Cara Menambah Tenaga Merpati Kolong

Cara Menambah Tenaga Merpati Kolong

Merpati Juara – Burung merpati kolong atau yang kita kenal dengan sebutan burung dara kolong ini juga merupakan burung yang mempunyai nilai jual yang fantastis, karena ada burung dara yang jawara lomba bisa seharga 1 unit mobil mewah loh. Lalu bagaimana Cara Menambah Tenaga Merpati Kolong supaya bisa menjadi juara ? berikut informasinya untuk Anda.

Dalam perlombaan burung merpati atau pacuan merpati, yang diperebutkan bukanlah suara seperti nyanyian burung melainkan kecepatan terbang dan ketepatan terbang.

Ada 2 jenis lomba merpati yaitu Lomba Merpati yang biasanya akan dipertandingkan dengan burung merpati lain yang berjarak sekitar 50 meter dari awal sampai akhir.

Dan yang kedua adalah perlombaan merpati bawah dimana sistem perlombaan untuk merpati akan dilepas dengan jarak 1 hingga 2 kilo dan harus diselesaikan di ruang yang disediakan untuk perlombaan.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kekuatan burung merpati bawah air agar bisa menang dan memiliki nilai jual yang tinggi?

Sebenarnya ada 2 cara untuk meningkatkan kekuatan merpati yang menyamar menjadi juara, yang pertama melatih nafas agar terjaga dan yang kedua melatih stamina saat bertanding.

A. Melatih Napas Burung Merpati Supaya Tetap Terjaga

Dalam perlombaan burung merpati kita harus mengutamakan stamina dan nafas yang panjang karena ras merpati ini sangat jauh dan memiliki jarak yang sangat jauh. Ada banyak cara untuk melatih burung merpati / merpati tersebut dan dibawah ini adalah tips yang bisa anda ikuti agar merpati anda menjadi juara dalam perlombaan.

Jika seekor merpati memiliki napas pendek dan kurang stamina, paruhnya akan cepat terbuka untuk menghirup lebih banyak udara. Di bawah ini adalah 5 cara agar kita dapat meningkatkan stamina burung merpati / merpati.

1. Lakukan penjemuran burung merpati

Untuk proses penjemuran ini agar burung merpati memiliki nafas yang lebih panjang dan juga menambah nafsu makannya. Dan penjemuran ini tidak boleh terlalu lama karena kurang baik jika terlambat terkena sinar matahari, penjemuran dilakukan dengan baik pada pukul 08.00 sampai 09.00 WIB.

Cara Menambah Tenaga Merpati Kolong

Pengeringan merpati sangat dianjurkan setiap hari karena sinar matahari sangat bermanfaat bagi kesehatan merpati karena sinar matahari banyak mengandung Vitamin D. Ingatlah menjemur pada pagi hari dan jangan pada siang hari, karena sinar matahari tidak baik untuk hewan tersebut.

2. Lakukan pelatihan fisik merpati

Bagaimana melatih merpati Anda, Anda bisa menerbangkan merpati Anda. Namun dalam proses ini anda harus melatihnya secara bertahap, misalnya pada minggu pertama anda melatih fisik merpati anda dalam jarak 20 meter dan minggu kedua kelipatannya adalah 40-50 meter dan minggu berikutnya anda menambahkan 10 meter dan dilanjutkan selama 6 minggu.

Nah, jika Anda sudah mencapai usia 6 minggu dan sedang berusaha melakukan lebih banyak latihan fisik dengan menjaga jarak, proses ini sangat disarankan bagi burung merpati yang akan mengikuti perlombaan.

Setelah melatih merpati / merpati secara fisik, saya sarankan untuk mengistirahatkan merpati karena istirahat sangat penting.

3. Berikan ramuan jamu untuk merpati

Untuk membuat Super Jamu untuk burung merpati bisa anda buat sendiri di rumah atau bisa anda beli di toko. Dan buat kamu yang ingin membuat ramuan khusus merpati juara, berikut bahan dan penjelasan cara membuatnya.

Cara Menambah Tenaga Merpati Kolong

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Sarang burung walet jika tersedia
  • Akar rumput teki
  • Kencur halus
  • Temu Kunci, sedikit saja
  • Kunyit bubuk
  • Madu alami dari alam 8 sendok makan
  • Kuning telur ayam
Cara Membuatnya :
  • Pecahkan telur ayam kampung dan tinggal ambil kuning telurnya lalu campurkan ke dalam madu yang sudah kamu sediakan tadi.
  • Temu Kunci, akar rumput kacang-kacangan, kunyit, sarang walet dicampur dan ditumbuk hingga halus terlebih dahulu.
  • Kemudian bahan pertama dan kedua diaduk menjadi Jamu Super Merpati.
  • Setelah memberikannya kepada merpati Anda, biarkan burung Anda beristirahat.

4. Membersihkan kandang merpati

Burung merpati yang memiliki nafas yang baik juga harus menjaga kebersihan lingkungan agar udara yang dihirup burung anda selalu segar setiap hari. Untuk proses pembersihan kandang, saya anjurkan untuk membersihkannya setiap 3 hari sekali dan harus konsisten.

Untuk membuat sangkar burung lebih bersih, saya anjurkan membeli obat cair untuk membunuh bakteri yang ada di dalam sangkar dan menyemprotnya sebulan sekali.

5. Latihan ditempat yang sejuk

Kenapa saya pesan di lingkungan yang sejuk, karena lingkungan yang sejuk membuat burung tenang. Jika Anda melatihnya di tempat di mana Anda takut merpati akan stres dan tidak mau makan.

B. Melatih Merpati Diarena Perlombaan

Kualitas burung merpati atau juara lomba tidak dapat menjamin menjadi juara dalam pertandingan di bawah merpati, tanpa pelatihan dan perawatan khusus. disini kami akan memberikan informasi tentang bagaimana cara melatih burung merpati untuk bertanding.

  • Biarkan merpati adaptasi menunggu 5-15 menit ketika mereka baru saja tiba di tempat tujuan untuk mengetahui tempat dan situasi pemain (gaco) di arena perang.
  • Mainkan pemain (gaco) naik turun di sekitar kandang untuk pemanasan untuk menghangatkan otot.
  • Lob jarak dekat sekitar 3-10 M depan meja (patek)
  • Sebelum menambah jarak terbang, perhatikan apakah pemain (gaco) masih mentok atau tidak. Jika Anda masih terjebak, biarkan menunggu sampai Anda tidak melakukannya.
  • Ulangi lobus
  • Keper (tepuk) gawang betina agar sang jantan mengetahui jalannya pertempuran sehingga pemain (gaco) salah arah.
  • Usahakan untuk melatih jam 10-12 pagi saja.

Baca Juga : Kolongan Merpati Atau Lapak Merpati Terbaik Di Indonesia

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara menambah tenaga merpati kolong. Semoga bermanfaat untuk kita pecinta merpati kolong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *