Begini Perawatan Harian Merpati Kolong Dijamin Juara

Perawatan Harian Merpati Kolong

Merpati Juara –¬†Perawatan dan pelatihan menjadi suatu keharusan agar merpati bisa maksimal saat bertanding. Lalu bagaimana Perawatan Harian Merpati Kolong yang benar dan dijamin juara ? Simak ulasannya berikut ini.

Merpati Kolong merupakan jenis Burung Merpati yang memiliki tingkat kecerdasan yang baik, dapat mengenali lingkungan sekitar, dapat menghafal rumah atau pasangan wanitanya.

Merpati Tinggian merupakan jenis burung merpati yang sangat digemari masyarakat khususnya masyarakat Indonesia karena dapat dijadikan sebagai hiburan tersendiri, baik untuk pribadi maupun untuk perlombaan.

Karena di Indonesia banyak sekali Komunitas Pencinta Burung, misalnya komunitas Merpati Tinggian, komunitas merpati balap, dan komunitas merpati bawah laut, di sini khusus untuk burung merpati tinggi atau domestik.

Perawatan harian untuk merpati yang tidak diunggulkan adalah salah satu tips yang paling dicari oleh penggemar Merpati.

Juara merpati di arena tidak terjadi begitu saja, tentunya ada upaya dari pemiliknya untuk merawatnya dengan telaten.

Perawatan harus dimulai dengan merpati muda dan terus bekerja sampai mereka memasuki perlombaan. Kompetisi yang diikuti tidak hanya sekali tapi berkali-kali.

Beagaimana Perawatan Harian Merpati Kolong Yang Baik Dan Benar?

Pertama, usahakan rutin memberi jamu setiap dua hari sekali. Beri jamu secara teratur. Sarana kami buat campuran madu, susu, telur bebek, gula aren, kencur, kunyit, sun (bubur bayi), nasi merah, dan ireng temu.

Jika Anda tidak bisa membuat bahan atau bahan sendiri, Anda juga bisa menggunakan jamu dari toko. Dari toko biasanya kami menggunakan jamu dari Jawa. Biasanya ramuan herbal kita sebut dengan nama jamu. Pemberian ramuan ini bertujuan untuk menambah stamina burung merpati sebelum mengikuti perlombaan.

Merpati juga harus rajin menjemur setiap pagi. Keringkan 2-3 jam setiap pagi. Selain itu, pemilik kandang juga harus rutin membersihkan kandang merpati. Ini untuk menjaga kesehatan burung. “Jika memungkinkan, setiap hari kandang dibersihkan.”

Pengobatan herbal tambahan setelah unggas selesai bertelur juga harus diberikan. Jamu khusus ini diberikan setiap mengeluarkan telur. Jamu yang diberikan adalah campuran telur bebek, madu, dan susu.

Terakhir, pemberian obat cacing setiap 3 bulan sekali. Pemberian obat cacing ini untuk menambah nafsu makan. Makanan yang biasa kami gunakan adalah jagung Madura, beras merah dan kacang tanah.

Perawatan Harian Merpati Kolong

Bagaimana Melatih Nafas Merpati Kolong Agar Tetap Terjaga ?

Sebetulnya untuk membuat nafas burung merpati kolong tetap terjaga itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah ulasannya untuk Anda.

A. Faktor Genetik Merpati Kolong

Kita tidak dapat mengubah bakat bawaan atau faktor genetik ini. Faktor ini dipengaruhi oleh karakter kedua indukan pada burung merpati.

Burung merpati yang memiliki bakat nafas yang baik biasanya memiliki ciri bentuk tubuh yang menggantung dengan pinggang yang lebar dan penuh.

Karena ini menandakan besar kecilnya kantong udara yang terdapat pada burung merpati tersebut. Kemampuan untuk memilih merpati yang baik sangat penting.

Seperti yang kita ketahui, kantung udara merupakan salah satu organ yang digunakan burung untuk membantu pernapasan saat terbang.

Organ kantong udara yang besar, sehat, dan bagus tentunya akan membantu proses pernafasan burung merpati, sehingga bisa lebih kuat dan lama.

B. Faktor Perawatan Dan Latihan Merpati Kolong

Dalam faktor perawatan dan latihan merpati kolong dibagi kedalam dua jenis yaitu :

1. Penjemuran Merpati Kolong

Menjemur merpati secara rutin setiap pagi di bawah terik matahari sangat baik untuk melancarkan peredaran darah.

Semakin lancar peredaran darah maka semakin optimal distribusi oksigen ke seluruh tubuh sehingga nafas akan semakin lama dan kuat.

Selain itu, panas pagi juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang karena mengandung vitamin D.

2. Latihan Fisik Merpati Kolong

Latihan fisik bagi saya adalah hal yang utama. Pelatihan fisik merpati adalah cara paling efektif untuk memperkuat napas. Semakin baik fisiknya maka semakin efisien penggunaan oksigen sehingga dapat menguatkan dan memperpanjang nafas.

Latihan pernapasan merpati dapat dimulai dari jarak dekat terlebih dahulu, mundur sedikit lebih jauh. Selain itu perlu memperhatikan porsi latihan agar tidak membebani burung yang menyebabkan kerusakan otot.

C. Pemberian Suplemen Dan Jamu Merpati Kolong

Suplemen dan herbal ini opsional dan tidak wajib, tetapi diperlukan untuk mengoptimalkan hasil pelatihan dan bakat secara keseluruhan.

Suplemen wajib untuk menambah nafas adalah penambah darah. Seperti sangobion, livron, dsb.

Istirahatkan merpati untuk mengerami 2-3 kali seminggu. Pemberian harus rutin selama inkubasi. Efek suplemen penambah darah ini cukup lama, karena menunggu hemoglobin matang.
Perawatan Harian Merpati Kolong
Mengapa Anda diberi suplemen penambah darah? Karena dalam sistem pernafasan yang membawa oksigen ke seluruh tubuh adalah darah, tepatnya hemoglobin.
Jika burung kekurangan hemoglobin, tentunya burung akan cepat lemas, nafsu makan kurang, dan kurang energi karena kekurangan asupan oksigen.
Oleh karena itu, pemberian suplemen penambah darah merupakan suplemen wajib bagi para pemain merpati.

Selain hemoglobin, tumbuhan juga dibutuhkan untuk membuka saluran udara burung merpati.

Baca Juga : Lomba Dara Kolong Yang Semakin Banyak Peminatnya

Itulah beberapa tips Perawatan Harian Merpati Kolong berdasrkan beberapa sumber yang saya himpun. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *