lebih gacor dan merdu, kalian bisa melakukan mastering seperti jenis burung kicau lainnya.

Disini kalian bisa memutar rekaman suara burung cucak ijo, sebaiknya menggunakan suara burung cucak ijo betina, rutin di pagi atau sore hari, sambil dijemur.

Beberapa orang juga menyarankan untuk membersihkan kandang terlebih dahulu sebelum mastering. Hal ini dilakukan agar burung cucak ijo merasa nyaman dan memiliki suara yang nyaring.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Cucak Ijo Sedang Mabung?

cucak ijo

Burung Cucak Ijo akan mabung sekitar 1-2 kali dalam setahun selama 1-4 bulan.

Burung mabung akan terlihat sakit dan lemah karena proses kerontokan dan pertumbuhan bulu yang cukup menyakitkan.

Proses mabung membuat burung tidak mau berkicau dan proses perkembangbiakan menjadi lebih sulit.

Berikut cara mempercepat proses mabung agar performa burung kembali prima.

  1. Pemandian Cucak Ijo. Saat mabung, burung sebaiknya jarang dimandikan. Mandikan burung seminggu sekali menggunakan semprotan halus jarak jauh agar tidak melukai tubuhnya.
  2. Penjemuran Cucak Ijo. Anda tidak perlu menjemur cucak hijau saat sedang mabung. Jika Anda menjemur burung saat sedang mabung, sinar matahari bisa membuat burung sulit jatuh dan membuat bulu cucak hijau keriting. Burung ini baru bisa dijemur setelah bulunya mulai tumbuh selama 15 menit.
  3. Kandang Cucak Ijo. Saat berganti bulu atau mabung, coba tutupi sangkar burung dengan tudung. Buka kap hanya saat memberi makan dan minum. Bersihkan kandang seminggu sekali, namun jika kandang terlalu kotor bisa dibersihkan setiap 3 hari sekali.
  4. Pakan Cucak Ijo. Berikan pakan tambahan berupa ulat kandang, ulat hongkong, dan jangkrik atau makanan panas agar burung cepat selesai mabung. Saat bulu mulai muncul, beri mereka makan dengan jangkrik dan minyak ikan agar bulu mereka terlihat lebih sehat, lebih kuat, dan berkilau.
  5. Jauhkan dari Cucak Ijo Lainnya. Jauhkan mabung dari burung lain agar tidak mudah stres. Jangan memaksa burung untuk bersaing atau bernyanyi karena ini hanya akan membuat mereka menyiksa diri sendiri.

Cucak Ijo dan Kesimpulan

cucak ijo

Cucak Ijo akan terus prima jika diberi perawatan dan pakan yang berkualitas tinggi. Cucak Ijo akan terus memanangkan perlombaan dan kontes ketika sudah dilatih dan diberikan perawatan yang sungguh-sungguh. Untuk itu rawatlah burung Cucak Ijo dengan terbaik dan tetap memperhatikan kesehatan burung Cucak Ijo.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Cucak Ijo. Semoga bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk membagikan semua postingan ini keseluruh akun sosail media yang kalian miliki yaa. Terima kasih dan semoga hari Anda menyenangkan.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *