Cara Merawat Merpati Kolongan Agar Bertenaga, Ini Yang Seharusnya Kamu Lakukan

Cara Merawat Merpati Kolongan

Merpati Juara – Cara Merawat Merpati Kolongan adalah salah satu tips yang paling dicari oleh penggemar Merpati. Juara dalam balapan tidak terjadi begitu saja, tentunya ada upaya dari pemiliknya untuk mempertahankannya dengan perjuangan yang keras.

Perawatan tertentu dimulai dengan merpati kecil dan berlanjut hingga mereka memasuki kompetisi. Kompetisi yang diikuti tidak hanya sekali tapi berkali-kali.

Dara Tinggian merupakan burung merpati yang biasanya berkompetisi dengan melepaskan burung dari jarak tertentu dan finis di tempat yang ditentukan. Jarak dari burung ditentukan dari perlombaan, bisa 1-2 km atau bisa di atas 5 km.

Tempat finishing pun bermacam-macam, saat panitia menyediakan tempat dan ada juga meja atau sangkar. Burung harus mendarat tepat di fasilitas yang disediakan, yang telah disetujui sebelumnya oleh pesaing.

Burung yang diterbangkan adalah burung jantan sedangkan betina untuk pemancing sehingga jantan mendekati lokasi.

Hobi burung merpati tinggi terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pebisnis, karyawan biaya atau orang biasa. Kebanyakan dari mereka adalah hobi merpati sekaligus peternak. Beberapa mendapat untung tinggi dari jual beli merpati. Masing-masing memiliki cara tersendiri dalam merawat Merpati.

Uniknya, keuntungan didapat selain dari menjual burung dan telur tapi juga dari sewa. Penyewaan merpati bisa digunakan untuk kompetisi atau untuk pria. Burung yang disewakan adalah burung merpati yang unggul dalam persaingan.

Umumnya penghobi tidak hanya merawat burung merpati. Peternak tidak hanya memelihara satu jenis merpati, tetapi berbagai jenis merpati seperti merpati pos, merpati tinggi, dan merpati balap.

Khusus untuk Merpati harganya sangat baik bisa diatas Rp. 1 juta bahkan sepasang merpati tinggi dihargai diatas Rp. 5 juta. Merpati sangat dihargai, artinya mereka sudah memiliki prestasi. Untuk berprestasi, dibutuhkan perawatan dan pelatihan yang baik dari merpati muda.

Bagaimana Cara Merawat Merpati Kolongan Agar Bertenaga?

Cara Merawat Merpati Kolongan juara, setiap orang berbeda, itu boleh. Berikut salah satu cara merawat burung merpati berprestasi yang telah kami kutip dari berbagai sumber.

A. Perhatikan Pakan Merpati Kolong

Langkah pertama cara merawat merpati kolong terkait dengan pakan. Untuk pakan, peternak memberikan pakan berupa jagung, beras merah dan kacang hijau.

Jika diminum, biasanya diberi air minum yang dicampur dengan antiseptik neo, hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit dan kutu pada bulu merpati.

Selain makanan dan minuman di atas, suntikan vaksin juga diberikan setiap 3 bulan.

Cara Merawat Merpati Kolong

B. Penjemuran Merpati Kolong

Merpati juga harus dijemur setiap pagi di bawah sinar matahari langsung agar burung tidak mudah terserang penyakit dan menguatkan tulangnya.

Tulang yang kuat sangat dibutuhkan burung merpati yang tinggi mengingat jaraknya yang terpisah saat balapan sangat jauh.

C. Latihan Merpati Kolong

Diklat atau latihan menjadi salah satu syarat Merpati muncul atau tidak. Membesarkan dan melatih merpati membutuhkan kesabaran.

Pelatihan burung harus dimulai dari anak-anak burung sampai mereka mau mengikuti kompetisi.

D. Uji Coba Bertanding Dengan Merpati Lain

Selain itu, Merpati juga rajin melakukan tes dengan burung merpati milik tetangga atau sesama penghobi. Menjelang hari kompetisi Merpati juga semakin sering diuji.

Usai uji coba dengan burung tetangga, Merpati pun mengasah ketajamannya dengan sering mengikuti perlombaan.

E. Pemilihan Jenis Merpati Kolong

Trah merpati juga harus diperhitungkan. Seseorang dalam memilih jenis burung merpati tidak akan muncul meskipun sesulit apapun.

Cara Merawat Merpati Kolong

Burung merpati yang digunakan oleh para kontestan adalah burung merpati biasa, namun burung merpati yang dipilih memiliki ketangkasan terbang yang tinggi sehingga burung tersebut memiliki bakat dan terlatih serta juga sangat jinak.

F. Mandikan Merpati Kolong Sebelum Lomba

Langkah terakhir untuk mempertahankan juara Merpati adalah mempersiapkan diri untuk kompetisi.

Tips ini dari teman-teman yang tidak mau disebut namanya jika ingin bertanding, mandikan sore / malam dengan sampo agar bulunya bersih agar lalat ringan dan bagus. Tetapi jika Anda tidak yakin jangan lakukan itu yaa.

Baca Juga : Wajib Tahu !! Cara Menambah Tenaga Merpati Kolongan Yang Ampuh

Itulah sedikit tips Cara Merawat Merpati Kolong agar bertenaga. Semoga bisa menambah wawasan Anda semuanya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *