Mengejutkan !! Burung Balap Ini Punya Harga Jual Yang Fantastis

Burung Balap

Merpati Juara – Seekor Burung Balap dari Belgia mencatat rekor baru dengan memiliki harga jual mencapai 1,9 juta dollar AS (Rp 26,8 miliar).

New Kim adalah seekor merpati betina berumur 2 tahun.

Ia awalnya dilelang hanya dengan harga 200 euro (Rp3,3 juta), namun dibeli oleh penawar China pada Minggu (15/11/2020) dengan harga fantastis.

Kurt Van de Wouwer, penjaga keluarga dan pemilik merpati, mengatakan mereka “terkejut” dengan berita itu, menurut kantor berita Reuters.

Pemegang rekor Burung Balap sebelumnya adalah merpati jantan berusia empat tahun yang dijual seharga € 1,25 juta (Rp 20,9 miliar).

Merpati berusia 4 tahun ini merupakan juara pebalap Armando, yang dijuluki “Lewis Hamilton of pigeons” layaknya juara dunia Formula 1.

Sekarang dia sudah pensiun dan telah menjadi ayah dari sejumlah anak ketika dia mulai dijual pada tahun 2019.

Kim baru memenangkan sejumlah kompetisi pada 2018, termasuk balapan jarak menengah nasional, tetapi sejak itu pensiun.

Seperti Armando, Kim Baru dibeli setelah perang penawaran antara dua pembeli dari China, tempat pacuan merpati semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.

Burung Balap dapat terus beranak-pinak sampai mereka berusia sekitar 10 tahun dan pemilik baru Kim New kemungkinan akan menjadikannya sebagai jenis merpati balap yang sangat baik.

Namun, juru lelang mengatakan harga jual New Kim membuat penjualan Burung Balap semakin tidak biasa.

“Harga rekor ini luar biasa, karena ini adalah burung merpati,” Nikolaas Gyselbrecht, CEO dan pendiri rumah lelang Pipa, mengatakan kepada Reuters.

“Biasanya jantan lebih berharga dari betina karena bisa menghasilkan keturunan lebih banyak,” tambahnya.

Belgia telah lama menjadi rumah bagi penggemar merpati, dengan lebih dari 20.000 peternak merpati di negaranya, menurut Gyselbrecht.

Cara Melatih Burung Balap Agar Juara

Kompetisi Burung Balap kini mulai digandrungi banyak orang. Maka, tak heran jika sebagian orang melatih burung merpati untuk dijadikan Burung Balap.

Burung Balap

Namun masih ada sebagian yang bingung, karena gagal menjadikan burung merpati menjadi Burung Balap. Simak tips berikut ini.

Kunci utama agar merpati balap mau hinggap di pasangannya adalah harus giring atau birahi. Periode nafsu mengalami siklus ke atas setelah hari kedua pasca bertelur.

Jangan memaksa melatih merpati jika Anda tidak keket, karena bisa jadi burung jantan Anda akan terbang menjauh.

Untuk lebih mempercepat proses giring Burung Balap kamu bisa menggunakan obat atau jamu yang dijual dengan harga mulai dari Rp 20 ribu.

Setelah ada tanda giring, keluarkan jantan dari kandang dan biarkan dia berkeliaran di sekitar betina. Waktu paling tepat untuk pria bebas adalah sekitar pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB. Karena cuacanya masih hangat. Cuaca hangat akan semakin mempercepat proses giring Burung Balap.

Sambil membiarkan merpati jantan dilepaskan, pasangkan juga merpati betina dengan jantan lain agar merpati jantan semakin cemburu.

Kepakkan sayap burung betina beberapa kali untuk menggoda burung jantan. Lakukan ini selama 5 hari terus menerus dengan frekuensi 4 kali sehari.

Anda juga bisa melebarkan sayap burung betina dan menyodorkan ketiak betina di atas kepala burung jantan.

Jika ada respon mendekat, pindahkan betina ke lokasi lain dan biarkan jantan mengejar. Masih dianggap kurang ketat? Gunakan kandang pelarian bertingkat dan letakkan betina di bagian bawah dan jantan asing di atas.

Jika pasangan pria mendekat secara agresif, buat jarak lebih jauh dengan kelipatan 10 meter.

Jika lokasi Anda tidak cukup untuk pelatihan terbang, pilihlah sawah atau persawahan dengan rintangan seminimal mungkin.

Pada Burung Balap yang memiliki karakter penelusuran sangat rendah, persawahan yang dipenuhi dengan persawahan akan membuat burung merpati terbang lurus ke permukaan, sedangkan persawahan tanpa tumbuhan membuat burung terbang bergelombang kecil.

Hindari pepohonan tinggi di kedua sisi lintasan. Banyak kasus burung menjadi bingung dan malah melesat dan semakin bingung mencari pasangannya.

Waktu yang ideal adalah dari jam 08.00 sampai jam 09.00 WIB, untuk burung merpati domestik, sedangkan burung merpati dewasa bisa dilatih antara jam 15.00 sore. WIB dan 17.00 WIB. Jangan mengganti tempat latihan jika merpati Anda selalu terlambat mendeteksi keberadaan merpati pasangan.

Jangan menerbangkan merpati Anda dalam cuaca berangin atau berawan. Selain menguras fisik merpati yang masih lemah, juga akan mempengaruhi mentalitas merpati. Cuaca yang gelap juga membuat merpati sulit menentukan arah.

Seringkali merpati hilang ketika merpati dilepaskan sebelum hujan. Untuk menghasilkan burung pacuan yang terbaik, Burung Balap dibiasakan untuk terbang rendah. Caranya, joki harus sering-sering melakukan teknik keplek dengan posisi jongkok.

Tips Menjadi Joki Burung Balap

Posisi tangan joki tidak boleh menyalip merpati betina. Lebih baik di belakang tangan kanan. Posisi tangan yang salah justru menyebabkan merpati jantan sulit melihat pasangannya atau akan ragu untuk mendarat.

Pelajari juga aturan balapan saat menangkap Burung Balap. Jangan sampai hasil kemenangan Anda didiskualifikasi oleh dewan juri hanya karena perkara sederhana.

Burung Balap

Carilah pasangan terbang yang seimbang agar merpati muda dapat dengan mudah mengimbangi kecepatan terbangnya. Terbang sendirian tidak akan memikat merpati ke potensi penuh mereka.

Mengadu merpati jantan dengan merpati juara yang memiliki karakter terbang zig zag justru membuat merpati Anda keluar dari lintasan.

Namun jika Anda tidak sengaja menemukan akan memiliki karakter zig zag maka Anda mungkin beruntung di kemudian hari

Gunakan atribut yang konsisten. Sudah menjadi rahasia umum bahwa warna memandu burung merpati. Jangan pernah mengganti warna pakaian Anda saat menjadi joki Burung Balap.

Jika ingin lebih maksimal maka Anda bisa menggunakan beberapa asisten untuk berdiri di belakang Anda dengan warna yang seragam.

Teriakan juga akan memudahkan Burung Balap menemukan pasangan. Sebutkan nama burung merpati itu dengan lantang. Sebelumnya, burung harus dibiasakan dipanggil saat memberi makan.

Baca Juga : Balap Merpati Makin Diminati Para Penghobi

Demikian informasi mengenai Burung Balap yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat buat kalisn semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *