Burung Merpati Kolong , Burung Penghasil Rupiah

Burung Merpati Kolong

Merpati Juara – Burung Merpati Kolong adalah salah satu burung yang istimewa. Jenis burung ini merupakan persilangan antara burung merpati tinggi dan burung merpati biasa.

Dilatih sedemikian rupa oleh para penggemarnya dengan tujuan memiliki kecerdasan yang tidak dimiliki oleh semua jenis burung.

Ciri-ciri burung merpati bawah yang berasal dari pulau Jawa antara lain memiliki sayap yang rapat dan tidak runcing.

Diketahui bahwa sayap merpati bawah terdiri dari dua bagian yaitu sayap primer dan sayap sekunder.

Menurut Suwarto, penggemar burung merpati, Merpati Kolong disebut sebagai burung pintar karena secara naluriah burung ini lebih pintar dari burung lainnya.

“Iya, mereka lebih pintar. Kenapa? Saat dilepas dalam jarak 1 kilometer, mereka pasti akan kembali ke toko mencari jodoh,” kata Suwarno, pemilik Kontes Merpati Kolong.

Ya, merpati tersamar dikatakan cerdas karena ketika jatuh cinta, kemanapun burung itu dilepaskan akan kembali ke tempat asalnya.

Namun di sisi lain, jika burung merpati bawah tidak dalam keadaan nafsu, burung tersebut tidak akan merespon pasangan wanitanya.

Waktu untuk melatih Merpati Kolong dengan benar adalah ketika sedang dalam fase nafsu yang tinggi.

“Setelah bertelur misalnya bertelur pada hari senin. Lalu hari sabtu kita keluarkan telurnya. Tidak bisa dibiarkan menetas. Dari senin sampai sabtu merpati sangat bergairah dan cocok untuk melatihnya,” kata Suwarno.

Hal yang perlu dilatih untuk merpati bawah antara lain lokasi kandang dan luasnya.

Sedangkan untuk ukuran kandang pacuan merpati, tinggi tiang dibawah 9 m.

Tanda bendera persegi di atas tinggi 9 m menunjukkan bahwa burung itu sedang diadu domba dengan burung merpati.

Sedangkan di bagian bawah kandang juga terdapat garis persegi berwarna merah yang berfungsi sebagai tempat berlabuhnya burung.

Jika burung merpati yang bertengger keluar dari tempatnya maka dianggap tidak melarikan diri dan sebaliknya jika burung merpati dapat masuk melalui bagian bawah atas dengan mendarat dengan rapi di kotak merah maka burung merpati yang akan menjadi pemenang.

Meski tergolong burung pintar, dalam pelatihan pemilik burung harus memiliki rasa kesabaran yang tinggi selama pelatihan.

Sedangkan untuk memperkuat daya tahan tubuh dan kecerdasan mereka biasanya diberikan vitamin tambahan agar kondisi tubuhnya tetap terjaga.

Champion underdog biasanya dijual mulai dari harga Rp. 1 juta per pasang, sedangkan burung merpati biasanya dijual mulai Rp. 400 ribu sampai dengan Rp. 500 ribu per pasang.

Bagaimana Burung Merpati Kolong Bisa Menghasilkan Rupiah?

Bagi pemilik burung merpati bawah biasa tentunya tidak menghasilkan banyak rupiah.

Namun jika sering menang di kompetisi burung merpati kolong pasti akan menghasilkan puluhan juta bahkan ratusan juta tergantung event kompetisinya.

Oleh karena itu, jika kita ingin merpati kita menjadi juara, kita harus melatihnya dengan tekun dan sungguh-sungguh.

Tak lupa juga berikan vitamin tambahan untuk menambah stamina burung merpati bawah laut sebagai suplemen penambah energi.

Burung Merpati Kolong

Jangan terlalu fokus untuk mendapatkan hadiah dari kompetisi, fokuslah melatih burung merpati bawah laut agar bisa masuk minimal 3 besar kompetisi tingkat nasional.

Bila sudah sampai tahap ini, bersiaplah akan kebanjiran puluhan juta bahkan ratusan juta saat mengikuti kompetisi tingkat nasional.

Bagaimana Cara Merawat Burung Merpati Kolong Agar Menghasilkan Rupiah ?

Sebetulnya ada banyak cara untuk merawat Burung merpati Kolong supaya bisa juara dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Namun kali ini saya akan memberikan tips merawat Burung Merpati kolong secara singkat saja. Berikut ini informasinya untuk kamu semua:

A. Menjemur Burung Merpati Kolong

Penjemuran Burung Merpati Kolong dilakukan setiap pagi antara pukul 09.00 – 10.00. Ini bertujuan agar burung dara kolong memperoleh banyak vitamin dari sinar matahari pagi tersebut.

B. Membersihkan Kandang Burung Merpati Kolong

Kebersihan kandang Burung Dara Kolong sangat diperlukan. Jika kandang bersih maka burung merpati kolong akan semakin sehat, dan tentunya untuk meraih juarapun semakin menjadi kenyataan.

C. Pemberian Pakan Burung Merpati Kolong

Pakan untuk Burung Merpati Kolong harus sangat diperhatikan. Jangan sampai burung dara kolong Anda menjadi loyo akibat pemberian pakan yang asal-asalan. Kamu bisa menggunakan pakan jagung khusus burung merpati, kacang tanah, kacang hijau, kedelai, beras merah.

Burung Merpati Kolong

Untuk pemberian pakannya sendiri bisa 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore. Itu dimaksudkan agar burung merpati tidak kelebihan berat badan, sehingga terbang menjadi lebih lambat.

D. Latihan Burung Merpati Kolong

Untuk latihan burung merpati kolong sendiri bisa setiap hari dilakukan. Saya sarankan untuk latihan ditempat yang sejuk dan lapang seperti area persawahan, area perkebunan, ladang yang luas. Ini dimaksudkan agar burung merpati kolong bisa terbang bebas tanpa adanya gangguan asap pabrik atau yang lainnya.

Baca Juga : Makanan Merpati Kolong Juara

Demikian tadi pembahasan tentang Burung Merpati kolong. Semoga bisa memberikan banyak manfaat untuk kamu semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *