Cara Melatih Merpati Balap Yang Mudah Dan Cepat Berhasil

Cara Melatih Merpati Balap

Merpati Juara – Cara Melatih Merpati Balap tidaklah mudah, selain ada treatment tertentu, tidak sembarang orang juga bisa melatih merpati balap bisa terbang cepat dan hinggap tepat di atas pasangannya.

Namun kalian tidak perlu khawatir, berikut saya akan berikan Cara Melatih Merpati Balap yang mudah, efektif, dan pasti berhasil. Untuk itu, Anda bisa melihatnya hingga akhir artikel ini.

Merpati merupakan salah satu jenis burung yang dipelihara banyak orang. Burung ini tidak memiliki suara yang merdu seperti burung kacer, pleci, jenggot berjanggut, perkutut atau burung kicau lainnya.

Salah satu alasan burung ini dipelihara adalah untuk dijadikan sebagai burung balap. Balap merpati sering dilombakan di berbagai daerah.

Burung ini memang tidak memiliki suara yang unik, namun kecepatan terbang dan ketinggian terbang burung merpati dapat menarik perhatian pecinta merpati balap. Tak heran jika banyak orang yang menyukai burung yang satu ini.

Bagaimana Cara Melatih Merpati Balap Yang Mudah ?

Tidak mudah untuk melatih burung jenis ini, sehingga banyak pemilik merpati pacuan yang meminta jasa orang lain (ahlinya) untuk memasangkan burung pacuan dengan betinanya sekaligus melatih kecepatan terbangnya.

Merpati balap pertama-tama harus bersemangat tentang pasangannya (keket). Penjinak merpati balap rata-rata mengetahui siklus nafsu burung.

Periode nafsu dari siklus burung pacuan ini akan meningkat setelah pasangannya bertelur kedua. Sebelum periode tersebut jangan dipaksakan karena bisa menyebabkan burung jantan kabur.

Agar burung cepat nafsu kepada pasangannya, bisa juga diberikan ramuan khusus.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kalian lakukan dan bagaimana Cara Melatih Merpati Balap dengan mudah dan pasti berhasil jika kalian rajin melakukannya.

Cara Melatih Merpati Balap

A. Melepas Burung Jantan

Setelah ada tanda-tanda ketertarikan burung jantan kepada pasangannya dan sudah masuk kategori giring (jinak). Burung jantan dapat dikeluarkan dari kandang dan dibiarkan berkeliaran (iming-iming) disekitar betina.

Waktu yang paling tepat untuk melepas burung jantan disekitar pasangannya adalah sekitar jam 9.00 WIB sampai dengan jam 11.00 WIB, karena saat itu cuaca masih hangat dan mempercepat burung merpati jantan tertarik dengan pasangannya (giring).

B. Buat Merpati Jantan Cemburu

Sambil membiarkan burung jantan lepas, pasangkan merpati betina dengan jantan lainnya, sehingga pasangan jantan akan semakin cemburu.

Tidak hanya itu, agar sang jantan semakin tergoda, maka gairah merpati jantan pun ditingkatkan dengan mengepakkan sayap betina beberapa kali.

Ini bisa dilakukan lima hari berturut-turut empat kali sehari. Anda juga bisa membuka sayap burung betina dan meletakkan sayap tersebut di atas kepala burung jantan.

C. Buatlah Merpati Jantan Mengejar Betina

Ketika respon merpati jantan terhadap pasangan betinanya cukup, coba pindahkan betina ke lokasi lain dan biarkan pejantan mengejar.

Bisa juga dengan menempatkan burung betina di kandang bawah dan jantan di atas tetapi masih bersekat. Jika burung jantan mulai menjadi agresif, pertahankan hingga jarak 10 meter.

D. Cobalah Mulai Menerbangkan Merpati Jantan

Jika kalian merasa tertarik satu sama lain dan merespons bahkan terus mengejar, mulailah menerbangkan merpati jantan di lapangan atau area terbuka lainnya. Terbang dan cobalah menyapa dengan kepakan sayap betina.

Jika diterbangkan di persawahan yang banyak ditanami padi, burung merpati akan terbang langsung melintasi permukaan.

Jika di sawah tanpa padi, jantan akan terbang bergelombang ke arah betina, itu berhasil.

Cara Melatih Merpati Balap

E. Jika Merpati Jantan Kehilangan Arah

Untuk menghindari burung kehilangan arah saat terbang, maka terbangkan burung di jalur tanpa pohon tinggi di kiri dan kanan.

Pasalnya, burung akan kehilangan arah bahkan melesat ke atas jika lintasannya dipenuhi pepohonan.

Jika itu masalahnya, burung itu seperti linglung dan bingung mencari pasangan, jadi hindari menerbangkan burung itu di jalan setapak.

Merpati akan dilatih dengan baik sekitar pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB. Merpati dewasa dilatih mulai pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jangan asal berpindah tempat berlatih selama burung merpati masih terlambat mendeteksi keberadaan pasangannya.

Tak hanya itu, merpati harus menghindari penerbangan saat cuaca berangin dan mendung.

Selain menguras fisik merpati, hal itu juga dapat memengaruhi mentalitasnya. Apalagi saat mendung merpati akan kesulitan menentukan arah.

F. Carilah Partner Terbang

Kemudian pemilik harus mencari pasangan terbang yang seimbang agar merpati dengan mudah mengikuti kecepatan terbangnya.

Jika langsung diterbangkan dengan merpati dengan jam terbang yang banyak maka akan membuat merpati keluar dari jalur karena tidak bisa mengikuti.

Misalnya merpati muda yang disandingkan dengan merpati balap dengan karakter terbang zig zag, maka jangan heran jika merpati muda akan keluar jalur.

Cara Melatih Merpati Balap

Langkah Penting Cara Melatih Merpati Balap Yang Efektif

  • Kunci utama balap merpati untuk mendarat di pasangannya dengan cepat adalah berada dalam periode birahi.
  • Masa hawa nafsu biasanya terjadi setelah hari kedua pasca bertelur.
  • Untuk menghasilkan sprinter yang baik, merpati harus dibiasakan terbang rendah. Caranya, joki harus sering melakukan teknik keplek pada betina dalam posisi jongkok.
  • Gunakan pakaian yang sering Anda gunakan untuk melatih burung merpati saat balapan. Sehingga merpati akan cepat mengenali Anda dari ketinggian.
  • Pengeringan merpati itu penting. Selain berfungsi untuk mengeringkan bulunya, penjemuran juga akan menjaga burung merpati agar tidak kehabisan napas. Biarkan di bawah sinar matahari selama satu jam pada pukul 08.00 setiap pagi.
  • Beri ramuan khusus untuk merpati atau Anda bisa mencampurnya sendiri. Caranya kencur, sunthi, kopi, telur madu kunyit dicampur dan diaduk sampai rata. Berikan setiap 3 hari sekali sebesar biji jagung, cukup satu buah.
  • Setelah merpati dilatih, pijat pangkal sayap. Ini sangat membantu memulihkan otot yang tegang. Semprotkan juga air dengan lembut di sekitar kaki. Beri air secukupnya dan beras merah.

Baca Juga : Cara Membuat Merpati Balap Terbang Cepat

Itulah beberapa Cara Melatih Merpati Balap yang mudah dan efektif. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *