Begini Cara Membuat Kolongan Merpati Yang Aman

Cara Membuat Kolongan Merpati
 

Merpati Juara – Bagi penghobi merpati kolong tentunya ukuran kolongan merpati sangat diperhatikan. Karena jika ukuran kolongan merpati terlalu sempit atau terlalu lebar maka akan mengganggu prestasi merpati kolong tersebut dalam perlombaan yang sesungguhnya. Lalu bagaimana Cara Membuat Kolongan Merpati yang benar dan aman ? Inilah informasinya untuk Anda.

Jangan sampai merpati kolongan Anda berkeliaran saat bertanding di ajang nasional hanya karena sering berlatih dengan merpati yang terlalu sempit atau terlalu lebar.

Untuk itu saya akan berbagi informasi kepada anda tentang besarnya kelompok merpati yang memenuhi standar nasional.

Berikut adalah informasi ukuran merpati standar nasional untuk Anda:

Standar Ukuran Kolongan Merpati Tingkat Nasional

Berikut beberapa hal yang harus dipenuhi dalam pembuatan ukuran kelompok merpati di tingkat nasional:

  • Jarak antar tiang pancang bawah 10 meter persegi, ditempatkan dan dipasang sejajar membentuk formasi kubus 4 sudut yang dicat merah dan putih.
  • Ketinggian 4 tiang pancang adalah 8 meter.
  • Panjang geber link / bawah atas adalah 6 meter persegi dan geber / bendera dipasang berbentuk segitiga merah putih, di sudut link / di bawah tarik tambang sepanjang 2,5 meter seperti penghubung antar tiang dan mata rantai / dibawahnya yang juga di lampirkan dengan bendera merah putih.
  • Panjang geber link / kolong mata rantai sama persis yaitu 6 meter persegi dengan pasangan mata rantai sejajar / di bawah bagian atas, dan tinggi mata rantai / di bawah bagian bawah adalah 20 cm.
  • Jarak ideal antara pedok dan lapak / bawah adalah 20-25 meter.
  • Disediakan tempat khusus untuk memarkir kendaraan (mobil dan motor).
  • Jarak penerbangan antara start dan finish adalah 1,1 km.
  • Diprioritaskan di lapangan dan terbang ke selatan.
Itulah ukuran standar dari jenis burung merpati yang harus dipenuhi oleh penyedia lapak. Sebelum Anda atau tim Anda ingin membangun kandang merpati, harap perhatikan ukuran kawanan merpati di atas.
 
Karena jika merpati bawah Anda terbiasa berlatih dengan ukuran merpati standar nasional, tentunya hasilnya juga akan lebih baik lagi.

 

Cara Membuat Kolongan Merpati

Cara Membuat Kolongan Merpati Yang Benar

Ada beberapa langkah cara membuat kolongan merpati yang benar dan aman, berikut adalah beberapa langkahnya:

1. Membuat dasaran yang empuk

Pertama kita harus menggali hingga kedalaman 10 cm dan menambahkan teralis 10 cm, sehingga kedalamannya menjadi 20 cm. Lubang tersebut diberi jerami / sekam agar nantinya empuk, agar tidak membahayakan burung merpati dengan ciri kecepatan tinggi.

Namun akan lebih sempurna lagi jika di beri busa / kasur diatasnya. Setelah diberi sedotan setebal 20 cm, kemudian ditutup terpal yang rapat agar air tidak bisa masuk.

2. Menjahit penutup merang jika tidak cukup

Apabila terpal penutupnya tidak cukup maka harus disambung dengan cara dijahit atau disulam.

3. Memberikan pembuangan air

Disetiap sudut dikasih lubang keluar air supaya air bisa keluar dari dalam kolong.

4. Memaku penutup merang

Untuk pemasangan terpal diklaim menggunakan potongan bambu sepanjang ukuran kolong agar rapat dan air tidak bisa masuk kedalam merang.

5. Pasir diatas terpal

Setelah penutup terpal sudah benar-benar rapat, kemudian dikasih pasir, tetapi yang tipis-tipis saja supaya tidak padat jika basah terkena hujan.

6. Tiang kolongan

Cara Membuat Kolongan Merpati

Untuk tiang kolong agar awet harus menggunakan besi, karena kalau menggunakan bambu tidak bisa tahan terlalu lama, jadi daripada beberapa tahun sekali mengganti saya sarankan menggunakan besi saja sekalian.

7. Memberika busa pada tiang

Karena akan berbahaya jika burung menabrak tiang kolong, maka tiang kolong harus dibungkus menggunakan busa supaya empuk dan aman. Agar simpel dan rapi dalam pembungkusan tiang kolong menggunakan busa, kita bisa tempelkan menggunakan lakban.

8. Memberikan kain pada tiang kolong

Untuk tiang yang sudah dikasih busa, selanjutnya adalah membungkus tiang yang sudah dilapisi busa tadi dengan kain berwarna cerah (disarankan kain merah putih). Kemudian kain diikat ketiang mengikuti panjang tiang.

9. Memberikan tali tambang diatas tiang untuk mengikat rontek

Selanjutnya adalah memberikan tali tambang diatas tiang untuk mengikat bendera rontek. Tali tambang dikaitkan dengan tiang kebawah, supaya jika tali rontek rusak atau kendor bisa dengan mudah dibetulkan.

10. Pemasangan tiang

Langkah terakhir adalah memasang keempat tiang tadi yang telah dibuat. Tiang dipasang dipojok-pojok kolongan membentuk segi empat.

Baca Juga : Burung Merpati Kolong , Burung Penghasil Rupiah

Itulah bagaimana Cara Membuat Kolongan Merpati yang baik dan benar, dan tentunya aman bagi burung merpati kolong. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *