Bagaimana Cara Menyilangkan Merpati Kolongan Yang Tepat Dan Terbaik ?

Cara Menyilangkan Merpati Kolongan

Merpati JuaraCara Menyilangkan Merpati Kolongan supaya memperoleh keturunan berkualitas ? Itulah yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini. Jadi baca sampai tuntas yaa.

Merpati merupakan salah satu jenis burung yang cerdas dan pandai, memiliki daya ingat yang kuat, serta memiliki naluri alami yang dapat kembali ke sarang bahkan setelah terbang tinggi dalam jarak yang jauh dan dalam waktu yang lama.

Cara menyilangkan merpati kolongan sangat diminati. Dalam menjalankan burung merpati apapun, baik merpati pos, kolong, merpati balap bahkan merpati hias tentunya ingin menghasilkan keturunan yang baik dan berkualitas.

Langkah-langkahnya cukup mudah dilakukan. Jadi, beginilah cara merpati memiliki anak atau keturunan yang berkualitas.

Bagaimana Cara Menyilangkan Merpati Kolongan Dengan Mudah?

Membesarkan beberapa anak merpati atau keturunan mungkin tidak mendapatkan hasil yang kita inginkan, meskipun mereka tidak memenuhi kriteria.

Ini wajar karena dapat dibangun oleh beberapa faktor. Gen atau warisan dari orang tua menjadi penyebab utamanya. Metode produksi sapi dara kolong ini tidak akan seragam.

Padahal, meski berasal dari ras unggulan, tidak selalu menghasilkan anakan juara dan berkualitas. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika faktor orang tua adalah yang terpenting.

Jika gen yang dibawanya cocok, tentunya akan menghasilkan anakan dengan kualitas terbaik. Padahal, jika gen tidak memiliki kecocokan maka hasilnya akan berbeda.

Ada pula anakan yang dicabut tidak seragam, artinya dari semua anakan yang keluar ada yang bagus dan ada yang tidak. Beberapa bahkan tidak digunakan.

Salah satu metode yang digunakan adalah metode pemuliaan genetik.

Cara ini merupakan cara untuk memperkaya gen induk agar keturunan yang dihasilkan seragam dan memiliki ciri yang sama dengan induknya.

Cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 3-5 tahun. Kali ini hanya digunakan untuk mendapatkan satu jenis betina super. Sekarang ada trik untuk mempercepat timeframe.

Cara Menyilangkan Merpati Kolong

Berikut beberapa cara untuk mempersingkat waktu tersebut.

A. Cross Breed (Menyilangkan Merpati Kolongan)

Melalui perkawinan silang adalah metode perkawinan merpati yang tidak satu darah atau hubungan darah yang sangat jauh. Ini merupakan langkah awal dalam menentukan kualitas induk.

Misalnya burung A (jantan) dan burung B (betina 1) serta kakak B berinisial Bb (betina 2). Kemudian pilihlah yang menurut Anda berkualitas dan berkarakter.

Ini adalah cara terpendek untuk menghasilkan merpati yang berkualitas. Tetapi biasanya, hasil anakan lebih cenderung tidak seragam.

B. Metode Inbreed

Metode kawin silang merupakan metode perkawinan sedarah antar burung merpati yang memiliki hubungan darah yang sangat erat. Misalnya ibu dan anak, serta anak dengan bapak, atau anak dengan anak.

Cara Menyilangkan Merpati Kolong

Langkah kedua adalah menikahkan orang tua A + B1 (laki-laki) dengan B (perempuan). Pada tahap ini umumnya burung belum memiliki daya tahan yang baik. Rata-rata orang rentan terhadap rasa sakit dan kurang bertenaga saat dimainkan.

C. Metode Line Breed

Cara Line Breed adalah dengan mengembangbiakkan merpati yang tidak terlalu jauh atau dekat. Misalnya anak dengan kakek, paman, keponakan.

D. Metode Crossbreed 2

Jika sudah mendapatkan hasil dari metode line breeding, Anda bisa langsung kawin silang dengan merpati yang tidak memiliki darah.

Cara Singkat Melatih Merpati Kolongan Supaya Bisa Menjadi Juara

  • Sebagai permulaan, Anda bisa menerbangkan burung merpati sendirian pada jarak dekat sekitar 300 meter. Dan sesekali Anda juga bisa menumpang atau terbang bersama merpati tinggi, dan merpati dataran rendah bisa terbang tinggi.
  • Dan untuk lebih mengasah kemampuan mengingat burung merpati, burung ini bisa diterbangkan sendiri dari jarak kurang lebih 1 km.
  • Setelah itu, latih kembali burung dari jarak yang cukup dekat dan terbangkan dengan tinggi merpati, kelompok merpati dataran rendah dapat bertingkat tinggi.
  • Selanjutnya buatlah tinggi sobat 9 atau 10 meter karena tinggi sobat dalam perlombaan kurang dari 8 meter, sehingga jika merpati anda sudah terbiasa terbang dengan ketinggian 9 sampai 10 meter, maka burung anda pasti akan bisa terbang. berpartisipasi dalam perlombaan.

Baca Juga : Cara Merawat Merpati Kolong Agar Bertenaga

Itulah Cara Menyilangkan Merpati Kolong agar mendapatkan keturunan yang berkualitas juara. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *