Burung Dara Balap Yang Lintasi Samudera Pasifik Akan Dibunuh, Inilah Ceritanya

Burung Dara Balap

Merpati JuaraBurung Dara Balap yang berhasil melintasi Samudra Pasifik sejauh 13.000 kilometer, dari Amerika Serikat hingga Australia, terancam dibunuh. Otoritas Australia menganggap burung tersebut berisiko membawa penyakit dan harus dibunuh.

Sebelumnya, seorang warga Melbourne, Kevin Celli Bird mengatakan, Burung Dara Balap yang ditemukan pada 29 Desember 2020 di halaman belakang rumahnya itu dalam kondisi sangat lelah.

Setelah itu ia menyadari bahwa burung tersebut milik pesaing dalam perlombaan merpati di Oregon, AS. Burung yang hilang keluar jalur dalam kompetisi balap yang diadakan pada tanggal 29 Oktober.

Kabar perjalanan Joe tak hanya menyita perhatian media Australia, tapi juga otoritas karantina hewan. Australia dikenal sebagai negara yang sangat ketat dalam memeriksa hewan dan barang yang masuk.

Menurut Kevin, pihaknya mendapat telepon dari petugas karantina pada Kamis (14/1/2021) untuk menyerahkan burung tersebut. Otoritas karantina akan menyewa seorang penangkap burung ahli untuk membawa Joe bersamanya.

Merpati adalah burung langka di Australia. Tak heran jika Kevin terkejut menemukan seekor Burung Dara Balap yang memiliki pita biru di kakinya bertengger di halaman belakang.

“Saya mandi di halaman belakang untuk minum dan mencuci. Dia kurus sekali jadi saya beri biskuit kering dan biarkan dia menginap di sana”kata Kevin, dikutip dari KT, Jumat (15/1/2021).

Keesokan harinya, Joe masih terlihat di kamar mandi lemas untuk terbang. Namun, burung itu tidak takut pada Kevin saat didekati.

Dari pita biru di kaki, Kevin yakin burung itu milik seseorang. Ia mengaku tidak tertarik dengan burung dan tidak pernah terpikir untuk memeliharanya, padahal nama belakangnya berarti burung.

Beberapa hari kemudian Joe pulih dan lebih gesit, sehingga Kevin tidak bisa menangkapnya dengan tangan kosong lagi.

Hasil penelusuran Kevin menemukan bahwa American Pigeon Union yang berbasis di Oklahoma mencantumkan Joe sebagai penduduk Montgomery, Alabama.

Ia pun mencoba menghubungi pemiliknya, namun tidak berhasil. Meski sudah sembuh dan bisa terbang jauh, Joe tetap menghabiskan waktunya di halaman belakang rumah Kevin.

Sepertinya sudah ada jalinan di antara mereka sehingga Joe terpaksa meninggalkan tempat itu. “Saya pikir dia telah memutuskan karena saya memberinya makanan dan minuman, ini rumahnya,” kata Kevin.

Sekretaris Asosiasi Merpati Nasional Australia Brad Turner mencurigai burung itu mencapai Australia dengan bantuan kapal kargo. Dia sebelumnya pernah mendengar kasus merpati balap Tiongkok mencapai pantai barat Australia berkat kapal kargo.

Namun kasus Joe belum bisa dibuktikan, dia bisa saja terbang dan berhenti, termasuk di atas kapal. Menurut pigeonpedia, penerbangan Burung Dara Balap terpanjang terjadi pada tahun 1931, dimulai di Arras di Prancis dan berakhir di Saigon, Vietnam, dengan jarak 11.600 km dan memakan waktu 24 hari.

Ciri Burung Dara Balap Berkualitas Juara

Untuk mengetahui ciri-ciri burung merpati balap yang berkualitas dapat dilihat dari paruhnya, bentuk kepalanya, mata, dada, sayap, rambut, warna bulu badan, supit, ekor, kaki.

burung dara balap

Berikut beberapa uraiannya :

  • Burung Dara Balap yang baik memiliki ciri paruhnya. Paruh burung merpati balap yang baik memiliki beberapa model, ada yang seperti burung pipit, ada yang seperti elang, yang tidak tebal dan tajam. Pada prinsipnya paruh burung harus sesuai dan seimbang dengan ukuran kepalanya sehingga dapat mengurangi gesekan saat terbang.
  • Burung Dara Balap yang baik dicirikan oleh bentuk kepalanya. Bentuk kepala burung merpati berupa nyigar jambe (pinang) dibelah, sebagian mengerucut ke arah paruhnya sehingga sangat aerodinamis tergantung selera pemilik merpati balap. Ada yang berbentuk kepala burung merpati seperti ikan louhan, hal ini dapat meningkatkan gesekan dan menurunkan kecepatan burung merpati.
  • Di matanya, Burung Dara Balap yang baik memiliki ciri-ciri burung merpati yang baik. Mata merpati standar yang bening dan tajam seperti mata elang, warna mata bervariasi dari kuning, putih mulus dengan belang merah, kuning kemerahan tergantung selera pemilik burung merpati.
  • Ciri-ciri Burung Dara Balap yang baik terlihat dari lehernya. Leher merpati balap harus seimbang, tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang agar tidak menambah gesekan di udara.
  • Burung Dara Balap yang baik memiliki ciri khas dadanya. Dada burung merpati yang baik memiliki hati (tiga sisi) seperti seorang olahragawan.
  • Burung Dara Balap yang baik dicirikan oleh sayapnya. Idealnya, sayap burung merpati tidak tipis, dirapatkan dengan erat pada kedua sisi badan agar hentakannya bisa penuh.
  • Ciri-ciri Burung Dara Balap yang baik terlihat dari bulunya yang berbulu. Rambut harus kering dan penguat rambut yang bergerigi tidak tipis, agar kuat untuk pengepakan, sedangkan rambut di badan halus.
  • Burung Dara Balap yang baik ditandai dengan warna bulunya. Warna bulu burung merpati adalah coklat, hitam, tritis, abu-abu, berpadu (selap), tetapi biasanya abu-abu lebih diutamakan, tetapi semua selera masing-masing pemilik.
  • Ciri-ciri Burung Dara Balap yang baik terlihat dari penataan dagingnya. Susunan daging merpati yang halus fleksibel / empuk saat dipegang.
  • Ciri-ciri Burung Dara Balap yang baik dilihat dari supit / wangkongnya. Supit / wangkong merpati itu tajam dan keras, keduanya berjarak sekitar satu jari kelingking.
  • Burung Dara Balap yang baik memiliki ciri ekornya. Ekor burung merpati idealnya tidak tipis dan tidak terlalu panjang.
  • Ciri-ciri Burung Dara Balap yang bagus dari kakinya. Sisi kaki idealnya kokoh, kering dan tidak terlalu berlebihan.

Bagaimana Cara Memilih Burung Dara Balap Dengan Mental Juara ?

Berikut ini adalah ciri-ciri fisik yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih Burung Dara Balap berkualitas juara, sebagai berikut:

Burung Dara Balap

Postur Tubuh Burung Dara Balap

Postur tubuh keseluruhan harus ideal, artinya tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus. Tidak terlalu montok atau terlalu kecil.

Ini juga akan mendukung performa merpati balap saat terbang. Burung Dara Balap yang baik dapat terbang dengan cepat, dan ini memang yang diharapkan.

Postur merpati balap sangat ramping, memungkinkan merpati terbang dengan lincah dan tanpa rintangan.

Leher Burung Dara Balap

Ukuran dan bentuk leher sangat mempengaruhi kelincahan burung merpati saat terbang. Pilih leher yang medium dan saat dipegang terasa kencang / kuat, ini bidikan cepat, jangan pilih yang panjang karena biasanya terbang ke kanan, ke kiri alias kurang fokus.

Leher Burung Dara Balap itu seperti sebuah setang yang mengarahkan burung merpati kemana ia akan terbang. Leher yang terlalu pendek tidak menunjukkan ketangkasan yang dibutuhkan merpati balap.

Dada Burung Dara Balap

Ini adalah fitur yang paling umum. Burung Dara Balap berkualitas memiliki tubuh tegap dan tampan. Selain bisa memikat pasangan, burung merpati jantan juga sangat diminati para penghobi.

Postur tegak ini sangat mendukung kelincahan dan kecepatannya saat terbang. Dengan memilih postur tubuh tegap untuk menghasilkan merpati balap yang berkualitas, selanjutnya kita dapat melanjutkan ke program pelatihan merpati balap di tahap selanjutnya.

Tubuhnya berukuran sedang, bulat dan penuh bila dipegang dengan nyaman dan terasa lentur seperti bola karet, dengan otot daging mengisi tubuh dari dada hingga punggung, daging empuk namun kenyal dan gemuk hingga daging menonjol dan berserat sedang. beratnya tidak terlalu ringan.

Sayap Burung Dara Balap

Sayap Burung Dara Balap yang baik cukup panjang. Saat melipat sayap, panjang sayap akan sama dengan ujung ekornya.

Ujung sayap diposisikan di sepanjang ujung ekor. Atau bila tidak, panjang sayap tidak terlalu jauh dari ujung ekor.

Burung Dara Balap

Dan juga bulu sayap yang tebal, terasa lembut saat disentuh, dan panjang serta lentur dengan ujung sayap agak meruncing, tulang bulu keras, bulu kering tetapi seperti lilin dan tidak rusak.

Daging / otot lengan sayap agak tebal dan kenyal / kenyal. Dengan sayap seperti ini akan menunjang kecepatan balap merpati saat terbang dalam perlombaan.

Satu hal lagi yang berkaitan dengan sayap Burung Dara Balap yang baik adalah, sirip sayap di pinggiran lembaran sayap lurus, tidak melengkung.

Sirip luar umumnya melengkung, tetapi merpati balap yang baik dan calon juara lurus dan penuh.

Selain itu, umumnya sayap burung merpati, pada untaian terluar memiliki panjang yang lebih pendek dari untaian bagian dalam.

Pada merpati balap yang baik, helai bulu sayap terluar adalah yang terpanjang dari untaian lainnya. Sehingga akan lurus dari dalam ke luar karena untaian terluar akan menjadi yang paling panjang.

Paruh Burung Dara Balap

Pilih paruh yang berukuran kecil atau sedang dan tidak terlalu panjang. Atau lebih mudah seperti paruh puter tetapi lebih pendek.

Hidung Burung Dara Balap

  • Hidung yang bagus itu besar, panjang, menggembung tapi bukan turunan prambon Merpati Pos. Bentuk hidung Burung Dara Balap seperti itu jika warnanya kapur tebal, pangkal hidung bagian bawah menjorok ke belakang, ini adalah salah satu burung merpati unggulan, walaupun ada ciri lain dari ini.
  • Bentuk hidungnya bagus juga, besar, panjang, menempel pada paruhnya jika burung merpati prambon. Hidung seperti ini jika warna kapur tebal akan memperlihatkan garis-garis samar sejajar dengan warna merah di seluruh hidung dan pangkal hidung di bawah menjorok ke belakang.
  • Bentuk hidungnya kecil, bengkak strain jawa, tentakel jawa atau deles jawa. Hidung seperti warna kapur tebal, pangkal hidung bagian bawah menjorok ke belakang. Inilah salah satu ciri Burung Dara Balap unggul.

Kepala Burung Dara Balap

Carilah Burung Dara Balap dengan kepala besar dengan tengkorak depan lebih tinggi dari kepala belakang. Penghobi di sini berpendapat bahwa merpati berkepala besar lebih pintar daripada merpati berkepala kecil. Dengan asumsi otak yang lebih besar lebih baik dan lebih pintar daripada otak kecil.

Mata Burung Dara Balap

Pilih mata Burung Dara Balap yang tajam dan kecil dan pilih pupil bulat kecil yang berwarna hitam legam dan tidak pecah, warna mata diluar pupil harus bersih dan cerah, kuning atau kuning bercampur merah atau minimal 3 warna.

Diyakini memiliki indera yang tajam dan mental petarung yang baik, sangat tidak disarankan untuk memilih warna hitam.

Dan juga pupil mata yang hitam harus bisa ZOOM membesar dan mengecil / berkedip untuk melihat jauh dan dekat, pupil mata yang kecil mempunyai penglihatan yang lebih tajam jika dibandingkan dengan pupil yang besar.

Contoh mudahnya adalah melihat apakah matanya belum cerah dan pupilnya masih besar, ini yang matanya belum tajam.

Tulang Supit Burung Dara Balap

Kerangka tulang Burung Dara Balap yang kuat bisa dirasakan dari tulang supit. Banyak merpati champion yang memiliki gagang keras dan tidak didukung oleh tulang supit yang keras, yang menandakan bahwa merpati tersebut memiliki tulang yang kuat dan kuat.

Kaki Burung Dara Balap

Pilih kaki yang terlihat kering dan panjang. Ada yang bilang juga, tanda kaki yang bagus saat dipegang oleh kaki akan mendorongnya kembali sejajar dengan ekornya.

Pinggang Burung Dara Balap

Ukuran dan jarak pinggang Burung Dara Balap juga mempengaruhi stabilitas penerbangan. Jarak pinggang dari badan akan membuat burung tidak seimbang. Pada saat turun atau turun lambat, belok setengah jalan atau tidak ada rem.

Untuk itu, pilihlah jarak erat antara pinggang dan tubuh, baik pinggang besar maupun pinggang kecil. Burung merpati seperti ini biasanya turun dengan cepat.

Ekor Burung Dara Balap

Bulu ekor harus tebal dan kencang serta kokoh tetapi fleksibel, panjang sedang proporsional dan bila dipegang ekor turun ke bawah.

Perut Burung Dara Balap

Diraba berisi dan lentur, jangan yang tidak berisi alias tepos.

Mental Burung Dara Balap

Hal terpenting dalam memilih Burung Dara Balap yang berkualitas adalah memilih merpati yang memiliki mentalitas bertarung yang baik.

Hal-hal mengenai anatomi tersebut di atas tidak akan bekerja secara maksimal tanpa didukung oleh mentalitas yang baik.

Burung Dara Balap

Sebagian besar merpati dengan mental bertarung yang baik berada di tangan para peternak untuk dikembangbiakkan demi kelestarian keturunannya.

Burung Dara Balap Langsung Dilihat Dilapangan

Memilih dengan memantau langsung di lapangan merupakan cara terbaik dan benar. Saat balapan terbang, Burung Dara Balap mampu mengukur ketinggian terbang dengan ketinggian yang tepat. Tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Sesuai dengan jarak dari betina.

Umumnya, untuk mendapatkan kecepatan maksimum, merpati dapat mengukur kapan waktunya terbang dan kapan waktunya terbang rendah. Hal ini erat kaitannya dengan pelatihan yang biasanya dilakukan oleh pelatih Burung Dara Balap.

Baca Juga : Perawatan Merpati Balap Terlengkap Yang Wajib Kamu Tahu

Itulah informasi yang dapat disampaikan mengenai Burung Dara Balap. Semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *