Burung Merpati Balap Yang Lintasi Samudera Pasifik Terancam Dibunuh, Inilah Kisahnya

Burung Merpati Balap

Merpati JuaraBurung Merpati Balap yang berhasil melintasi Samudra Pasifik sejauh 13.000 kilometer, dari Amerika Serikat hingga Australia, terancam dibunuh. Otoritas Australia menganggap burung tersebut berisiko membawa penyakit dan harus dibunuh.

Sebelumnya, seorang warga Melbourne, Kevin Celli Bird mengatakan, Burung Merpati Balap yang ditemukan pada 29 Desember 2020 di halaman belakang rumahnya itu dalam kondisi sangat lelah.

Setelah itu ia menyadari bahwa burung tersebut milik pesaing dalam perlombaan merpati di Oregon, AS. Burung yang hilang keluar jalur dalam kompetisi balap yang diadakan pada tanggal 29 Oktober.

Kabar perjalanan Joe tak hanya menyita perhatian media Australia, tapi juga otoritas karantina hewan. Australia dikenal sebagai negara yang sangat ketat dalam memeriksa hewan dan barang yang masuk.

Menurut Kevin, pihaknya mendapat telepon dari petugas karantina pada Kamis (14/1/2021) untuk menyerahkan Burung Merpati Balap tersebut. Otoritas karantina akan menyewa seorang penangkap burung ahli untuk membawa Joe bersamanya.

Merpati adalah burung langka di Australia. Tak heran jika Kevin terkejut menemukan seekor Burung Merpati Balap yang memiliki pita biru di kakinya bertengger di halaman belakang.

“Saya mandi di halaman belakang untuk minum dan mencuci. Dia kurus sekali jadi saya beri biskuit kering dan biarkan dia menginap di sana,”kata Kevin, dikutip dari KT, Jumat (15/1/2021).

Keesokan harinya, Joe masih terlihat di kamar mandi lemas untuk terbang. Namun, Burung Merpati Balap itu tidak takut pada Kevin saat didekati.

Dari pita biru di kaki, Kevin yakin burung itu milik seseorang. Ia mengaku tidak tertarik dengan burung dan tidak pernah terpikir untuk memeliharanya, meski nama belakangnya berarti burung.

Beberapa hari kemudian Joe pulih dan lebih gesit, sehingga Kevin tidak bisa menangkapnya dengan tangan kosong lagi.

Hasil penelusuran Kevin menemukan bahwa American Pigeon Union yang berbasis di Oklahoma mencantumkan Joe sebagai penduduk Montgomery, Alabama.

Ia pun mencoba menghubungi pemiliknya, namun tidak berhasil. Meski sudah sembuh dan bisa terbang jauh, Joe tetap menghabiskan waktunya di halaman belakang rumah Kevin.

Sepertinya ada pertengkaran di antara mereka sehingga Joe sulit untuk pergi. “Saya pikir dia telah memutuskan karena saya memberinya makanan dan minuman, ini rumahnya,” kata Kevin.

Burung Merpati Balap

Sekretaris Asosiasi Merpati Nasional Australia Brad Turner mencurigai burung itu mencapai Australia dengan bantuan kapal kargo. Dia sebelumnya pernah mendengar kasus Burung Merpati Balap Tiongkok mencapai pantai barat Australia berkat kapal kargo.

Namun kasus Joe belum bisa dibuktikan, dia bisa saja terbang dan berhenti, termasuk di atas kapal. Menurut pigeonpedia, penerbangan merpati terpanjang terjadi pada tahun 1931, dimulai di Arras di Prancis dan berakhir di Saigon, Vietnam, dengan jarak 11.600 km dan memakan waktu 24 hari.

Ciri Burung Merpati Balap Berkualitas Juara

Untuk mengetahui ciri-ciri Burung Merpati Balap yang berkualitas dapat dilihat dari paruhnya, bentuk kepalanya, mata, dada, sayap, rambut, warna bulu badan, supit, ekor, kaki.

Berikut beberapa uraiannya :

 

  • Burung Merpati Balap yang baik memiliki ciri paruhnya. Paruh burung merpati balap yang baik memiliki beberapa model, ada yang seperti burung pipit, ada yang seperti elang, yang tidak tebal dan tajam. Pada prinsipnya paruh burung harus sesuai dan seimbang dengan ukuran kepalanya sehingga dapat mengurangi gesekan saat terbang.
  • Burung Merpati Balap yang baik dicirikan oleh bentuk kepalanya. Bentuk kepala burung merpati berupa nyigar jambe (pinang) dibelah, sebagian mengerucut ke arah paruhnya sehingga sangat aerodinamis tergantung selera pemilik merpati balap. Ada yang berbentuk kepala burung merpati seperti ikan louhan, hal ini dapat meningkatkan gesekan dan mengurangi kecepatan burung merpati.
  • Di matanya, Burung Merpati Balap yang baik memiliki ciri-ciri burung merpati yang baik. Mata merpati standar bening dan tajam seperti mata elang, warna mata bermacam-macam kuning, putih bagus dengan garis merah, kuning kemerahan tergantung selera pemilik burung merpati.
  • Ciri-ciri Burung Merpati Balap yang baik terlihat dari lehernya. Leher burung merpati balap harus seimbang, tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang agar tidak menambah gesekan di udara.
  • Ciri seekor Burung Merpati Balap yang baik dilihat dari dadanya. Dada burung merpati yang baik memiliki hati (tiga sisi) seperti seorang olahragawan.
  • Burung Merpati Balap yang baik dicirikan oleh sayapnya. Idealnya, sayap burung merpati tidak tipis, dirapatkan dengan erat pada kedua sisi badan agar hentakannya bisa penuh.
  • Ciri-ciri Burung Merpati Balap yang baik terlihat dari bulunya yang bulunya. Rambut jawat / lar 10 harus kering dan penguat rambut yang bergerigi tidak tipis, agar kuat untuk pengepakan, sedangkan rambut pada badan halus.
  • Burung Merpati Balap yang baik ditandai dengan warna bulunya. Warna bulu burung merpati adalah coklat, hitam, tritis, abu-abu, berpadu (selap), tetapi biasanya abu-abu lebih diutamakan, tetapi semua selera masing-masing pemilik.
  • Ciri-ciri  Burung Merpati Balap yang baik terlihat dari penataan dagingnya. Susunan daging merpati yang halus fleksibel / empuk saat dipegang.
  • Ciri-ciri Burung Merpati Balap yang baik dilihat dari supit / wangkongnya. Supit / wangkong merpati sama-sama tajam dan keras, keduanya berjarak sekitar satu jari kelingking.
  • Burung Merpati Balap yang baik memiliki ciri ekornya. Ekor burung merpati idealnya tidak tipis dan tidak terlalu panjang.
  • Ciri-ciri Burung Merpati Balap yang baik dilihat dari kakinya. Sisi kaki idealnya kokoh, kering dan tidak terlalu berlebihan.

Baca Juga : Jenis Merpati Balap Dilihat Dari Cara Terbangnya

https://www.merpatiku.my.id/

Itulah informasi yang dapat disampaikan mengenai Burung Merpati Balap. Semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *