Cara Memulihkan Tenaga Merpati Yang Baik Dan Benar

Cara Memulihkan Tenaga Merpati

Merpati Juara – Cara Memulihkan Tenaga Merpati . Apa yang mengalami penurunan performa adalah hal yang wajib diketahui oleh para penggemar burung merpati. Beberapa di antara Anda pasti pernah mengalaminya saat unggas rusak atau kinerjanya tidak maksimal (menurun) karena beberapa hal, misalnya burung sakit (tidak sehat) atau terserang virus dan lain sebagainya.

Pasti yang belum tau tipsnya akan bingung untuk menghadapinya, maka sekarang saya akan share bagaimana Cara Memulihkan Tenaga Merpati sesuai pengalaman saya.
Sebenarnya hal tersebut merupakan hal yang wajar, karena burung merupakan makhluk hidup dan membutuhkan perawatan yang ekstra.

Layaknya manusia, suatu saat lingkungan manusia bekerja terus menerus dan akan terasa lelah serta dapat berhenti, oleh karena itu penanggulangannya harus dilakukan dengan beberapa cara dan beberapa tips agar burung tidak berhenti total.

cara memulihkan tenaga merpati

Apa Penyebab Burung Merpati Kehilangan Tenaga ?

  • Latihan terus menerus tidak memperhatikan kondisi burung seolah-olah burung itu seperti robot. Jangan sampai karena kita antusias tidak memperhatikan kondisi burung merpati kita.
  • Makanan yang tidak sesuai setelah performanya di porsil (gojlog) tidak sesuai, fatal, jika performanya bagus, bagaimana makanannya tidak sesuai, jelas performanya merpati turun drastis. Untuk makanan harus selalu dijaga kebersihannya agar tidak mudah terserang penyakit bila bisa memberikan jagung madura ditambah sedikit beras merah oplos.
  • Kekurangan vitamin juga bisa membuat performa burung, burung juga membutuhkan vitamin agar fisik terjaga, bahkan banyak penghobi burung merpati memberikan jamu untuk merpati nya.
  • Kurangnya perawatan ini juga bisa menyebabkan burung cepat sakit. salah satunya dalam hal perawatan burung atau sangkar yang baik.
  • Faktor Umur Jika kita tidak bisa menyangkal yang satu ini, biasanya umur bertarung merpati adalah sekitar 2-3 tahun. Setelah itu pasti kinerjanya akan menurun tetapi kemungkinan masih akan stabil.

Cara Memulihkan Tenaga Merpati Yang Sederhana Yang Dapat Kamu Lakukan

Satu satu Cara Memulihkan Tenaga Merpati yang mudah yang dapat kalian lakukan agar burung merpatinya bisa mengembalikan adalah burung diistirahatkan terlebih dahulu dan diberikan beberapa vitamin agar kondisinya lebih cepat membaik.

Biasanya kurang lebih waktu satu bulan dan bisa diberikan vitamin B komplek dan juga minyak ikan, serta jemurlah merpati setiap pagi.

Setelah itu kalian dapat melatih kembali burung merpatinya agar bisa bersaing dengan burung merpati lainya.

Cara Memulihkan Tenaga Merpati

Cara Memulihkan Tenaga Merpati Menggunakan Ramuan Jamu Tradisional

Untuk menjaga stamina burung merpati salah satunya dengan memberikan suplemen dengan ukuran dan takaran yang pas.

Dalam memberikan kecepatan suplementasi, merpati tidak dapat meningkatkan kecepatan terbangnya, hanya meningkatkan staminanya.

Pemberian nutrisi dan vitamin secara teratur serta ukurannya sangat mempengaruhi stamina merpati.

Berikut beberapa ramuan tradisional yang dapat digunakan oleh penggemar burung merpati yaitu jamu tradisional, berikut ramuan dan cara memakainya.

Bahan-bahan yang digunakan:

  • Telor bebek
  • Madu
  • Temulawak/Koneng gede
  • kunyit
  • Teki
  • Jahe
  • kopi

Cara membuatnya adalah :

Semua bahan dicampur, diaduk dan diuleni hingga halus, kemudian jagung digulung kemudian dijemur hingga benar-benar kering selama kurang lebih 3 hari (agar tidak berjamur). Setelah kering masukkan toples dan beri gel silikon (untuk antijamur).

Kemudian berikan kepada merpati yang kurang bertenaga minimal 2 kali sehari, sangkar burung dapat memperoleh kembali kekuatannya dan dapat berpartisipasi dalam perlombaan.

Cara Memulihkan Tenaga Merpati Dengan Cara Lain

Jika merpati kita sudah terlanjur rusak atau berkurang, ada dua cara untuk memulihkan kondisi merpati yang menurun atau rusak. Berikut di bawah ini caranya:

A. Merpati Istirahatkan Total

Istirahat penuh pada merpati dan tidak memberi jodoh atau pasangan. Waktu istirahat biasanya satu bulan untuk hasil yang bagus. Berikan tambahan suplemen B kompleks, minyak ikan, dan probiotik.

Cara Memulihkan Tenaga Merpati

Pada merpati istirahat, keringkan dan jemur di bawah sinar matahari setiap pagi dan kurung sesudahnya. Biarkan sampai merpati mulai brancah dan haus akan betina.

B. Merpati Istirahat Dan Meloloh Anakan

Meloloh anakan adalah hal yang alami dilakukan oleh merpati. Agar merpati dewasa, biasanya perlu meloloh anakan, biasanya merpati yang rusak juga akan kembali normal setelah meloloh anakan ditambah istirahat total.

Waktunya memang cukup lama karena dua tahap. Pertama di suruh meloloh, dan kedua mengistirahatkanya, tetapi biasanya hasilnya bagus.

Meloloh bisa sampai total atau sampai anakan usia 1-2 minggu saja. Setelah meloloh lanjut pisahkan agar sendiri selama satu bulan, setelah istirahat dan badan mulai enak bisa di jodohkan kembali dengan merpati betina yang disukainya.

Baca Juga : Bagaimanakah Cara Menyilangkan Merpati Kolong Yang Tepat Dan Terbaik ?

Itulah di atas adalah beberapa ulasan mengenai penyebab dan Cara Memulihkan Tenaga Merpati yang kondisinya semakin menurun, setiap merpati mempunyai ciri khas yang berbeda-beda. Semoga kinerja atau performa merpati Anda semua bisa kembali normal dan bisa juara. “Berikan yang terbaik untuk merpati Anda maka merpatipun akan memberikan yang terbaik buat Anda”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *