Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat

Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat

Merpati Juara – Bagaimana Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat ? Mungkin itulah pertanyaan yang sering muncul dari para penghobi pemula merpati balap. Berikut ini saya sampaikan beberapa cara membuat merpati balap terbang cepat dan bisa menjuarai berbagai lomba. Simak terus yaa.

Burung merpati ini merupakan salah satu spesies burung yang memiliki nama ilmiah Columbidae. Burung merpati ini juga disebut oleh masyarakat sebagai burung merpati.

Kecepatan terbang burung relatif tinggi dan cepat. Oleh karena itu, banyak orang yang memelihara agar dapat bersaing dalam perlombaan burung.

Saya akan membagikan tips dan Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat  karena cara ini sangat berhubungan dengan cara memilih merpati balap . Cara yang saya berikan bisa anda lakukan dari awal anda berkembang biak, walaupun anda belum memiliki pengalaman dalam melatih merpati balap. Apakah Anda siap menjadi juara? Tentu Anda harus siap, bukan?

Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat Yang Terbaik

Berikut beberapa Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat yang bisa langsung Anda praktikkan.

A. Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat Dengan Latihan Jarak Dekat

Di hari pertama kamu bisa membimbingnya dengan target terbang pada jarak sekitar 20-30 meter, latihan terbang dari jarak terdekat dulu.

Anda dapat mengajari merpati untuk melompat-lompat dari kandang atau naik turun betina. Latihan ini bertujuan agar merpati terbiasa dengan tangan manusia.

Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat

Karena kebanyakan merpati takut pada manusia, terutama merpati balap anakan yang bermain untuk pertama kalinya.

Anda dapat melakukan latihan ini dua puluh hingga tiga puluh kali, lalu Anda dapat mengistirahatkan burung.

B. Jangan Mengandeng Merpati Muda

Jika merpati Anda memiliki anak merpati yang masih belum mapan secara mental dan memiliki kemampuan terbang, dilarang keras untuk menggandeng dengan burung lain.
Karena burung akan terbiasa mengikuti di belakang burung lain sehingga tidak bisa mandiri. Gandengkan dengan burung seumuran.

C. Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat Dengan Latihan Terbang

Latihan pada burung merpati berikutnya yang dapat kamu lakukan pada burung merpati balapmu adalah latihan terbang.
Kalian dapat melatih burung merpati berulang kali, kurang lebih sepuluh sampai lima belas kali. Kemudian dilanjutkan keesokan harinya.

D. Memberikan Makanan Khusus Dan Pemberian Vitamin

Memberikan pakan khusus dapat meningkatkan kecepatan burung merpati balap yang kamu miliki, dan menambah stamina yang ia miliki. Untuk makanan bisa kamu berikan antar lain biji – bijian seperti jagung, kacang hijau, kacang tanah, dll.

Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat

Anda juga bisa memberi suplemen (vitamin) dan memberikan semprotan pada kaki agar kecepatannya semakin bertambah.

E. Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat Dengan Menjemur Merpati

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari burung, sehingga dapat terbang dengan kecepatan yang sempurna.

Lakukan perawatan dengan menjemur merpati balap setiap hari di bawah terik matahari yang tidak terlalu terik.

Pengeringan akan meningkatkan daya tahan tubuh merpati balap anda, sehingga akan tetap segar saat bertanding ataupun saat beraktivitas dalam kesehariannya.

F. Memberi Ramuan Kunyit Untuk Vitalitas Merpati Balap

Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat

Banyak orang memberikan obat-obatan tradisional seperti kunyit kepada burung merpati, dengan tujuan untuk menjaga vitalitas burung merpati pacuan agar dapat menjaga energinya, sebagai pelepas penat, dan menambah nafsu makan burung.
Untuk membuat obat tradisional ini cukup mudah dengan cara memotong kecil-kecil, mencampurkan madu, dan telur kemudian disangrai (sangan) dan dilolohkan. Obat ini bisa digunakan untuk merpati jantan dan betina.

Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat Bagi Pemula

Berikut ini adalah cara membuat merpati balap terbang cepat untuk pemula yang wajib dilakukan :

  • Setelah tanda-tanda pertama giring muncul, Merpati Balap jantan dilepaskan dari kandang dan dibiarkan berkeliaran di sekitar kandang Merpati betina.
  • Merpati jantan sebaiknya dilepaskan pada pukul 09.00-11.00 karena matahari masih hangat. Oh ya, cuaca hangat bisa mempercepat proses giring keket di merpati.
  • Untuk cemburu, merpati betina didekatkan dengan merpati jantan lainnya.
  • Untuk membuat merpati jantan lebih bernafsu, kepakkan sayap merpati betina berulang kali. Anda bisa melakukannya selama 5 hari dengan frekuensi 4 kali sehari. Selain mengepakkan sayap, Anda juga bisa melebarkan sayap merpati betina dan mendekatkan ketiak betina ke kepala merpati jantan.
  • Jika merpati jantan sudah mulai suka mendekati merpati betina, maka pindahkan merpati betina ke lokasi lain agar merpati jantan mengejarnya.
  • Jika giring tidak kencang, maka masukkan merpati betina ke dalam kandang pelepas bertingkat. Merpati betina ditempatkan di bagian bawah, sedangkan jantan lainnya ditempatkan di kandang bagian atas. Biarkan seperti ini sampai Merpati jantan dengan agresif mendekati Merpati betina.
  • Jika birahi sudah memuncak dan terjalin ikatan yang erat, maka coba pisahkan merpati betina dan jantan dengan jarak 10 meter. Terus tingkatkan jarak dalam kelipatan 10 meter sebagai latihan.
  • Seiring waktu, hubungan cinta pasangan Merpati Anda akan semakin dekat. Begitu dilepas, merpati jantan bisa langsung mendekati merpati betina. Jika sudah begini, mulailah mengubah lokasi ke tempat yang lebih luas, seperti persawahan atau ladang. Intinya cari lokasi yang luas yang tidak ada pepohonan agar Merpati Balap bisa terbang rendah dan melesat cepat ke arah Merpati betina.
  • Jika memungkinkan, pilihlah lahan dengan tanaman yang rata seperti padi agar Merpati Balap bisa terbang rendah. Jika ladang tidak ditanami, biasanya merpati akan terbang naik turun secara bergelombang, mengurangi kecepatannya.
  • Saat latihan merpati balap di area yang luas seperti persawahan dan ladang sebaiknya dilakukan pada pukul 08.00-09.00 (merpati merpati) sedangkan merpati dewasa berlatih antara pukul 15.00-17.00
  • Untuk melatih Merpati Balap agar terbang cepat, biasakan untuk terbang rendah. Caranya, joki Merpati harus sering melakukan teknik keplek dalam posisi jongkok.
  • Cara memegang Merpati harus benar. Meski sepele, hal ini bisa mempengaruhi kecepatan dan arah terbang Merpati Balap. Selain itu, cara menangkap Merpati juga harus benar agar tidak didiskualifikasi saat bertanding.
  • Merpati Balap harus menemukan pasangan terbang yang seimbang. Karena, jika Anda terbang sendirian, Merpati Balap tidak bisa mengeluarkan performanya secara maksimal. Jika ada musuh, Merpati Balap akan terpancing untuk terbang lebih cepat dan terbang lebih cepat.
  • Merpati Balap harus memiliki julukan agar saat dipanggil saat latihan, Merpati bisa langsung mendekatinya.
  • Jangan lupa untuk mengenakan pakaian atau seragam yang sama selama latihan atau kompetisi. Tujuannya untuk memudahkan Merpati Balap mengenali lokasi pasangannya. Oleh karena itu, tim atau joki harus menggunakan seragam yang sama dan tidak mengubahnya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan ketika melatih merpati balap agar terbang cepat, diantaranya adalah:

  1. Pohon-pohon tinggi di kanan kirinya harus dihindari karena dapat menyebabkan Merpati Balap tersesat dan bingung mencari pasangan.
  2. Jangan pernah mengubah tempat latihan Pigeon Race. Hal ini berlaku untuk merpati yang masih sering terlambat mendeteksi keberadaan merpati pasangannya.
  3. Jangan lepaskan Merpati dalam cuaca berangin, cuaca mendung, dan cuaca gelap. Karena merpati bisa kehilangan banyak energi, menguras fisik, mempengaruhi mental merpati, dan kesulitan menentukan arah.
  4. Jika langit mendung dan akan turun hujan, burung merpati harus segera dibawa pulang. Pasalnya, banyak merpati yang tersesat saat cuaca mendung dan hujan.
  5. Sebaiknya cari partner terbang Racing Pigeon yang memiliki karakter terbang lurus. Jika Merpati akan bertemu dengan partner Racing Pigeon yang memiliki karakter terbang zigzag, maka Pigeon akan bisa keluar jalur.

Baca Juga : Wajib Tahu !! Cara Memilih Merpati Balap Yang Berkualitas

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat. Semoga dapat memberikan wawasan bagi Anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *