Burung Dara Kolong Ternyata Bisa Menghasilkan Jutaan Rupiah Loh, Inilah Caranya

Burung Dara Kolong

Merpati Juara – Burung Dara Kolong adalah salah satu burung istimewa. Jenis burung ini merupakan persilangan antara burung merpati tinggi dan burung merpati biasa.

Dilatih sedemikian rupa oleh para penggemarnya dengan tujuan memiliki kecerdasan yang tidak dimiliki oleh semua jenis burung.

Ciri-ciri burung merpati bawah yang berasal dari pulau Jawa antara lain memiliki sayap yang rapat dan tidak runcing.

Diketahui bahwa sayap merpati bawah terdiri dari dua bagian yaitu sayap primer dan sayap sekunder.

Menurut Suwarno, penggemar burung merpati, Burung Dara Kolong disebut sebagai burung pintar karena secara naluriah burung ini lebih pintar dari burung lainnya.

“Iya, mereka lebih pintar. Kenapa? Saat dilepas dalam jarak 1 kilometer, mereka pasti akan kembali ke toko untuk mencari jodoh” kata SuwarNo, pemilik Kontes Burung Dara Kolong.

Ya, merpati tersamar dikatakan cerdas karena ketika merasa jatuh cinta, kemanapun burung itu dilepaskan akan kembali ke tempat asalnya.

Namun di sisi lain, jika merpati tidak sedang giring, burung tidak akan merespon pasangan betinanya.

Waktu untuk melatih Merpati Kolong dengan benar adalah saat berada dalam fase giring yang tinggi.

“Setelah bertelur misalnya bertelur pada hari senin. Lalu hari sabtu kita keluarkan telurnya. Tidak bisa dibiarkan menetas. Dari senin sampai sabtu waktu merpati sangat bergairah dan cocok untuk melatihnya” kata Suwarno.

Hal yang perlu dilatih untuk merpati kolong antara lain lokasi kandang dan luasnya.

Sedangkan untuk ukuran kandang lomba merpati, tinggi tiang dibawah 9 m.

Tanda bendera persegi di atas tinggi 9 m menandakan bahwa ia sedang di bawah burung merpati yang diperebutkan.

Sedangkan di bagian bawah kandang juga terdapat garis merah berbentuk bujur sangkar yang berfungsi sebagai tempat pendaratan burung.

Jika burung merpati yang bertengger keluar dari tempatnya maka dianggap tidak melarikan diri dan sebaliknya jika burung merpati dapat masuk melalui bagian bawah atas dengan mendarat dengan rapi di kotak merah maka burung merpati yang akan menjadi pemenang.

Meski tergolong burung pintar, dalam pelatihan pemilik burung harus memiliki rasa kesabaran yang tinggi selama pelatihan.

Sedangkan untuk memperkuat daya tahan tubuh dan kecerdasan mereka biasanya diberikan vitamin tambahan agar kondisi tubuhnya tetap terjaga.

Merpati juara yang sudah menjadi juara biasanya dijual mulai dari harga Rp. 1 juta per pasang, sedangkan burung merpati biasanya dijual mulai Rp. 400 ribu sampai dengan Rp. 500 ribu per pasang.

Burung Dara Kolong

Bagaimana Burung Dara Kolong Bisa Menghasilkan Rupiah?

Bagi pemilik Burung Dara Kolong biasa, tentunya tidak menghasilkan banyak rupiah.

Namun jika sering menang di kompetisi Dara Kolong pasti akan menghasilkan puluhan juta bahkan ratusan juta tergantung event kompetisinya.

Oleh karena itu, jika kita ingin merpati di bawah kita menjadi juara, kita harus melatihnya dengan tekun dan sungguh-sungguh.

Tak lupa juga berikan vitamin tambahan untuk menambah stamina burung merpati kolongan sebagai suplemen penambah energi.

Jangan terlalu fokus untuk mendapatkan hadiah dari kompetisi, fokuslah melatih burung dara kolong agar bisa masuk minimal 3 besar kompetisi tingkat nasional.

Bila sudah sampai tahap ini, bersiaplah akan kebanjiran puluhan juta bahkan ratusan juta saat mengikuti kompetisi tingkat nasional. Semoga bermanfaat.

Cara Melatih Burung Dara Kolong Yang Paling Efektif

Menjadikan burung dara murahan sebagai juara bukanlah pekerjaan mudah. Dibutuhkan kesabaran, disiplin, ketekunan, dan juga pengetahuan yang cukup untuk melakukannya.

Banyak sekali keluhan dari rekan-rekan penghobi yang kesulitan mencetak burung merpati yang sudah siap lomba dan yang paling sering disampaikan adalah burung merpati tersebut sangat sulit untuk distabilkan ke dalam barisan. Padahal merpati sudah dilatih menggunakan pelatih yang benar.

Namun, ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan merpati yang berkualitas tinggi dan bisa juara. Berikut beberapa trik yang akan saya bagikan dengan Anda.

A. Latihan Adaptasi Arena Lomba Burung Dara Kolong

Hati-hati saat pertama kali membawa merpati bahan ke area lapangan. Mungkin saat di rumah sangat bagus, tapi akan berubah 180 derajat saat di lapangan.

Perhatikan baik-baik dan mulailah bermain setelah merpati mulai merasa nyaman di lingkungan barunya. Mulailah perlahan dengan mengundangnya bermain dengan betina di sekitar kandang atau dongdang.

Kemudian lakukan berulang kali hingga burung merpati benar-benar tidak lagi takut dengan kondisi di sekitarnya. Selanjutnya, mulailah bermain naik turun dari dasar ke betina sampai Anda benar-benar fokus sebelum membawanya ke tengah lapangan. Jangan dipaksakan. Bisa dilanjutkan besok jika masih ada tahapan yang belum diselesaikan dengan baik.

burung dara kolong

B. Fokus Pada Betina Atau Arena Burung Dara Kolong

Cara melatih Burung Dara Kolong berikutnya adalah dengan mulai melempar dari jarak dekat.

Biasanya merpati bahan yang baik tidak akan mengalami kesulitan yang berarti pada tahap awal ini.

C. Pemantauan Burung Dara Kolong Saat Latihan

Jaga secara perlahan dengan selalu memantau kondisi burung merpati. Rambu-rambu yang bisa digunakan joki disini adalah kondisi giring & gagap.

Jika kondisi giring atau gagap turun setelah terbang pada suatu titik, jangan langsung terbang lagi. Apalagi jika jaraknya mundur.

Lakukan berulang kali. Tidak boleh dipaksakan jika kondisi tidak memungkinkan karena burung merpati akan terlempar atau mendarat / stress dan sakit.

Dia bahkan bisa mati karena pelatihan berlebihan atau proses pelatihan yang berlebihan. Masih ada hari lain di depan dan hari lain juga.

Harap dicatat, Anda melatih bahan merpati pilihan, jangan terburu-buru. Namun, juga jangan terlalu lambat karena Anda bukan hanya pemandu sorak dalam proses mencetak gol atlet.

D. Burung Dara Masuk Kolong

Pilihan merpati yang baik umumnya akan mulai layak untuk dipelajari di bawah titik terbang setengah lot atau sekitar 600 meter.

Jika trek dan energinya bagus, ada baiknya mencoba menahan pelatih atau penerus pada saat ini. Indikatornya adalah terbang telah mampu mengimbangi pelatih atau bulan.

Tidak tertinggal atau ditarik. Jika di atas ring dan merpati yang telah kami latih menunjukkan inisiatif penurunan yang sangat baik, maka mendarat dengan sempurna, lalu pertahankan seperti itu. Terbang dengan pelatih 3 kali, lalu solo 1x.

Burung Dara Kolong

Begitu seterusnya sampai Anda merasakan tenaga dan jalannya mantap. Namun, jika merpati terlatih tetap mengikuti pelatih atau dermawannya.

Kurang sempurna dalam menurun atau mendarat maka lakukan sebaliknya. Terbang 3 kali solo lalu terbang dengan pelatih 1x. Metode pelatihan merpati ini dapat digunakan terus menerus hingga mencapai titik awal.

E. Berikan Suplemen Atau Jamu Pada Burung Dara Kolong

Berikan suplemen atau jamu untuk merpati yang sedang dilatih. Lebih baik menggunakannya saat merpati mulai berlatih di titik jatuh 200-300 meter.

Suplementasi 2x diberikan pada Burung Dara Kolong yang giring, pertama pada sore hari setelah hari pertama pelatihan. Kemudian selang waktu 2 hari berikutnya diberikan kembali pada sore hari.

Baca Juga : Merpati Megan , Ternyata Salah Satu Warna Merpati Yang Banyak Diminati

Itulah beberapa hal yang dapat kami sampaikan mengenai Burung Dara Kolong, semoga Burung Dara Kolong yang Anda punya bisa menjuarai berbagai perlombaan Burung Dara Kolong yang bergengsi, supaya Anda bisa berhasil menekuni bisnis yang menggiurkan ini. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *